Wednesday, November 21, 2018

Curhat Parenting di Blog? Asyikin Aja!




Awal menulis blog adalah cerita sehari-hari bersama anak-anak, semacam buku diary. Hari Senin saya sedang melakukan aktivitas A bersama anak-anak. Hari Rabo anak saya sedang bermain bola. Hari Jum’at anak saya sakit, saya sedih, ....

Membosankan! Kalau membaca ulang, saya lihat sekejap saja sudah bosan, bagaimana kalau ada pembaca blog saya tersesat di postingan awal ngeblog? Wah... bisa rahasia saya terbongkar. Rahasia apa? Namanya juga rahasia jadi saya tidak akan ngomong disini, kan!

Waktu itu saya menulis asal saja. Tapi tidak alay. Sudah punya anak jadi malu kalau nulis alay. Lagipula, apa kata pak suami? Ingat, ada pak suami yang selalu ngintip blog saya. Yang selalu sigap menatap layar laptop kantor demi blog saya. Anggap saja dia sebagai pembaca paling setia.

Tulisan curhat itu paling mudah

Blog kok isinya curhat melulu?

Ayo, ngaku, adakah yang pernah merasa seperti saya? Atau cuma saya sendiri ya? Ehm...curhat lagi, curhat lagi, apa tidak bosan? Apa tidak memiliki stok tema lain? Apa memang ciri khasnya seperti ini? Atau memang cuma bisa curhat di blog?

Pertanyaan yang mbulet bin ruwet diatas namun intinya sama saja. Curhat dan curhat.

Saya ngeblog sejak tahun 2009 lalu mati suri lalu ngeblog lagi lalu.... (Doakan semoga tetap istiqomah ya, teman-teman.) Tiga tahun terakhir ini saya berusaha untuk konsisten ngeblog apapun kondisinya. Ada waktu luang atau sibuk, lagi mood atau tidak, ada ide atau tidak, saya berusaha menulis minimal 2 kali seminggu, yaitu parenting dan traveling. Untuk ukuran saya, jadwal tersebut tidak terlalu ngoyo, ataupun berlebihan. Meski faktanya saya juga pernah menulis 5 kali dalam seminggu. 

Saya berusaha menulis tema yang saya sukai dan mudah. Nah, bagi saya adalah tema yang saya kuasai, yang saya alami, sehingga feel itu ada dalam tulisan. Blog pribadi lebih terasa “saya”. Ibaratnya seperti rumah saya, yang isinya adalah perabotan saya, yang berbeda dengan perabotan tetangga. Misal ada yang sama, pasti ada sudut-sudut yang berbeda.



Jadi, saya suka tema parenting dan ingin berbagi kisah bersama keluarga. Selayaknya ibu-ibu lain, pastinya memiliki cerita lucu, haru, senang, dan ya nano-nano. Saya percaya bahwa kejadian-kejadian antara saya dan anak-anak ada sisi baik dan buruknya. Ambil yang baik lalu ditulis di blog. Kalaupun ada masalah dengan anak dan saya ingin menulis di blog, saya usahakan untuk tidak menulis hal-hal yang memalukan.

Yang harus diperhatikan dari tulisan parenting ala saya adalah:


  1. Ambil hikmah dari kejadian tersebut.
  2. Bikin kesimpulan.
  3. Minta pendapat (yang baik) para pembaca.


Sejak awal menulis blog, saya memilih tema parenting dan mempertahankannya hingga kini.  Saya tidak pernah menulis tentang perkembangan anak-anak di blog. Misal dari bayi usia sekian sampai sekian. Waktu bayi saya vakum ngeblog. Tidak ada catatan tentang perkembangan anak. Setelah anak agak besar saya mulai ngeblog lagi. Masih bercerita tentang anak-anak dengan kasus yang dialami misalnya di sekolah atau di rumah dan bagaimana mencari solusinya.

Yang pasti cerita tentang parenting ini tidak ada benar dan salah. Karena setiap orang tua memiliki prioritas, latar belakang, tujuan dan cita-cita yang bisa jadi berbeda. Tidak ada yang benar-benar sama plek. Kalau benar-benar sama bisa jadi copas dari portal online, dsb, hahah....

Karena cerita parenting memiliki sentuhan personal, maka kasus yang dialami anak-anak itu bisa diselesaikan dengan cara masing-masing dari orang tua.  Namun bukan semau kita. Kitalah, orang tua yang mengetahui kondisi anak, kitalah yang sehari-hari menemani anak, kitalah yang seharusnya belajar untuk mencari jalan tengah dan solusi. Cerita parenting sejatinya adalah belajar menata hati, belajar memahami keinginan anak, dan belajar berbagi kebahagiaan.

Yeah... semakin saya belajar ngeblog, semakin banyak yang ingin saya lakukan. Tulisan bukan sekedar tentang cerita anak-anak saya saja. Ada review buku anak-anak hingga review aplikasi untuk belajar mengaji. Ada keprihatinan saya tentang harga buku-buku yang tiap tahun rasanya naik-naik ke puncak gunung. Ada cita-cita saya agar anak-anak bebas dari hoax. Dan masih banyak keinginan lainnya yang pada akhirnya memiliki satu benang merah, parenting.

Ada banyak alasan saya untuk menulis tema parenting, dari hal remeh-temeh hingga ke ungkapan rasa sayang, dari uneg-uneg hingga harapan saya kepada generasi muda. Well, buat teman-teman apa sih tema blog yang menarik?

Note:

Saat ini (tanggal 20 November-20 Desember 2018) tema parenting dan traveling yang tayang setiap minggu untuk sementara diganti dengan tema harian dari #BPN30dayChallenge2018.

#BPN30dayChallenge2018
#bloggerperempuan

^_^
Comments
6 Comments

6 comments:

  1. Emang curhat itu enak kok mba. Hehe. Kan kalo curhatnya di blog nggak terasa memberatkan orang lain. Yang baca ya yang mau aja tanpa paksaan. Hahaha

    ReplyDelete
  2. Curhat di blog itu enak, minimal mengeluarkan uneg-uneg biar tetap waras. Hahaha.

    ReplyDelete
  3. Blog-ku, mbak Nur, personal. Isinya ya nggak jauh-jauh dari curhat. Sebelum aku punya blog, aku gak pernah curhat. Aku anak tunggal dgn sifat tertutup, pemalu dan agak sedikit canggung di tempat umum. Aku gak punya terlalu byk teman. Jadi aku bersyukur banget dengan keputusanku bikin blog. Aku bisa mengungkapkan isi hatiku di situ.

    You are really a lovely mother!! Asik punya mama seperti mbak Nur. Liburan singkat dadakan seperti yg mbak Nur ceritakan di komentar posku, spontan... menurutku sih itu asik banget. Suami mbak juga asik bisa diajak dadakan. Your family is super cool!

    Keep writing about parenting stuff. Siapa tau nanti kalo aku udah punya anak, aku bisa cari jawabannya di sini. Haha. Misal aku punya masalah yang sama, tinggal ubek-ubek archive-nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku orangnya introvert. Dengan menulis, aku merasa menemukan dunia yang menyenangkan.

      Yuk, saling support ya.

      Delete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES