5 Hal Berikut Bisa Bikin Saya Bahagia

by - 16.11.00


baca buku


Saya yakin setiap orang pasti ingin menikmati sebuah kata “bahagia”. Entah seperti apa kondisinya, bahagia adalah sebuah ungkapan syukur atas suatu pencapaian, usaha terus-menerus dan sebuah kesempatan.
Bahagia itu kita yang mengusahakan. Kita yang mampu mencari celah-celah dalam hidup ini untuk merasa nyaman dan senang. Bahagia ada dalam hati atas apapun yang kita miliki.


Saya masih kesulitan mengurai bahagia. Terlalu banyak yang Dia berikan, hingga saya tak mampu menghitungnya satu per satu. Mengenang perjalanan dalam pernikahan saja saya sering merasa “wow”. Allah telah memberikan kehidupan yang lebih baik dari waktu ke waktu. Saya bersyukur bisa melewati semua hal yang menakjubkan.

Siapapun berhak untuk bahagia. Ibu rumah tangga dengan pekerjaan rumah tiada henti bisa menikmati kata bahagia. Melihat anak-anak yang tumbuh sehat, ceria, rasanya lebih dari apapun. Senang melihat wajah mereka yang lucu dan menggemaskan.

Ketika anak-anak sudah gedhe, waktu bersama mereka sudah banyak berkurang. Saya tidak bisa memaksa mereka untuk terus bersama saya. Justru sebaliknya, saya ingin mereka berani merantau. Anak pertama saya sejak SMA sudah keluar kota. Dalam waktu tertentu kami bertemu, bertanya kabar dan menikmati family time. Kalau sudah memasuki masa seperti ini saya cenderung ke quality time. Karena waktu kita tidak sebanyak ketika dia masih kecil. Namun saya bahagia ketika melihatnya bisa survive, mudah beradaptasi.

5 kebahagiaan sederhana versi saya

1. Berkumpul bersama keluarga

Time flies. Ketika anak-anak masih kecil, kami kemana-mana selalu bersama. Saya masih ikut suami berpindah-pindah tempat dinas. Kemudian ketika kami memutuskan untuk LDM (long distance marriage) dan anak pertama di luar kota, berkumpul bersama keluarga dengan formasi lengkap rasanya sulit. Makanya saya sangat mengharapkan bisa family time saat liburan. Tinggal suami mengajukan cuti. 

2. Membaca buku tanpa ganguan

Akhir-akhir ini saya merasa membaca buku seperti berkejaran dengan menulis blog. Target ngeblog yang lebih saya kejar daripada membaca buku. Kesalahan saya karena kurang bisa memaksimalkan waktu untuk membaca. Ketika saya sudah membaca, rasanya tidak ingin ada jeda. Ingin terus selesai. Apalagi kalau bukunya memang bikin saya penasaran. Saya sampai mengurangi waktu tidur demi menyelesaikan buku. Tapi yang seperti ini jarang terjadi.

3. Berhasil uji coba resep makanan

Senang rasanya ketika saya berhasil menggunakan resep masakan entah dari buku, instagram, blog, dsb. Karena sekali uji coba dan berhasil itu bagi saya luar biasa. Saya tidak perlu mengulang, boros bahan kue, waktu, tenaga dan pikiran. Sayangnya, trial and success itu tidak berlaku untuk semu jenis makanan. Kalau tidak begitu, mungkin saya tidak akan belajar dari kesalahan.

4. Bisa mengaji

Kalau sekarang ini bisa menulis ODOP dari Blogger Perempuan, saya juga ingin menyeimbangkan dengan mengaji. Semangat mengaji naik turun seperti roller coaster. Sekalinya semangat bisa mengaji berlembar-lembar. Namun ketika ngedrop, saya tetap memaksakan diri untuk mengaji. Disitulah kebahagiaan saya. Bisa menaklukkan rasa malas dan tentu saja karena saya ingin dekat denganNya.

5. Olah raga sesuai target

Ingat masa depan tubuh, jangan bermalas-malasan! Ini kata-kata untuk menyemangati diri sendiri yang pemalas. Target saya tidak muluk-muluk. Seminggu bisa tiga kali jalan kaki di depan gang. Atau bersepeda dan lari. Pokoknya tubuh ini harus diajak bergerak. Setiap saya berhasil mencapai target ini rasanya senang saja. Karena bahagia itu termasuk ketika tubuh sehat. Ya kan?

bersepeda


Jadi, bahagia dengan hal-hal sederhana itu bisa banget, ya. Yang tidak perlu diukur dengan materi juga bisa. Asal kita mau bersyukur dengan apa yang ada. Ikhtiar untuk hidup lebih baik. Bismillah, selalu semangat menjalani hidup.

#BPN30dayChallenge2018

#bloggerperempuan

#day27

^_^

You May Also Like

10 komentar

  1. permainan permainan masa kecilnya ngga dibahas mbak ?? Hehehe

    BalasHapus
  2. aku sih cukup punya duit ama punya bnyak temen deh
    bahagia pasti
    xixiixixxix

    BalasHapus
  3. Multitasking (baca dan blogging) itu memang perjuangan ya mbak.. hahaa..

    BalasHapus
  4. Olah raga sesuai target ini yang susah :)

    BalasHapus
  5. Daku langsung meluncur ke sini abis liat di IG. Karena mau ikutan ngacung...kepengen bahagia baca buku tanpa gangguan hehehe

    BalasHapus

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Info: F untuk komen dengan akun facebook dan B untuk komen dengan akun blogger. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!