5 Kegiatan Seru di Akhir Pekan

by - 09.56.00


arasa onde-onde mojokerto

Free! Hari libur itu bukan saja ditunggu anak-anak, namun saya juga. Saya memiliki kebebasan untuk tidak antar jemput anak sekolah. Tidak perlu grusa-grusu membuat sarapan dan bekal anak. Ya, weekend adalah saat yang tepat untuk menikmati kebersamaan dengan keluarga. Lupakan urusan sekolah dan kerja. Hari Minggu biasanya saya libur memasak. Karena di hari Minggu inilah saya melupakan sejenak urusan dapur.


Akhir pekan itu sangat istimewa buat kami. Saatnya bertemu dengan suami yang bekerja di luar kota. Saya ingin akhir pekan itu benar-benar santai. Tapi tidak selamanya seperti itu. Kadang justru di hali libur kami membantu urusan orang tua. Yang penting ada prioritas dan tidak ngoyo melakukan aktivitas.

Kalau anak-anak ada kegiatan dari sekolah di hari libur, giliran suami yang mengantar dan menjemput bahkan menemani hingga acara selesai. Ini quality time ala kami. Meski suami tidak selalu hadir namun saya tetap melibatkannya dalam urusan anak-anak.

Bisa berkumpul lengkap di hari libur adalah quality time yang susah untuk diganti dengan apapun. Waktu berlalu cepat. Sebisa mungkin saya memaksimalkan hari libur dengan berkumpul bersama. Saya tidak mau sibuk di dapur. Lebih baik buat ngobrol atau silaturahim.

Bisa dikatakan akhir pekan itu saya memiliki agenda yang tak pasti. Karena hidup tidak seperti rumus matematika yang pasti. Menyesuaikan saja. Saat saya menulis tema ini, alasan saya ke Gresik karena ingin menjenguk si sulung setelah operasi usus buntu. Saya menjemputnya di Surabaya kemudian tinggal di rumah dinas Gresik. Saya lihat anaknya sudah lebih baik dari minggu lalu.  

Jadi selama dua minggu ini, setiap hari Jum’at hingga Minggu saya pergi ke Gresik. Kalau biasanya saya menunggu kedatangan suami, kali ini kebalikannya. Suami yang menunggu kedatangan saya dan si bungsu. Ya, memang hidup tidak selama berjalan lurus dan sama seperti kemauan saya. Fleksibel, menyesuaikan saja dengan waktu longgar masing-masing.


cfd gresik

5 kegiatan di akhir pekan inilah yang sering saya lakukan.

1. Silaturahim

Kalau akhir pekan di kampung, anak-anak biasa seharian ke rumah kakek-kakeknya karena berdekatan. Namun kalau kami sedang keluar kota, paling mampir sebentar. Kadang saya mengajak anak-anak megunjungi adik saya di luar kota. Atau kalau ada undangan walimah ke luar kota, dsb, saya sekalian mengajak anak-anak ikut serta. Kalau masih kerabat hukumnya wajib membawa anak-anak.   

2. Kuliner

Hari Minggu saya sering libur memasak. Aktivitas saya tidak pasti. Kadang mengunjungi kerabat, main ke luar kota, belanja, dsb. Ini membuat saya tidak mungkin menyiapkan makanan. Ibaratnya saya harus bisa mengukur kemampuan diri agar sanggup menjalani hari libur. Jadi tidak saya mau capek memasak dan jalan-jalan sekaligus. Harus memilih salah satu dan membeli makanan jadi. Di hari libur inilah saya suka mencoba tempat-tempat makan baru atau yang sudah langganan. Seperti hari ini saya mampir di CFD Gresik dan mencari makan pagi di warung.

3. Traveling

Kapan traveling? Saat suami dan anak-anak sedang libur, dong! Saya suka pergi berlima. Tapi untuk saat ini sulit mewujudkan karena hari libur anak-anak berbeda. Kalau masih SD kelas bawah masih memungkinkan untuk sering diajak pergi. Mulai kelas 5 SD sudah agak susah. Sementara anak-anak berada di tiga jenjang yang berbeda. Saya berharap libur akhir tahun bisa traveling.

4. Belanja

Mumpung suami lagi libur saya senang bisa mengajak ke pasar atau supermarket. Jadi ada yang membantu membawa belanjaan. Sejak menikah suami santai saja menemani saya ke pasar tradisional. Dia juga ikut masuk ke dalam pasar. Ikut memilih buah. Ya, buah saja, lainnya tidak paham.

5. Bersih-bersih rumah

Kalau tidak ada rencana keluar kota, hari libur adalah waktu yang tepat untuk membersihkan rumah. bersih-bersih rumah disini diluar menyapu dan mengepel. Karena dua pekerjaan rumah ini rutin dilakukan.

Bersih-bersih rumah untuk merapikan perabot dan mengurangi timbunan barang tak terpakai. Mulai dari memilah barang-barang bekas hingga berkebun. Ada dua pohon jambu dan belimbing di halaman depan dan satu pohon avokad di halaman belakang. Pohon-pohon ini butuh perawatan seperti pemotongan ranting agar rapi dan bisa berkembang dengan baik. 

Nah, 5 kegiatan tersebut biasa saya lakukan di hari libur. Kalau teman-teman apa saja? Sharing ya.

#BPN30daychallenge2018

#bloggerperempuan

#day20

^_^

You May Also Like

6 komentar

  1. Salam kenal Mba, kalo saya sendiri kegiatan libur yang paling disenangi itu kuliner dan beres-beres rumah biar rumah rapi dan bersih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mba Demia,

      Hari libur adalah waktu yang tepat untuk wisata kuliner ya.

      Hapus
  2. kalau saya akhir pekan sibuk nyuci, beberes rumah, kondangan
    sama Belanja. tapi kalau abis gajian aja.. haha

    BalasHapus
  3. Kegiatan akhir pekan biasanya rutinitas saya itu olaharaga pagi dan sore, supaya badan dan tubuh bisa lebih sehat dan kuat untuk menjalani hari besoknya.. Akhir pekan harus di maksimalkan sebaik mungkin, agar tidak mudah terkena penyakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya olah raga ke GOR kalau suami lagi libur dan gak ada acara keluar kota. Biar ada yang mengantar dan menemani olah raga.

      Hapus

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Info: F untuk komen dengan akun facebook dan B untuk komen dengan akun blogger. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!