Saturday, November 24, 2018

Wonderful Indonesia di Goa Pote Bukit Jaddih dan Arosbaya


arosbaya


Masih lekat dalam ingatan saya ketika berkunjung ke Goa Pote dan Arosbaya demi melihat bukit kapur. Ya, bukit kapur loh, yang di daerah saya banyak. Daerah saya, Tuban terkenal dengan bukit kapurnya. Banyak bukit kapur yang menjadi lahan tambang dan menyisakan celah-celah menganga dan goa.


Lalu, mengapa saya harus rela traveling ke Bangkalan? Karena disana ada surga tersembunyi, yang berbeda dengan bukit kapur di daerah saya. Yang pasti setiap daerah itu memiliki keunikannya sendiri. Memiliki magnet yang mampu menyedot pikiran saya. Akhirnya, saya bisa menginjakkan kaki ke Bangkalan, Madura demi bukit kapur yang pernah saya lihat di situs traveling.

Indonesia itu indah teman-teman. Percaya tidak, kalau dengan melihat jernihnya pantai saja, hati saya jadi adem. Melihat hijaunya sawah, saya jadi senyum-senyum bahagia. Andai boleh, saya ingin jatuh cinta berkali-kali ketika menikmati sawah yang sedang menghijau. Embun yang menetes diujung daun. Juga aroma tanah selepas hujan.


Sekilas tentang bukit kapur

goa pote


Bukit kapur adalah perbukitan dengan batuan kapur yang bisa dimanfaatkan manusia sebagai bahan bangunan. Bukit kapur ini biasanya dijadikan tempat untuk penambangan batu kapur. Banyak pabrik berdiri di dekat bukit kapur, mulai yang menambang skala kecil hingga besar.

Di daerah ini biasanya tanahnya tandus. Di sebagian tempat masih bisa digunakan sebagai ladang jagung, kacang tanah dan sayuran.

Indonesia itu memiliki potensi wisata alam yang luar biasa cantiknya. Mulai dari pantainya yang eksotis, hutan yang masih perawan, gunung yang memiliki magnet untuk didaki demi mengejar sunrise dan sunset. Juga goa yang menjadi saksi betapa kokohnya dinding-dinding itu bertahan melawan usia.

goa pote
Goa Pote Bukit Jaddih


Wonderful Indonesia In the Caves

Goa adalah lubang besar dan dalam yang berada di dalam tanah. Goa seringkali ditemukan secara tak sengaja karena telah tertutup dengan bongkahan batu selama bertahun-tahun. Kemudian digali dan terbukalah terowongan dalam goa. Beberapa goa ada yang mengalami perubahan karena digunakan untuk wisata. Namun masih ada goa yang mempertahankan keasliannya.

Bagi saya asal tidak seram dan gelap, goa tetaplah menyajikan keindahananya mulai dari pahatan-pahatan dinding, batuan yang membentuk lekuk-lekuk goa dan tetes-tetes air yang segar. Coba deh kalau berkunjung ke goa, ulurkan tangan ke bawah stalaktit yang meneteskan air. Sejenak, rasakan airnya...adem, segar. Jika air itu dipakai untuk mengusap wajah rasanya tetap segar, sampai lupa capeknya mendaki tangga masuk goa.

Goa yang instagrammable

 
arosbaya
Arosbaya

Goa Pote maupun Arosbaya ini benar-benar memanjakan pengunjung. Biasanya kita masuk goa dengan bantuan lampu warna-warni sehingga stalakmit dan stalaktit tampak mempesona. Di Goa Pote dan Arosbaya tidak memerlukan bantuan cahaya. Karena sinar matahari sudah cukup menjadi penerangan ke segala penjuru.

Baik Goa Pote maupun Arosbaya adalah lahan tambang batu kapur. Di Goa Pote, saya masih bisa menyaksikan hilir mudik truk-truk yang mengangkut batu-batu kapur untuk dikirim ke daerah lain. Sementara di Arosbaya saya melihat masih ada warga yang menambang batu kapur dengan peralatan seadanya. Bukan mesin penggergaji batu, namun hanya linggis.

Goa Pote menawarkan tempat-tempat yang instagrammable buat anak-anak millenial atau siapapun yang ingin mengabadikan moment disini. Salah satu spot yang seringkali digunakan untuk berswafoto adalah di depan danau dengan air yang berwarna kehijauan. Satu lagi dengan background tulisan Goa Pote.

Goa Pote memiliki arti goa yang berwarna putih. Jelas sekali bahwa warna asli batu kapur adalah putih bersih. Ini akan terlihat nyata setelah batuan kapur teriris. Jika permukaan batuan kapur yang sudah bertahun-tahun  dibiarkan begitu saja akan berubah warna kehitaman, kecoklatan atau kehijauan. Tergantung lokasi batuan itu berada. Namun di dalamnya tetap berwarna putih.

arosbaya
Arosbaya


Berbeda dengan Goa Pote, bukit kapur Arosbaya ini memiliki warna yang eksotis, coklat, seperti warna tanah. Memang aslinya batuan kapur disini tidak putih bersih, namun cenderung kecoklatan seperti warna bata. Di beberapa bagian, permukaannya kehijauan karena ada lumut yang ikut menyertainya. Ada yang menghitam diterpa perubahan cuaca.

Memandang bukit kapur Arosbaya, saya merasa begitu kecil. Saya adalah manusia lemah yang tak kunjung berhenti mengagumi semesta. Saya merasa kalah dengan semua kegagahannya melawan waktu. Pahatan-pahatan dinding adalah bukti betapa bukit ini tabah melawan segala musim. Berdiri membentang dan menyisakan rasa takjub yang tiada henti.

Batuan kapur yang keras ini tak sendiri. Semak-semak menyertai lekukan bukit hingga masuk ke dalam goanya. Awalnya saya berpikir bahwa Arosbaya hanyalah bentangan bukit kapur yang cantik. Lubang, pahatan, hingga batuan yang tinggi adalah bagian pembuka saja. Ternyata ketika saya semakin berjalan jauh semakin menemukan goa. Ya, goa Arosbaya tidak kalah cantik dengan dinding bukit kapur tadi.

arosbaya
Goa Arosbaya


Hawa dingin segera menyeruak ketika saya memasuki goa. Sangat kontras dengan suasana panas diluar sana. Gelap? Ah, tidak! Lubang besar sebagai sumber cahaya akan setia menemani kita. Tanaman merambat menjadi paduan yang pas dengan dinding-dinding kecoklatan ini. Sesekali saya mencoba meraihnya dan ya...salur-salur dari atas hingga ke dalam goa. Cukup panjang juga batangnya...

Goa Pote dan Arosbaya adalah bukti bahwa Wonderful Indonesia itu dimana-mana. Spot-spot instagrammable terserak di semua tempat. Di Bangkalan, Madura sekitar 1 jam dari Surabaya, kita bisa menikmati eksotisme bukit kapur. Sejenak melupakan rutinitas yang melelahkan, nikmati suasana alam dari dekat, dari jarak yang bisa kita tempuh. Karena Indonesia adalah kita. Indonesia adalah tempat saya menikmati cinta dan harmoni alam.

Well, buat teman-teman yang memiliki cerita Wonderful Indonesia, jangan disimpan sendiri, ya. Yuk share cerita betapa Indonesia itu memiliki potensi yang mengagumkan dengan mengikuti blog competition Wonderful Indonesia.




^_^




Comments
4 Comments

4 comments:

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES