Thursday, May 31, 2018

Menu Buka Puasa Dengan Aneka Tumis Sayuran


tumis buncis jagung muda


Setelah upload foto-foto masakan di instagram dengan menu yang lengkap, saya berpikir kadang saya sendiri tidak memiliki banyak waktu buat masak. Kalau keinginan untuk memasak ini itu alhamdulillah selalu ada. Keinginan loh! Tapi kemudian saya berpikir kalau keinginan siapapun pasti punya. Iya, kan? Cuma waktu dan tenaga yang tidak tersedia.


Baca juga Menu Rumahan Untuk Buka Puasa...

Jadi solusinya bagaimana? Jika ingin tetap memasak bisa banget menggunakan bumbu minimalis, bumbu homemade, bumbu instant. Saya sendiri tidak antipati dengan bumbu instant. Karena saya juga memasak masih tidak lepas dari berbagai saus pabrikan (saus tiram, saut teriyaki, saus mentega). Sedangkan untuk membuat makanan krispi, kalau lagi malas, saya suka menggunakan tepung di pasaran. Ini fakta sih. Banyak keinginan tapi kalau membuat sendiri capek deh.

Terlepas dari berbagai bumbu yang dipakai, makanan yang kita masak sendiri adalah karya terbaik untuk keluarga. Coba deh kalau saya memasak asal-asalan, rasa, tekstur sayur, dsb tidak peduli lagi, bagaimana mungkin masakan saya laku di mata keluarga.

Demi menghemat waktu memasak maupun tenaga yang perlu disiapkan di dapur adalah bumbu dasar homemade, bawang putih goreng, saus tiram. Itu kalau saya memasak dengan bumbu minimalis. Seperti ketika waktu yang mepet tapi tetap ingin memasak. Pilihan saya memasak mie goreng. Meskipun mie instant itu gampang, saya memilih untuk memasak sendiri mie goreng. Bumbunya cuma memakai bawang putih goreng yang saya remas-remas menjelang memasak, lada halus, garam, kecap dan saus tiram. Sudah jadi.

Kadang saya menggunakan stok bumbu homemade, tinggal dicemplung-cemplungkan saja. Aduk, dan tunggu sampai matang. Beres, deh! Memang memasak tidak perlu dibikin ribet.

Berikut ini saya membuat daftar beberapa tumis sayuran yang gampang banget. Ide menumis merupakan salah satu solusi jika sedang tak ada banyak waktu dan tenaga. Atau memang ingin simple saja. Bosan dengan menu rumahan, menu yang bersantan, dsb. Pastikan sayur dalam keadaan fresh ya.

Aneka Tumis Sayuran


  1. Tumis buncis dan jagung muda
  2. Tumis buncis dan wortel
  3. Tumis buncis telur asin
  4. Tumis kangkung
  5. Tumis sawi putih
  6. Tumis sawi hijau
  7. Tumis pokcay
  8. Tumis selada air
  9. Tumis brokoli
  10. Tumis kembang kol
  11. Tumis taoge


Bumbu:

Untuk bumbu saya pakai minimalis saja. Cukup dengan bawang bombay dan bawang putih, lada (bisa diganti cabe), garam, saus tiram.

Bawang bombay, bawang putih dan cabe bisa diiris tipis lalu ditumis di wajan teflon. Kadang kalau lagi malas, saya tidak pakai bawang putih tapi bawang putih goreng dan bawang putih bubuk. Saya tidak perlu memaksakan diri untuk mengupas kulit bawang, tapi langsung saja tuang bawang putih bubuknya. Soal rasa tidak beda dengan yang asli. Itu menurut saya ya.

Bumbu dapur minimalis:

Bawang putih goreng
Bawang putih bubuk
Bawang merah goreng
Lada halus
Garam
Berbagai saus sebagai penyedap

Dengan adanya bumbu super minimalis ini, memasak menjadi mudah. tidak perlu ribet dengan berbagai rempah yang saya sendiri tidak hafal. Iya, parah banget kan. Beberapa bumbu yang jarang dipakai saya skip. Saya mulai membiasakan menyimpan rempah-rempah yang sering digunakan saja agar belanja lebih efektif.

Oh ya, bawang bombay ini bisa diganti dengan bawang merah. Cuma saya lebih suka bawang bombay saja meski mencarinya agak susah. Kadang di bakul sayur langganan tidak ada, jadi mesti belanja ke pasar.

Well, kalau teman-teman ada ide untuk aneka tumisan, monggo ya tulis di kolom komentar. Terima kasih.

Happy cooking!

^_^
Comments
12 Comments

12 comments:

  1. Bener deh mbak....kadang kita punya banyak keinginan...namun belum tentu semuanya bisa terealisasi....TFS ya mbak saya mau nyoba yang minimalis saja biar cepat selesai 😁😁😁😁

    ReplyDelete
  2. Si mbak ART di rumah, kalo udh bingung mau masak apa, dan aku slalu jawab "terserah mba aja", ujug2 dia pasti numis sayur hahahaha. . Paling sering numis brokoli ato capcay lah :D. Paling gampang dan cepet ya mba.

    ReplyDelete
  3. Saya paling suka masak tumis sayuran, sih. Selain gampang, bumbunya nggak pakai ribet, cepat juga bikinnya 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener deh. Tumis sayuran ini favoritku. Bikinnya cepet ya.

      Delete
  4. Kangkung klo aku mb...matengnya cepet. 😀😀 Asal langsung dimakan...suka sama warnanya, seger..

    ReplyDelete
  5. Saya juga kalau masak yang praktis saja agar cepat karena kompor gas satu tungku. Biasanya bumbu utama saya adalah bawang putih dan merah. Kalau tidak ada bawang merah, ya, bawang putih. Itu untuk tumusan. Salam kena;, Mbak. Keren hasil fotonya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, mba.

      Bawang merah bawang putih kudu ada ya.

      Delete
  6. Akuu sukaa bangeet makan apapun tumis yg ada wortelnya .. .😊😊😊 praktis dan ttp mengenyangkan wkwkw meskipun akunya dikit" lapar ..

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES