Saturday, June 9, 2018

Menu Ramadan Anak Zaman Now dengan Nugget So Good



sup so good



Halo teman-teman!

Punya menu andalan saat Ramadan tiba?

Saya pasti punya dong. Hidup di zaman yang serba sibuk seperti ini, saya ingin bisa memasak dengan cepat. Tentu saja makanan tersebut harus disukai anak-anak zaman now yang tidak mau menunggu lama. Memasak dengan cepat bukan bukan karena buru-buru dan lupa dengan menu sehat.

Sebagai ibu yang baik dan doyan masak (uhuk!!), saya tak ingin diprotes anak-anak gara-gara  keasyikan di dapur. Memasak ini itu yang menjadikan daftar menu semakin panjang. Urusan memasak hingga beres-beres dapur menjadi lama dan melelahkan.

Memasak adalah sebuah proses. Butuh waktu yang tak sebentar. Contohnya mau membuat telur ceplok. Tidak ada sim salabim langsung jadi. Meski tidak sampai lima menit, tetap kan butuh kesabaran untuk menggoreng telur. Pakai api sedang, biar telur matang merata. Tapi kalau buru-buru... api dibesarkan dan pinggiran telur sudah gosong duluan.

Nah, demi suksesnya puasa di Ramadan saya mesti peka terhadap kebutuhan anak. Terutama si bungsu yang masih dalam proses belajar puasa. Alhamdulillah anaknya semangat, meski kadang ada drama. Tapi dramanya selalu terselesaikan dengan damai sehingga puasanya lancar.

Kebutuhan makan itu mencakup nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Si bungsu, si tengah dan si sulung jelas beda kebutuhannya. Jadi... saya mesti menyesuaikan. Memang sih saya butuh memasak cepat, tapi kalau abai terhadap gizi dan kebutuhan anak, bisa jadi makan hanya untuk mengisi perut. Sekedar kenyang saja!

Jadi bagaimana dong menyusun menu puasa dan sahurnya anak zaman now?

Menu Berbuka Puasa

sup so good


Sup tahu dan Nugget So Good

Bahan:
2 buah wortel
1 kembang kol ukuran kecil
Tiga buah tahu
Air kaldu setengah pancai kecil (bisa dari rebusan daging sapi atau ayam)

Bumbu halus:
2 butir bawang putih (digeprek)
¼  sdt lada
Garam
Gula pasir

Cara membuat:


  1. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan air, masak hingga mendidih.
  2. Masukkan wortel dan kembang kol. Masak hingga matang.
  3. Masukkan tahu, garam dan gula.
  4. Masak hingga matang. Sajikan.


Menu sahur

nasi goreng so good


Nasi Goreng So Good

Bahan:
1 buah wortel, potong dadu
1 piring nasi
Garam
Kecap manis
Saus tiram

Bumbu halus:
2 butir bawang merah
1 butir bawang putih
2 buah cabe merah keriting
Tomat

Cara membuat:


  1. Siapkan nasi (sebaiknya yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas).
  2. Siapkan bumbu halus. Bumbunya diblender saja ya. Tumis dalam teflon hingga beraroma sedap. Masukkan wortel. Tumis sebentar, layu. Masukkan nasi. Aduk rata.
  3. Tambahkan garam, saus tiram dan kecap manis. Aduk rata. Koreksi rasa dengan mencicipi.
  4. Angkat. Sajikan dengan nugget So Good dan pelengkap (selada).
Sebagai info, suhu udara di daerah saya (Tuban) pada pagi hari mulai 240C, siang hari bisa mencapai 330C. Sebagai daerah pesisir tentu saja kami terbiasa dengan cuaca disini. Di bulan puasa kami tetap beraktivitas seperti biasa. Masalahnya adalah si bungsu yang lagi-lagi mengeluh karena bermain sebentar saja sudah berkeringat dan haus. Ujung-ujungnya ingin cepat-cepat berbuka puasa.

Demi mengalihkan rasa lapar, saya ajak saja untuk menikmati aktivitas tanpa banyak energi seperti membaca buku dan bermain lego. Tapi namanya anak, setelah selesai bermain dengan saya kemudian bersama kedua kakaknya. Bersepeda, bermain bola, dsb. Ah... anak-anak memang begitu ya. Banyak beraktivitas harus diimbangi dengan asupan gizi yang mencukupi.

Tapi saya galau, enaknya masak apa ya yang cepat?

Si bungsu berteriak, “Ibu jangan lama-lama! Ibu, aku sudah nggak tahan. Ibu aku makan. Ibu...”

Anak zaman now inginnya serba cepat! Kemudian dia ngambek dan saya pusing! Tapi saya tetap harus memasak. Aduh kalau tiap hari seperti ini bisa gagal memasak.

"Oke, ibu memasak, dulu. No ribet, no lama! Kak, main sama adek dulu, ya!"

Kakak-kakak siaga. Siap menghabiskan waktu menemani adiknya bermain.  Libur panjang seperti ini urusan logistik harus selalu siap. Urusan memasak juga.

Wusss...kemudian saya grubyak-grubyuk di dapur. Beruntung banget ada So Good yang mengerti keinginan dan kebutuhan para ibu dan anak. Mau memasak apapun, cukup sedia So Good siap masak all varian yaitu bakso, nugget, stik seafood, shaped nugget, whole muscle dan sausage). Memasak menjadi lebih mudah, no ribet, no lama!

Menu yang saya buat adalah menu sehari-hari yang mudah. Proses memasak tidak membutuhkan waktu lama. Selama memasak, saya memberikan aktivitas/permainan kepada si bungsu. Saya ingin bisa memasak bersama anak. Tapi beberapa kali gagal. Justru memasak itu memicu kemarahannya. Aroma masakan selalu saja menggodanya untuk mencicipi masakan.

Kebiasaan keluarga saya, berbuka dengan yang makanan dan minuman manis. Tidak perlu berlebihan sehingga perut tidak kaget. Setelah hilang dahaga lanjut sholat maghrib di masjid terdekat. Pulangnya, perut sudah siap dengan menu berbuka puasa. Saya pilih sayur berkuah. Lebih segar dan cocok untuk makan bersama keluarga setelah siangnya diterpa cuaca panas.


Saya memilih nugget So Good yang berbentuk huruf. Ih..lucu ya! Macam-macam nugget berbentuk huruf ini menarik, membuat anak semangat untuk makan. Si bungsu langsung pengen nyomot satu.

Cara memasak So Good ini mudah banget. Nugget harus dikeluarkan dari kulkas dan dibiarkan di suhu ruang. Panaskan minyak goreng, masukkan nugget So Good. Goreng hingga kuning keemasan dan matang. Sajikan!

Nugget So Good ini bisa langsung dinikmati setelah digoreng. Bisa juga dicocol dengan saus, sambal, kecap dan mayones. Atau seperti saya dipakai sebagai lauk. Cocok juga dimakan bersama sayur sup, nasi goreng, dsb.

Daging ayam So Good yang dibuat nugget selalu terjaga kesegarannya. Dari olahan ayam menghasilkan nugget lembut sehingga mudah dikunyah anak. Rasa gurihnya pas di lidah. Anak jadi semangat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Sementara ibu, tidak perlu galau lagi karena So Good sudah mengantongi sertifikat halal MUI. Mau memasak menu Ramadan jadi lebih praktis, ehm hemat waktu, tenaga dan tetap bergizi dengan So Good siap masak.

Masak apa hari ini teman-teman? Sedia So Good di rumah ya, agar urusan memasak lebih mudah!

^_^

Comments
6 Comments

6 comments:

  1. Nyokap gua juga tipekal yang malas repot, pengen cepat aja masaknya hehe, trims resepnya, kayaknya enak hehe

    ReplyDelete
  2. Nasi goreng nya itu mba..menggoda, dan rata2 anak suka nasi goreng...apalagi lauk so good ya..

    ReplyDelete
  3. Ternyata masak nasi goreng itu baiknya nasinya itu disimpan di kulkas dulu ya, Mba. Kadang sahur saya juga bikin nasi goreng. Ditambah nugget So Good akan makin enak ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk nasi goreng, aku lebih suka dimasukkan ke dalam kulkas dulu nasinya mba.

      Delete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES