10 Peluang Usaha Bisnis yang Menguntungkan dari Rumah

bisnis dari rumah


Suatu hari seorang teman bertanya, “Ngapain ya kamu di rumah?”

Saya jawab, “Ada kesibukan.”

Saya ingin sisa waktu ini untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Misalnya dengan melakukan hobi ngeblog, semakin ditekuni semakin menyenangkan. Apalagi kalau hobi ini sudah bisa menghasilkan rupiah.


Selain ngeblog, saya masih memiliki kegiatan lain seperti mengikuti workshop, seminar, kegiatan sosial dan keagamaan. Juga membantu usaha bapak saya. Jadi, saya ingin waktu yang saya miliki bisa lebih maksimal. Bukan hanya berada di rumah dan tak tahu harus melakukan apa selain mengurus keluarga dan rumah.

Kembali pada pertanyaan teman saya. Sebagai ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktu di rumah, pasti ada perasaan bosan, malas, dan jenuh. Rutinitas yang begitu-begitu saja. Lalu apa lagi? Iya, apa lagi ya, yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga selain mengurus keluarga dan rumah?

Anak-anak sudah mulai mandiri. Ibu memiliki waktu yang lebih longgar daripada ketika mereka masih balita. Minimal untuk menghabiskan waktu selama menunggu anak dan suami pulang ke rumah.

Mau main ke rumah teman? Mau belanja? Mau ngopi cantik? Semua pilihan ada di tangan kita. Kalau semua sudah, dan kita merasa masih memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu, coba deh dengan  pikirkan ide untuk bisnis di rumah.

katering


Berikut ini ada 10 bidang pekerjaan yang bisa dilakukan ibu di rumah. Tanpa mengurangi kebersamaan dengan keluarga, seorang ibu bisa memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. Tentu saja dengan fokus pada bidang yang ditekuni, insyaallah akan menambah pundi-pundi penghasilan.

1. Menulis

Dengan modal laptop, kita bisa memulai menulis blog, menjadi content writer atau menulis buku. Kita menawarkan jasa penulisan untuk mendapatkan uang.

2. Online shop

Tidak perlu keluar rumah, kita bisa memanfaatkan semua media sosial atau bergabung dengan banyak market place untuk menawarkan produk. Pastikan kita melayani calon pelanggan dengan ramah dan sabar.

3. Salon

Manfaatkan satu ruangan untuk membuka salon. Jika ingin  mengkhususkan diri untuk wanita, bisa menuliskan papan info di depan rumah. Pelanggan bisa datang dari teman-teman dan tetangga. Semakin lama, lingkup pertemanan semakin banyak dan semakin dikenal.

4. Laundry

Bisnis laundry tidak memerlukan keahlian khusus. Kemampuan mencuci, menjemur hingga menyeterika baju merupakan hal yang biasa dilakukan. Untuk membuka jasa laundry kita memerlukan peralatan seperti mesin cuci, jemuran dan setrika.

5. Menjahit

Dengan memiliki ketrampilan menjahit, kita bisa menerima pesanan permak atau membuat baju. Selain menjahit baju, ada pilihan untuk menjahit tas handmade. Jika pelanggan sudah cocok dengan jahitan kita, biasanya akan ada repeat order.

6. Katering

Bisnis ini membutuhkan banyak modal. Bukan saja untuk membeli peralatan memasak namun juga untuk bahan-bahan kue, masakan, minuman dan kemasan. Kita bisa mulai membuat makanan dengan resep ekonomis dan harga terjangkau. Kemudian perlahan menyisihkan laba usaha untuk membeli peralatan memasak lainnya.

7. Warung kelontong

Warung kelontong atau toko sembako mudah dijumpai baik di perkampungan maupun di perumahan. Kita bisa mulai menjual bahan makanan pokok, kemudian ditambah dengan air minum isi ulang, galon, elpiji, pulsa elektrik. Barang-barang tersebut tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.

8. Warung makan

Warung makan tetap dicari pelanggan. Jika ingin membuka warung, sebaiknya kita mengetahui segmen pasarnya. Jika warung kita dekat sekolah, kita bisa membuka warteg dengan harga terjangkau anak sekolahan. Apapun warungnya, sebaiknya tetap mengutamakan rasa, kebersihan, kenyamanan dan keramahan dalam melayani pelanggan.

9. Les privat

Buka les privat di rumah? Bisa kok. Kita bisa memilih mengajar pelajaran sekolah, mengaji, menggambar, dsb. Promo bisa dilakukan ketika bertemu dengan teman-teman yang memiliki anak usia sekolah atau bisa juga melalui di media sosial. Mengajar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan murid atau dengan memberikan modul-modul untuk merangsang kemampuan anak.

10. Kerajinan tangan

Beberapa kerajinan tangan bisa dilakukan di rumah. Contohnya membatik. Bahan-bahan untuk membatik mengambil dari sanggar batik atau pemilik batik kemudian kain dibatik di rumah. Setelah itu bisa disetorkan kepada sanggar batik dan kain akan melalui proses pewarnaan hingga selesai.

Di Kerek, Tuban, para wanita pada umumnya bisa membatik. Pekerjaan ini dilakukan di rumah masing-masing di kala luang. Setelah selesai dijual sendiri atau disetorkan kepada majikannya. 

Berbisnis buat ibu-ibu zaman now sudah semakin biasa dan mudah saja. Banyak diantara teman-teman saya yang memulai usaha di usia yang matang kemudian berkembang pesat sampai saat ini. Mulai dari menawarkan produk ke teman-teman terdekat hingga semakin dikenal secara luas.

Yang pasti jika ingin berkembang harus mau belajar dan memperbaiki produk. Ada pengalaman dari seorang teman saya, tak segan untuk belajar memasak hingga ke luar kota. Maklum saja, di daerah sulit untuk mendapatkan kursus. Atau dengan ikut komunitas sehingga masih terhubung dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama. Bisa menimba ilmu gratis bahkan konsultasi masalah yang dihadapi. 

Nah, sudah terbayang bisnis yang hendak ditekuni? Saatnya melangkah dengan pasti. Tidak ada kata terlambat untuk memulai sebuah usaha bisnis dari rumah. Sekarang adalah waktu yang tepat. Bukan nanti atau besok!

^_^

5 Komentar untuk "10 Peluang Usaha Bisnis yang Menguntungkan dari Rumah"

  1. Selalu ada banyak pilihan untuk beroleh rezeki, ya Mbak. Saya bisanya menulis saja karena kurang terampil jika urusan kerajianan tangan kayak menjahit.
    Ehm, pengen banget bisa ikut kurtsus kecantikan agar bisa buka salon di rumah. Atau kumpulkan uang untuk beli mesin jahit lalu mulai usaha bikin seprai dan hal lainnya.
    Pengen banget bisa bantu suami agar bisa meningkatkan perekonomian keluarga kecil kami.

    BalasHapus
  2. menulis konten atau menjadi content creator di kanal berita juga bisa dapat penghasilan.

    BalasHapus
  3. Pengin deh kak bisa dapetin job content writter, caranya gimana ya ?.
    Mungkin kak Nur bisa ngasi solusinya disini :)

    BalasHapus
  4. wahh sangat menginspirasi bu..
    Saya kasih artikel ini ke pacar saya haha

    Nice info

    BalasHapus
  5. Jadi inget dulu pernah ngejualin barang orang dari online shop. Jualannya di facebook :D

    BalasHapus

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel