Tuesday, December 18, 2018

5 Rekomendasi Situs Penunjang Blog


google


Situs yang paling sering saya kunjungi adalah blog sendiri. Apalagi sejak mengikuti #BPN30dayChallenge2018 ini rasanya setiap ada kesempatan selalu membuka blog. Karena ini challenge setiap hari, maka menulis blognya juga harus setiap hari. Alhamdulillah sampai saat ini masih bisa mengejar target one day one post. Senang juga bisa mampir ke blog teman-teman peserta challenge yang semangatnya luar biasa hingga mendekati hari terakhir besok. Maafkan saya yang blog walkingnya lama.

Untuk membuat satu buah tulisan di blog saya membutuhkan beberapa situs penunjang. Yang pasti untuk mencari referensi. Setelah tulisan beres, saya mencari infografis yang sesuai. Kalau misalnya saya sudah memiliki stok foto pendukung lebih mudah lagi. Tinggal edit sebentar dan beres.

Kalau tidak ada stok foto bagaimana? Tidak bakal mati gaya karena ada banyak situs penyedia foto hingga gambar vektor gratis. Nah, ini adalah 5 situs yang sering saya pakai untuk menunjang aktivitas ngeblog.

1. Google

Saat ini apa sih yang tidak bisa ditemukan di google. Rasanya setiap mengetik kata kunci, google selalu bisa menyediakan referensi. Entah itu sesuai dengan yang saya butuhkan atau tidak, google sangat tahu apapun. Bahkan ketika sedang jalan-jalan, saya sering membuka google maps agar tidak tersesat. Meski yang namanya tersesat juga pernah. Juga untuk menambahkan lokasi di blog agar pembaca mudah memperkirakan tempatnya.

2. Kbbi online

Kadang saya merasa begini, “Cocok tidak ya kata ini jika dipakai dalam tulisan saya? Apakah maknanya sama dengan yang saya maksud?”

Jadi daripada ragu-ragu menggunakan sebuah kata, lebih baik saya tanya kamus bahasa Indonesia daring. Disini ada penjelasan singkat. Karena satu kata bisa memiliki bermacam-macam makna tergantung konteksnya. Dilengkapi dengan contoh kalimat.

3. Wikipedia

Wikipedia ini sering muncul paling atas pada mesin pencari. Kadang suka bingung mencari referensi suatu tempat, benda, dsb meluncur saja ke wikipedia. Penjelasannya runut sehingga memudahkan pencarian saya. Bahkan dilengkapi dengan sejarah dan referensi lainnya. Rasanya puas berkunjung kesini.

4. Situs penyedia gambar gratis

Saya sering mengunjungi pixabay untuk mencari foto dan gambar vektor gratis. Selain itu saya juga memakai foto dari pexels. Untuk vektor ada freepik dan vecteezy. Beberapa hari lalu saya mencoba menggunakan pngtree untuk mencari vektor gratis, sayangnya dibatasi. Jadi kalau sudah download dua, maka saya tidak boleh download lagi. Saya merasa ribet saja memakai pngtree. Lebih suka yang bebas download. Paling berapa sih yang saya download, tidak lebih dari tiga.

5. Canva

Canva ini sering saya gunakan karena gampang banget. Tersedia banyak pilihan template dan gambar gratis untuk macam-macam keperluan kita. Untuk edit foto, bikin banner blog dan infografis lainnya. Saya menggunakan canva masih terbatas untuk banner blog dan photo collage  saja. Infografis saya masih sederhana.

Itulah situs-situs yang sering saya kunjungi untuk mendukung content blog saya. Jika teman-teman memiliki referensi situs lainnya, share di kolom komentar, ya. Terima kasih.

#BPN30dayChallenge2018

#bloggerperempuan

#day29

^_^
Comments
17 Comments

17 comments:

  1. Google plus iyessss bgt mb, ngaruh bgt ke orang mampir klo aku mah google plus tuh

    ReplyDelete
  2. Aku biasanya kbbi ato situs yg ttg sinonim kata :). Jd bisa cari diksi lain supaya kalimatnya ga berulang itu trus.

    Ama google pastinya :D. Kayaknya ga mungkin ga membuka ini tiap kali browsing :)

    ReplyDelete
  3. Wah baru tau ada kbbi online hahahaha..maklum biasanya nulis suka2 nggak mikirin tatanan kata dan kalimat 😂
    Untuk gambar juga aku banyak pakai freepik dan pixabay atau pexels..jaman skrg semua serba mudah yaa :)

    ReplyDelete
  4. Dari kelima situs itu, cuma Wikipedia yang jarang saya kunjungi. Mungkin kebawa waktu kuliah yang gak boleh ngambil kutipan langsung dari Wiki, jadinya ya gitu.

    ReplyDelete
  5. untuk nyari vektor biasanya sih saya ke kisspng mba. Keren mba semangat terus ngeblognya ya hehehe, saya sendiri malah udah jarang nulis.

    ReplyDelete
  6. toss mbak, sesama pengguna canva. Terbantu banget ya kita dengan adanya canva ^^

    ReplyDelete
  7. Saya suka ngambil gambar di pixabay biar cepet hehhe

    ReplyDelete
  8. Bener bgt trutama yg penyedia gambar gratis wkk

    ReplyDelete
  9. Mirip2 mba. sebelumnya saya suka pake juga typoonline dari KBBI. tapi kayaknya lagi gangguan

    ReplyDelete
  10. Dari semua pengalaman pengomentar diatas, cuma aku yang belum pernah memakai situs penyedia gambar gratis dan canva.
    Sedihnya ... :(

    Tapi kelak akan kucoba kedua situs itu.

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES