Tuesday, June 5, 2018

Aplikasi Belajar Al Qur'an Untuk Anak


juz amma


“Dek, jangan mainan hape terus. Dek!’’ entah sudah berapa kali saya mengingatkan si bungsu. Tapi si anak tetap asyik di depan layar handphone. Akhirnya saya berhenti mengerjakan pekerjaan rumah yang tak ada habisnya. Saya dekati si anak dan...

Baca juga Membaca Saat Traveling, Yay or Nay...

“Ibu jangan suudzon dong! Aku lagi ngaji!”

“Loh, mana suaranya?”

“Aku lagi baca-baca...” katanya sambil meyodorkan handphone saya.

Duh, anak-anak zaman now, apa-apa pakai aplikasi. Sementara ibu tergopoh-gopoh mengejarnya. Okelah, kalau handphone dipakai untuk mengaji, saya tak melarang. Iya kan?

Ada dua aplikasi mengaji yang dipakai si bungsu. Aplikasi seperti ini membantu banget. Terutama saat sedang bepergian. Coba kalau anak-anak disuruh membawa buku mengaji kemana-mana. Malas kan. Kadang juga lupa. Entah anaknya yang tidak mau ribet, entah orang tuanya.

Saya menyadari ketika keluarga saya sedang di luar kota dan tetap ingin dekat dengan Al Qur’an, salah satu cara dengan murojaah hafalan. Lebih mudah lagi jika ada aplikasi mengajinya. Tinggal buka handphone dan mengaji atau sekedar mendengarkan murotal.

Aplikasi yang digunakan apa saja?

1. Belajar Mengaji

i
belajar mengaji


Kita bisa download aplikasi ini di playstore ya. Aplikasi ini hanya berisi tulisan dengan beberapa menu yang bisa kita pakai untuk belajar mengaji, antara lain:

Al Qur’an: berisi semua surat dalam Al Qur’an beserta terjemahannya. Menurut saya tulisannya cukup besar sehingga mata gampang membacanya.

Iqro: terdiri dari 6 jilid yang dibagi menjadi beberapa bab. Lengkap seperti buku Iqro yang kita kenal selama ini.

Juz Amma: berisi surat-surat di juz 30 Al Qur’an. Tampilannya sama seperti Al Qur’an. Tulisan berwarna hitam dengan background putih.

Belajar Ilmu Tajwid: berisi hukum tajwid yang bisa dipelajari sendiri. kita bisa menemukan mad, nun mati/tanwin, mim mati, alif lam, hukum lam, lafadz Allah, ra’, qalqalah, tanda waqaf, nun/mim tasydid, idghom dan khusus. Sementara yang khusus ini berisi Hamzah Wasal, Dhommah, Kasrah, Nun ‘Iwad, Isymam, Imalah.

Media Pembelajaran: teridiri dari surat-surat pendek dalam Al Qur’an, surat Yasin dan terjemahan, 30 Hari Bacaan Doa Puasa, Motivasi islami terbaik, 30 Kisah Islami Terbaik, Asmaul Husna dan Artinya, Kalkulator Kehamilan Islam.

Pilihan lainnya: ini kita diarahkan ke playstore buat download aplikasi lainnya. Saya skip saja ya.

belajar mengaji


Nah, dari berbagai menu di aplikasi Belajar Mengaji, anak saya memakainya untuk membaca Al Qur’an, melanjutkan bacaannya saja. Pilihannya baru di Juz Amma. Sementara ini kan kompleks. Bahkan saya juga baru tahu kalau ada kalkulator kehamilan. Lha, selama ini buka ya apa kata si anak. “Ini, loh, aku sudah sampai surat....”

2. Juz Amma

Aplikasi ini bisa kita dapatkan dengan mudah di play store. Saya tertarik karena melihat ada gambar kartun dan backgroundnya yang berwarna. Ah, sebenarnya bukan masalah gambar tapi karena isinya.

juz amma




Oke, sekarang kita lihat menunya apa saja?
Menu di aplikasi ini hanya ada dua yaitu Juz Amma dan e-IQRO.

Juz Amma

Juz Amma terdiri dari surat-surat Al Qur’an di juz 30.  Dengan background coklat muda, judul background hijau muda dan huruf berwarna hitam, tampilan aplikasi ini lebih menarik. Bukan hanya berisi ayat-ayat suci Al Qur’an tapi juga ada tulisan latin dan terjemahan. Pada menu Juz Amma, di bagian atas ada tombol  Arabic, Latin dan Terjemahan.

Aplikasi ini dilengkapi dengan suara merdu Muhammad Thaha Al Junaid kecil yang sering dijuluki suara dari surga. Ada tombol play, stop dan back di bagian bawah. Tinggal klik-klik saja.

Juz Amma


Sementara kita masih mencari atau membaca menu lainnya sambil mendengarkan alunan piano yang lembut.

e-IQRO

Pada menu ini terdiri dari Hijaiyah, Iqro satu hingga enam. Penampilannya menarik karena berwarna. Untuk judul ada background warna coklat muda. Sementara per halaman ada tombol yang memudahkan kita untuk berganti. Setiap menekannya akan berbunyi.

Iqro


Dari dua aplikasi mengaji tersebut keduanya sama-sama bagus. Kalau kekurangan, yang pertama (Belajar Mengaji) tidak ada suaranya, jadi tidak bisa menirukan bacaan. Sementara yang kedua menunya sederhana sehingga tidak ada pembelajaran tajwid. Tapi secara keseluruhan keduanya bisa dipakai untuk belajar mengaji sehari-hari atau ketika sedang traveling.

Kalau saya seringnya memakai aplikasi ini ketika sedang tidak di rumah. Jadi aplikasi seperti ini fleksibel juga. Selain anaknya yang mengaji, ibu juga bisa sekalian belajar. Meski  anak saya tidak belajar dengan metode Iqro, saya rasa ini bukan masalah. Mengaji bisa dengan bermacam-macam metode.

Iqro


Dengan adanya aplikasi mengaji seperti ini, saya selalu menekankan kepada anak-anak untuk mengaji dimanapun. Anak-anak saya laki-laki semua, tidak ada alasan tidak mengaji, meski sedang tidak membawa Al Qur’an, buku mengaji, sedang diluar kota, bermain atau alasan lainnya. Kadang karena sedang jalan-jalan, sedang senang-senang kemudian terlupa. Asal ada tempat yang bersih (suci) yuk, mengaji!

Baca juga Belajar dan Bermain Bisakah Sama Asyiknya....

Doa saya semoga anak-anak selalu dengan Al Qur’an dengan cara apapun. Kalau untuk saat seperti ini saya suka mengingatkan berkali-kali. Kadang terlintas rasa bosan juga, tapi kemudian ingat bahwa memiliki anak berarti memiliki amanah. Tetap deh, mengingatkan lagi dan lagi. Semoga seiring berjalannya waktu saya berharap mereka paham akan kemuliaan membaca Al Qur’an.  

Well, jika teman-teman memiliki aplikasi mengaji untuk anak-anak, silakan tulis di kolom komentar, ya.

Sharing is caring!

^_^
Comments
14 Comments

14 comments:

  1. Sekarang..apa2 ada aplikasinya ya mba...baru ngerti klo iqra pun ada. Aku malah install app yang huruf jawa itu mba..lha aku nggak bisa, pdhl anakku yang Sd sering ada PR nulis/mbaca aksara jawa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekarang apa aja ada di aplikasi ya mba. Yang aksara Jawa akupun sudah lupa, kalau ditanya anak suka bingung juga.

      Delete
  2. bagus sekali mbak nur.. punya dong mbak di review boleh nih hehe

    ReplyDelete
  3. Wah bagus nih,, ijin share di fb yaa,, soalnya banyak temen2ku yg nyariin.. mkasi

    ReplyDelete
  4. anak sekarang banyak dipermudah dalam hal belajar makanya hrsnya lebih hebat ya

    ReplyDelete
  5. Duh anak zaman now pegang hp mulu ya sama kaya anakku aja, bedanya anakku ini masih ucrit blm sekolah TK jd tantangan tersendiri nih bt aku, 😂. Tnks sharingnya, mau aku coba dulu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba. Anak-anak zaman now banyak main hape, maka ortu ikut mengawasi.

      Delete
  6. User interfaceny lucu, bisa bikin anak-anak semangat ngaji, ya Mak

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES