Wednesday, May 2, 2018

6 Resep Makanan dan Minuman dengan Skippy, Enak dan Mudah


bolu gulung skippy


Selama ini saya mengenal Skippy peanut butter (selai kacang Skippy) untuk mengoles roti saja. Tinggal ambil selai secukupnya, dioles di atas roti tawar. Beres, deh. Cocok dipakai untuk sarapan. Apalagi kalau sedang tak banyak waktu. Benar-benar praktis!


Jika sering dipakai sebagai olesan roti saja, kok bosan, ya. Hanya selai kacang yang lembut berpadu dengan roti tawar. Tidak ada variasi lainnya. Saya khawatir keluarga saya terlanjur bosan. Kemudian menolak menikmati pagi dengan setangkup roti selai.

Selain masalah rasa kacang, teknik pemakaian yang gampang ini bisa dilakukan siapa saja. Termasuk anak-anak saya. Semudah itu bukan? Ya, di satu sisi kemudahan ini membuat anak-anak mandiri. Saya bisa mengerjakan pekerjaan rumah lainnya, sementara mereka menyiapkan roti untuk makan atau bekalnya.

Namun, disisi lainnya, saya merasa tertantang dengan Skippy peanut butter. Masak cuma buat olesan roti? Saya membutuhkan variasi lainnya, agar keluarga semakin betah dengan makanan rumahan, makin doyan makan. Makan enak tak perlu keluar rumah. Makan enak tak perlu mahal. Makan enak hanya butuh kreativitas.

Sedikit deskripsi tentang Skippy peanut butter:

Selai kacangnya lembut banget. Rasa kacangnya kuat. Perpaduan dengan bahan – bahan lainnya pas.

Komposisi skippy peanut butter:

Selai kacang 85%, gula, minyak kacang, penstabil nabati (mengandung  minyak kedelai), garam.

Komposisi bahan selai kacang bisa dilihat di label. Eits... sudah ada label halal dari MUI, ya.

Sebagai ibu yang suka memasak meski tidak beranjak dari pemula, saya suka mencoba aneka topping. Demikian juga anak-anak. Seperti biasa mereka juga suka mencoba hal baru. Seperti memadukan meises dengan keju, cokelat blok leleh atau cokelat spread. Sementara selai buah-buahan biasanya dimakan secara single alias tidak pernah dipadukan dengan topping lainnya. Tapi kalau selai kacang, apakah nasibnya sama seperti selai buah-buahan?

Pertanyaan tersebut cukup mengganggu. Apalagi untuk anak-anak yang cenderung menyukai snack manis. Kalau menuruti mereka, ukuran manisnya berlebihan. Ampun deh, kalau sudah begini, saya menyerah. Biarlah mereka main topping apa saja, yang penting snack buatan saya dimakan sampai habis.

Awalnya tak mudah bereksperimen dengan selai kacang. Pikiran saya cenderung tidak bisa move on dari rasa manis kesukaan anak-anak. Sementara selai kacang rasanya gurih dan sedikit manis. Namun tak ada salahnya jika saya mengubah pikiran yang terlanjur tertanam kuat – selai kacang cuma untuk olesan roti. Maka mulai hari ini saya akan mengubah kebiasaan makan selai.

Saya yakin selai kacang bukan untuk snack saja. Kemudian saya berpikir bagaimana jika dipakai untuk masakan dan minuman?

Kira-kira bisa tidak ya?

Jawabannya adalah bisa! Ya, selai kacang ini ternyata fleksibel sekali untuk dimasukkan dalam list bahan makanan yang mesti ada di rumah. Percayalah, tidak rugi kok, menyimpan selai kacang Skippy untuk memasak, membuat kue dan minuman.

Saya ingat beberapa menu masakan nusantara ada yang menggunakan bumbu kacang. Padahal untuk menyiapkan bumbu kacang ini lumayan ribet. Bukan saja kita harus menguasai pengetahuan tentang bagaimana menggoreng kacang agar tingkat kematangannya tepat, namun juga bagaimana agar bumbu kacang ini tercampur merata. Pas di lidah dengan warna kacang dan bumbu tercampur rata.

Nah, daripada kita sibuk menggoreng kacang dan galau dengan tingkat kematangannya, kemudian masih memikirkan cara menghaluskannya, bagaimana jika memakai selai kacang Skippy?

Kalau saya biasa menghaluskan kacang dengan menggunakan blender. Itupun harus berulang kali karena blender saya tidak cukup mampu menghaluskan dalam sekali putaran. Saya mesti membuka blender, mengambil adonan yang sudah halus dan menyisakan yang masih kasar. Kemudian mengulanginya lagi.

Dengan selai kacang Skippy ini ternyata memudahkan pekerjaan saya. Cara memakainya gampang banget. Contohnya ketika saya membuat menu tahu telor. Eit, untuk bumbu tahu telor ini hampir sama di beberapa daerah. Hanya saja, kadang ada yang dilengkapi dengan sayuran, sambal, dan acar. Sebentuk kreativitas dalam membuat tahu telor bikin penggemarnya tidak mudah bosan.

Kali ini saya membuat tahu telor dengan selai kacang Skippy yang dicampur dengan cabe dan bawang putih. Hasilnya tidak kalah dengan penggunaan kacang pada umumnya. Bahkan saya lebih hemat waktu dan tenaga. Rasa kacangnya tetap enak. Tekstur bumbu kacang ini lebih lembut.

Selanjutnya saya membuat snack dengan selai kacang Skippy. Dari kue kering kacang yang lumer di mulut, pancake hingga bolu dengan salai kacang, rasa selai tetap juara. Saya tak butuh waktu lama untuk mengunyah kue kering. Begitu masuk di mulut, prul.... empuk banget. Rasa kacang tetap mendominasi.

Nah, sebentar lagi lebaran, kue kering biasa dipakai sebagai suguhan tamu. Kue kacang ini recommended banget. Bikin kue sendiri itu asyik. Bukan saja secara rasa lebih maksimal namun juga tentang kreativitas dan semangat memasak.

Sedangkan pancake bisa dipakai untuk sarapan atau bekal anak. Buat bekal piknik juga boleh. Jangan lupa selai kacang Skippy. Tinggal oles dan nikmati perpaduan kacang dan pancake yang gurih.

Kue lainnya adalah bolu kukus. Saya memakai resep ekonomis agar tak banyak mengeluarkan modal. Tinggal dipadukan dengan selai kacang dan pisang. Kalau mau diskip pisangnya tetap enak. Cara membuatnya mudah. Saya sekali bikin langsung sukses. Ini membuat saya ingin terus memasak. Ah... memasak itu selalu saja melahirkan tantangan baru.

Selai kacang untuk minuman?

Apakah selai kacang bisa dipakai untuk campuran minuman? Seperti apa rasanya? Belum familiar dengan perpaduan selai kacang dalam minuman segar membuat saya ragu. Selama ini saya biasa membuat milkshake dengan aneka sirup, kadang memakai oreo tanpa krim. Nah, kali ini saya membuat milkshake dengan menambahkan selai kacang. Hasilnya, rasa milkshake lebih gurih. Tetap yummy.

Jadi tahu ya, selai kacang bisa digunakan untuk memasak, membuat kue dan minuman. Untuk snack sehari-hari di rumah atau untuk acara lain seperti suguhan arisan dan hantaran. Daripada penasaran dengan pemakaian Skippy peanut butter itu, yuk simak 5 resep makanan dan 1 resep minuman berikut!

1.  Tahu Telor



Untuk satu porsi

Bahan:

2 buah tahu ukuran kecil
1 butir telur
Bawang prei
Garam
Merica bubuk
Sedikit bawang prei
Taoge panjang (bersihkan kulitnya, cuci, boleh direndam di air panas sebentar hingga layu)
Minyak untuk menggoreng

Bumbu kacang:

2-3 sdm skippy peanut butter
Cabe (sesuai selera)
1 buah bawang putih
Garam
Air secukupnya

Note:

Bila menyukai sayuran segar, taoge cukup dicuci dengan air bersih saja.
Cabe dan bawang putih digoreng sebentar, asal layu.

Pelengkap:

Jeruk nipis
Kecap manis
Bawang merah goreng
Kerupuk

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah. Campur, tahu yang sudah dipotong kotak-kotak, telur, garam, merica halus dan bawang prei yang sudah diiris-iris. Kocok asal saja.
  2. Siapkan wajan dengan api sedang. Goreng adonan hingga matang. Sisihkan.
  3. Bumbu: haluskan bawang putih, cabe dan garam. Panaskan wajan dengan api kecil. Masukkan bumbu, Skippy peanut butter dan air. Aduk rata. Masak hingga matang (meletup-letup).
  4. Siapkan piring. Tata tahu telor dan taoge. Tuang bumbu kacang, kecap manis dan jeruk nipis. Taburi dengan bawang merah goreng.
  5. Tahu telor siap dinikmati dengan kerupuk.
2.  Banana Roll Cake

bolu gulung skippy


(Diadaptasi dari buku Semua Orang Bisa Memasak by Heni Maria dengan sedikit perubahan)

Bahan:

3 butir telur
50 gr gula pasir
2,5 ge emulsifier
50 gr terigu protein sedang
1 sdm susu bubuk
30 gr butter, cairkan (saya pakai mentega)
Pewarna makanan secukupnya (stok di rumah warna kuning telur)
Mentega secukupnya
Skippy peanut butter secukupnya
2 buah pisang tanduk, kukus (saya pakai pisang kepok)

Cara membuat:

  1. Mixer telur, gula dan emulsifier dengan kecepatan tinggi sampai mengembang pucat.
  2. Matikan mixer, tuang terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit, aduk balik memakai spatula. Masukkan mentega cair, aduk rata.
  3. Tuang di loyang ukuran 20x20 cm yang sudah dialasi kertas roti dan dioles mentega.
  4. Panaskan kukusan hingga beruap banyak, masukkan loyang. Kukus sela 20 menit dengan api sedang.
  5. Setelah dingin, letakkan bolu diatas kertas roti. Olesi bolu dengan selai kacang Skippy. Tata pisang lalu gulung dan padatkan. Biarkan 15 menit agar gulungan padat.
  6. Potong-potong dan sajikan.
3.  Kue Kering Selai Kacang

kue kering skippy


(Resep dari NCC)

Bahan:

250 gr tepung terigu (saya pakai segitiga)
100 gr gula halus
125 gr selai kacang skippy
100 gr minyak goreng
1 sdm susu bubuk full cream
½ sdt garam
1 sdt mentega

Bahan Olesan:

2 kuning telur dengan 1 sdm susu cair

Cara membuat:

  1. Dalam wadah, aduk rata selai kacang skippy, gula halus, garam, minyak goreng dan mentega hingga rata. Masukkan tepung terigu secara bertahap sambil diaduk hingga rata.
  2. Cetak adonan dengan menggunakan cetakan kue kering. Tata diatas loyang. Panggang dalam oven hingga setengah matang. Angkat.
  3. Poles bagian atasnya dengan bahan olesan. Panggang lagi hingga matang.

4.  Pancake


pancake skippy


(Resep dari @tintinrayner dengan sedikit perubahan)

Bahan:

130 gr tepung terigu serbaguna
¼ sdt vanilla bubuk
1 sdt baking powder
½ sdt baking soda
1/8 sdt garam halus
2 sdm gula pasir
1 butir telur ukuran besar
150 ml susu cair yang sudah diberi perasan jeruk nipis. Diamkan 10 menit.
2 sdm butter, lelehkan (saya pakai mentega)

Cara membuat:

  1. Aduk semua bahan kering. Masukkan telur, susu cair dan mentega leleh. Aduk asal rata saja.
  2. Panaskan wajan teflon dengan api sedang. Tuang adonan dengan sendok sayur. Setelah berlubang-lubang balik adonan. Jika sudah kuning kecoklatan, angkat.
  3. Sajikan dengan topping selai kacang skippy.
5.  Nugget Pisang Topping Kacang Coklat


nugget pisang skippy


Bahan:

250 gr pisang (Saya pakai pisang kepok. Bisa diganti dengan pisang raja, ambon, sunpride)
25 gr susu bubuk
60 gr tepung terigu
1 butir telur
¼ sdt garam
¼ sdt vanilla bubuk
1 sdm gula pasir

Bahan panir:
Tepung terigu
3 butir telur
Tepung panir (warna kuning ya)

Topping:

Selai kacang Skippy
Meises

Cara Membuat:

  1. Haluskan pisang dengan sendok atau garpu. Masukkan telur, susu bubuk, tepung terigu, gula, garam dan vanilla. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah dioles minyak goreng.
  3. Masukkan loyang ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan hingga mendidih. Kukus selama 20 menit, hingga matang.
  4. Angkat dan biarkan dingin.
  5. Keluarkan adonan dari loyang. Potong-potong sesuai selera.
  6. Celupkan nugget pisang ke dalam tepung terigu. Kemudian celupkan ke dalam kocokan telur. Gulingkan diatas tepung panir.
  7. Masukkan nugget ke dalam kulkas (bukan frezer) sekitar 30 menit agar tepung panir lengket. Keluarkan.
  8. Goreng nugget hingga kuning keemasan. Angkat. Biarkan dingin. Oles dengan selai kacang skippy kemudian gulingkan diatas meises.
  9. Sajikan.

Note:

Selai kacang disini fungsinya seperti mentega. Ketika kita mengoles selai, meises akan mudah lengket.

6.  Milkshake Oreo Skippy

milkshake oreo skippy


1 kotak susu cair (225 ml)
3 pasang oreo yang sudah diambil krimnya
1 sdm gula pasir
2 sdm selai kacang skippy
Es batu secukupnya
Ice cream vanilla

Cara membuat:

  1. Blender susu, oreo, gula, selai kacang skippy dan es batu hingga rata.
  2. Tuang ke dalam gelas. Sajikan dengan topping ice cream vanilla.

Note:

Agar lebih menarik, kita bisa menambahkan topping lagi seperti coklat, oreo, wafer roll rasa coklat atau vanila. Milkshake buatan kita tidak kalah dengan yang dijual di cafe dan resto. Yang pasti bikin sendiri lebih murah dan puas banget.


Well, selai kacang bukan saja untuk mengoles roti, namun kita bisa lebih banyak memanfaatkan untuk aneka masakan, camilan hingga minuman segar. Dengan takaran yang pas, selai kacang akan menambah cita rasa makanan maupun minuman kita.

Masih ragu mengolah selai kacang Skippy? Saatnya uji kreativitas kita. Jangan ragu untuk memadukan dengan aneka bahan makanan lainnya. Rasakan sensasi selai kacang Skippy. Yummy!

Happy cooking!

^_^

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarkan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY Peanut Butter Indonesia.

Comments
36 Comments

36 comments:

  1. Ya ampun pagi2 liat makanan ini, jadi lapeer. Aku juga sering bngung kalo bikin menu buat sarapan. Liat postingan ini jadi ada ide buat masak pake skippy

    ReplyDelete
  2. Saya suka selain kacang skippy. Ia taunya si buat roti ajah. Wah ide kreatifnya mba nur rochma bisa di coba juga tuh, Lumayan buat refrensi menjelang puasa nanti 😘

    ReplyDelete
  3. Digadoin aja enak, apalgi di buat kreasi masakan lainnya...yummy!! Thanks mbak idenya.. Jadi ga usa goreng kacang lagi wkwkw, hemat waktu dan tenaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aternatif biar lebih hemat waktu dan tenaga, mba.

      Delete
  4. Kok ngiler ya. Ternyata skippy peanut butter bisa diolah ke berbagai menu ya, baru tempe saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa buat macem-macem. Disesuaikan dengan selera kita, mas.

      Delete
  5. Wah masyAllah makanannya menggoda semuanya ��. Saya juga baru tahu selai merek itu bisa untuk berbagai makanan ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya saya juga gitu, cuma buat olesan. Lalu nyoba-nyoba resep dan ternyata bisa buat macem-macem.

      Delete
  6. Welah? Saya mah kalau pakai selai, pasti adunya sama roti. Lhaini banyak banget. Tahu telor yang bisanya buat lauk makan pakai nasi pun, bisa dikasih selai skippy? *Boleh dicoba*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak lagi resep dengan selai kacang.

      Delete
  7. Saya selain untuk oles roti, pernah juga buat kue kering dengan Skippy peanut butter, yang pasti kerjaan jadi lebih mudah rasanya juga lebih enak
    hehe

    ReplyDelete
  8. Mbaaaaa itu semua kamu bikin sendiri? Whoaaaaaa hebat euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Yuk, main ke rumahku... (jangan bilang jauh ya, hihihi...)

      Delete
  9. Mbak Nur, aku padamuuuuu. Masya Allah itu 6 resep loh. Salut aku, Mbak. Ini mah kece bener. Aku doain mudah-mudahan menang penulisannya ... Aamiin

    ReplyDelete
  10. Aaakkkkk, kece nih, 1 bahan bisa dibuat aneka macam makanan. Makasih udh dishare resepnya mbak. Pgn cus beli skippy jadinyaaaaaa

    ReplyDelete
  11. Wah jago banget masak nih Emaknya, fotonya juga bagus bagus sekali

    ReplyDelete
  12. Ini mah bisa disesuaikan dengan keinginan kita ya, Teh.
    Jadi laper baca dan lihat makanan yang ada..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, makan, jangan dilihat aja mas, tetap laper....

      Delete
  13. yummy, jadi ngeces malah mbak kalo liat yang kayak gini, hehe. good info deh. btw, ditunggu kunbalnya ya mbak hehe

    ReplyDelete
  14. astaga enak semuanya , kalau dekat rumahnya aku mampir ke rumah mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi... pasti kubukakan pintu, buat nyicip-nyicip, hihi

      Delete
  15. Kok aku tertarik sama banana rollnya yak.. Ugh, kayanya boleh nih ku coba resepnya mbak

    ReplyDelete
  16. Ya ampun....variasinya, bisa macem2 banget. Enak2 semua lagi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba. Satu bahan bisa dipakai untuk masakan, snack dan minuman. Komplit deh.

      Delete
  17. Kalo utk bbrp makanannya yg pake selai kacang, aku bisa bayangin seperti apa rasanya. Tp kalo dijadiin minuman ini, jujur ga kepikir :D. Tp setelah dibaca resepnya, okelah, aku sepertinya bisa bayangin dikit rasanya. Harus dicoba resep milkshakenya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dibuat minuman rasanya tambah gurih. Tetap enak kok.

      Delete
  18. Nggak nyangka ya selai kacang bisa dibuat menjadi berbagai macam makanan :D jadi pingin nyobain bikin bumbu tahu telur pakai skippy jadinya :D thanks for sharing mbak ^^

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES