Friday, November 23, 2018

Blogger Perempuan Network: Mengerti, Menginspirasi dan Memajukan Blogger Perempuan Indonesia



Sejujurnya saya itu gaptek. Kalau mau utak-atik blog takut jadi hancur.  Okelah, kalau teman blogger banyak, saya bisa bertanya. Tapi saya tidak semudah itu mudheng. Harus berkali-kali membaca, bertanya, membaca, praktik, begitu seterusnya. Rasanya saya kok banyak menghabiskan waktu bukan untuk menulis tapi utak-atik yang menguras energi dan pikiran.


Misalnya saja ketika saya ingin memasang google analytic dan bagaimana cara membacanya. Sepertinya mudah. Tapi saya harus bolak-balik praktik baru bisa. Ya Allah, kadang saya berpikir kok susah sekali sih saya belajar ini.

Nah, sejak bergabung dengan Blogger Perempuan saya merasakan banyak perubahan. Belajar memang tidak mengenal usia. Belajar sepanjang masa. Di usia cantik ini saya meski tertatih-tatih, saya merasa tak sendiri. Ada banyak teman yang memiliki semangat membara untuk terus belajar dan berbagi.

Bergabung dengan Blogger Perempuan Network dan rasakan perubahannya

Saya pernah merasa bahwa ngeblog kok begitu-begitu saja. Sampai saya tidak percaya diri untuk membagikan tulisan di media sosial. Tidak ada perubahan berarti dari waktu ke waktu. Pengunjung blog masih seujung kuku. Tulisan masih acak-acakan. Judul tidak menarik, bahkan terkesan terlalu biasa dan membosankan. Apakah perlu berhenti ngeblog saja. Toh, saya tidak mendapatkan materi. Justru sebaliknya, saya yang harus mengeluarkan modal untuk menulis. Minimal modal kuota. Lalu pikiran, waktu dan energi untuk menghasilkan sebuah tulisan. Kalau dihitung-hitung, saya rugi besar dong.

Tapi hobi tetaplah hobi. Karena hobi adalah sesuatu kegiatan yang menyenangkan meski tidak dibayar. Hobi itu seperti candu. Kalau sudah terikat akan sulit melepaskannya. Jadi dengan menulis, tanpa mendapatkan apapun, saya tetap menikmatinya. Tapi masih saja  ada pertanyaan yang menyusup di telinga, “Kok masih begitu-begitu saja?”

Nah, jika ingin berubah, saya meski belajar lebih giat. Caranya dengan bergabung dengan komunitas sesuai dengan hobi. Komunitas Blogger perempuan adalah jawaban dari kegalauan saya untuk menjadi blogger yang lebih baik lagi.

Sesuai namanya, Blogger Perempuan Network ini khusus untuk blogger perempuan. Digawangi oleh kakak-kakak baik hati yang selalu siap sedia untuk berbagi, Blogger Perempuan Network menjadi salah satu wadah bagi blogger perempuan yang menginginkan perubahan. Yup, perubahan! Kalau awal ngeblog saya hanya memikirkan apa yang harus ditulis, setelah bergabung dengan Blogger Perempuan Network saya jadi mengerti bahwa menulis itu ada aturannya.

Content is the king. Kalau menulis konten saja dan tidak memiliki pembaca, apa tidak sayang. Toh, ketika membuat blog tujuan kita agar tulisan di blog dibaca orang yang tepat. Atau menulis saja dan lupakan. Tapi buat apa?

Akhirnya saya belajar bagaimana membuat judul yang menarik, pageview meningkat, SEO friendly, dsb..aduh ini masih PR besar sampai sekarang. Menjadi seorang blogger artinya mau belajar.

Bersama Blogger perempuan network saya berinteraksi dengan blogger-blogger lain. Dari facebook, twitter dan instagram adalah wadah untuk berbagi tulisan di blog. Dari sini saya mengenal banyak blogger dengan bermacam-macam niche yang menarik, blogwalking dan saling menyapa di dunia maya. Bagi saya ini adalah wadah yang tepat dan menyenangkan untuk para blogger perempuan yang ingin dimengerti. Karena sesama perempuan jadi tidak canggung untuk ngobrol cantik tentang blogging.

Selanjutnya yang menarik ketika bergabung dengan Blogger Perempuan network adalah saya bisa mengoptimasi semua akun sosial media dan blog untuk mendapatkan penghasilan. Ayo, ngaku siapa yang tidak tertarik pada bagian ini? Yuk, rumpi bareng!

Kalau menulis saja bisa dapat penghasilan, bagaimana mungkin saya menolaknya! Yuk, gabung di Blogger Perempuan Network dan rasakan manfaatnya!

#BPN30dayChallenge2018

#bloggerperempuan

#day4

^_^


Comments
1 Comments

1 comment:

  1. aku mau dong ikuran belajar di BPN. Tapi klo belajarnya secara online juga, aku bingung intil penjelasan-penjelasan teknisnya. Cari yang sekota denganli dan mesti ketemuan nih berarti...hehehe ...

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES