Giveaway Antologi Blogging, Ngeblog Seru Ala Ibu-Ibu

by - Senin, April 08, 2019


antologi blogging


Halo!

Menulis sudah menjadi passion saya sejak di bangku kuliah. Namun saya tidak telaten, tidak berjuang secara konsisten dan mudah menyerah. Akhirnya memilih untuk mandeg, menulis lagi, mandeg lagi. Kayak penyakit kambuhan yang sulit diobati!


Sampai akhirnya suami membuatkan blog. Saya waktu itu belum tahu blog itu apa. Suami mengatakan, “Sudah nulis-nulis aja. Nggak usah mikirin media. Disini kan langsung dimuat, wkwkw!”

Dimuat sih dimuat. Lha blog milik sendiri. Tapi siapa juga yang akan membaca. Blog isinya cuma tulisan, tidak penting. Siapa juga yang peduli! Saya saja tidak peduli, tampilan blog, tulisan di blog, ada pembaca atau tidak. Yang penting menulis dan menulis. Beres!

Ngeblog adalah tentang bersenang-senang

Saya merasa menulis di blog itu menyenangkan. Karena saya tidak perlu kaku dengan kaidah bahasa, tidak juga memikirkan teknik menulis. Ya, menulis gaya bebas, sebebasnya. Tapi tetap memikirkan bahwa apa yang saya tulis nanti akan diminta pertanggungjawaban di kemudian hari.

Setelah bergabung dengan komunitas-komunitas ngeblog saya semakin menyadari bahwa ngeblog tidak sekedar asal merangkai kata-kata. Ngeblog adalah sebuah petualangan dan memberdayakan diri. Bisa jadi petualangan yang dilakukan dari satu tempat lain. Atau tentang petualangan dalam mengasuh anak-anak. Banyak petualangan untuk mengasah skill yang saya tulis di blog. Tema-tema tentang kertrampilan, hobi tidak habis digali, ditulis, disebarkan dan dinikmati para pembaca.

Dulu tidak pernah terbayang bahwa ngeblog bisa seperti ini. Alhamdulillah ada saja manfaatnya. Saya bisa mengenal teman-teman dari seluruh penjuru dunia melalui blognya. Bahkan saya sempat kopdar dengan teman-teman dari kota lain. Duh, kangen mereka...

Dari ngeblog pula, saya mengirimkan naskah kepada IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis). Bersama para blogger keren naskah kami dibukukan. Cerita inspirasi ibu-ibu ngeblog memang luar biasa. Disamping pekerjaan domestik yang tiada henti, masih bisa meluangkan waktu untuk berbagi cerita, info, pengalaman dan ilmu lewat tulisan.

Melalui blog pula saya belajar untuk konsisten menulis. Berat! Kalau dipikir berat memang berat. Namun ketika passion mengalahkan semua rasa malas, ragu dan waktu yang sempit, taraa...blogpostpun bisa tayang sesuai dengan jadwal.

Beberapa tips untuk belajar konsisten ngeblog saya tulis di buku antologi blogging. Sampai sekarang saya tidak mau mengatakan bahwa saya memang selalu konsisten. Saya masih berusaha. Selama saya ngeblog, saya ingin terus konsisten menulis 2 kali seminggu. Namun kadang bisa 4 kali juga. Bahkan bisa tiap hari ketika mengikuti challenge blogging.

Untuk konsisten itu butuh niat yang kuat dan ikhlas. Kalau tidak kuat, diterpa badai malas, lelah, bosan dan sibuk saja, saya pasti sudah tidak sanggup. Ikhlas, karena sejatinya menulis dengan ikhlas itu membuat hati lebih plog alias lega alias tanpa beban.

Jadi, ngeblog itu sebaiknya dibuat menyenangkan saja!

Antologi blogging “Ngeblog Seru Ala Ibu-Ibu”

Ada 3 tema utama dalam buku antologi ini yaitu, why blogging, membangun konsistensi, dan penghasilan dari blog. Ketiga tema tersebut sangat menarik. Pasti setiap blogger memiliki alasan kuat untuk membangun blog mulai dari nol, kemudian konsisten untuk menulis blog dan menikmati hasil dari ngeblog. Asal dilakukan dengan tekun, ngeblog pasti asyik dan membawa berkah. Aamiin.

Nah, untuk mendapatkan 2 buku antologi ini syaratnya gampang:


  1. Peserta boleh blogger atau non blogger, laki-laki dan perempuan. Domisili di Indonesia. 
  2. Tulislah pendapat teman-teman tentang aktivitas ngeblog di kolom komentar.
  3. Tulis jawaban bersama akun media sosialnya agar saya mudah menghubungi. Misalnya, Ngeblog adalah memberikan informasi tentang wisata kuliner di Tuban
Nur Rochma
Instagram: @nurrochmaningrum
Twitter: @NRochmaningrum

Pengumuman pemenang satu minggu lagi ya, tanggal 15 April 2019. Pemenang akan saya undi dan satu lagi saya pilih berdasarkan jawaban yang ditulis.

Sampai bertemu dengan giveaway lainnya! Terima kasih.

Good luck!

^_^

You May Also Like

25 Comments

  1. Mau ikutan ya mba,

    Bagi saya, ngeblog itu merupakan salah satu hobi yang tidak hanya memberikan kepuasan tapi ada rasa addict didalamnya. Meski baru menekuni 4 tahun tapi akan ada selalu rindu untuk bisa update tulisan. Terlebih lagi hobi ngeblog ini juga memberikan banyak manfaat tak hanya sekedar rupiah tapi juga relationship.

    Medsos : IG&Twitter >> @hervayulyanti

    BalasHapus
  2. Ikutan ah.
    Ngeblog bagi saya awalnya sekedar memindahkan catatan kuliah. Ternyata disambut positif teman2 saya yang butuh referensi atas topik tertentu. Sehingga awal-awal ngeblog, tulisan saya kayak skripsi aja.

    Kemudian setelah cek memori hp banyak foto2 pada tempat2 tertentu. Jadilah saya membuat blog yang nichenya perjalanan saya pada suatu tempat baik bersama keluarga atau karna tugas dinas.

    Gitu mba hehehe

    Twitter @the_bday

    BalasHapus
  3. Ikutan kak😅

    Buat aku, ngeblog itu sebuah sarana untuk mencurahkan isi hati dan pikiran. Tanpa ada penghalang, dan gak perlu takut alasan ditolak oleh media masa. Setidaknya, dengan ngeblog kita bisa belajar untuk mengolah kata supaya bisa menjadi susunan kalimat yang bermakna.
    Supaya tulisan kita bisa bermanfaat untuk orang-orang yang membacanya.
    Nyatanya, rasa nyaman saat ngeblog itu selalu ada. Apalagi, banyak banget peluang untuk mendapatkan pengetahuan dan persaudaraan dengan saling mengunjungi dan saling sapa.
    Jadi, gak hanya sekedar nulis ecek-ecek saja, tapi juga menulis sembari menambah ilmu dan sudara.
    Selain ide dan sesuatu yang kita pikirkan bisa tersalurkan melalui tulisan, kita juga sama halnya dengan mengabadikan momen dan juga kesempatan pada sebuah tulisan yang kita terbitkan. Meski tidak melalui penerbit terkenal, karena kita memang ngeblog.
    Ngeblog pokoknya sangat seru dan sayang jika harus diabaikan. Banyak teman-teman yang mendukung dan saling menyemangati ditemukan dengan ngeblog bareng dan saling berkunjung. Dan, hal itu sudah lebih dari cukup sebagai imbalan kita menuliskan ide dan menuangkan kekreatifan.
    So, sesibuk apapun hari-hari kita, selalu sempatkan waktu untuk saling sapa dan menuliskan hal-hal yang bisa berguna. Entah sekedar untuk menghibur, dipelajari, atau mengajak dan lainnya.
    Ngeblog itu pekerjaan mulia dan sangat berharga, yang gak bisa dinilai dan ditukar dengan harta dan tahta😉sesama bloger, semua jenis jabatan gak penting. Karena kita sama-sama penulis yang sedang belajar dan berbagi...

    Fb: https://free.facebook.com/NajmaLaila.Q.fh?refid=7

    Nama (Tabin)

    BalasHapus
  4. Hai mba, Assalamualaikum. Salam kenal. Mau ikutan ya. Bagi saya ngeblog itu sarana berhepi-hepi ria. Kita bisa menulis suka-suka, menyalurkan energi kita, berbagi manfaat dengan orang lain. Dan lebih bahagia lagi jika tulisan kita bisa menginspirasi banyak orang, dapatlah tabungan amal jariah. :)

    Fb: Lilih Muflihah
    Ig: ummi_lilihmuflihah
    Tw: UmmiLilih

    BalasHapus
  5. menurut saya sih, orang bikin blog ada 3 jenis.. yg pertama, ngeblog karena berburu dollar lewat adsense, yang biasanya ngga terlalu mentingin kualitas tulisan. yg kedua, ngeblog karena passion nulis dan berbagi. dan yang ketiga, orang yang menggabungkan kesukaan menulis sekaligus ajang berburu dollar.. nah, saya termasuk tipe yang kedua.. ngeblog murni karena ingin berbagi dan lama kelamaan jadi suka menulis. Rasanya seneng aja gitu kalau tulisan blog kita bisa bermanfaat buat orang lain. Lewat blog juga, saya bisa kenal dengan banyak orang se-passion. Silaturahmi di dunia maya pun bisa berlanjut ke dunia nyata. Kopdar dengan temen-temen blogger satu daerah, menyambut temen blogger yang datang ke daerah kita, nemuin temen blogger pas kita datang ke daerahnya, atau mungkin merencanakan trip bareng temen blogger. kalau beruntung dan lebih serius lagi, berbagai sponsor dan tawaran kerja sama akan datang menghampiri.

    instagram dan twitter : @barrabaa_

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  6. Ngeblog itu seru, memberikan wawasan juga ketika kita bertemu tema niche blog yg berlawanan dengan kita, menjadi tantangan. Awalnya ngeblog sekedar hiburan sekarang menjadi fluencer kota wisata agar mereka mengerti ulasan wisata. Dengan blog kita juga menambah temen, pokoknya seru deh...

    IG : @andhika.na Twitter : @andhikana_

    BalasHapus
  7. Ikutan giveawaynya ya, mbk.

    Kalau aku, ngeblog adalah aktivitas berbagi. Mulai dari berbagi pengalaman, ide, informasi, hingga berbagi soal apa yang tengah dirasa alias curhat *hahay.
    Lalu, siapa sangka, aktivitas berbagi ini bisa menghasilkan pundi pundi yang bahkan bisa aku pakai untuk membantu biaya kuliahku. Alhamdulillah.
    Di samping itu, ada begitu banyak hal yang bisa didapatkan dari ngeblog. Mulai dari dapet ilmu, hingga dapet temen baru.
    Mungkin ini yang namanya, berkah dari berbagi, berkah dari ngeblog positif.

    Btw selamat ya mbk Nur. Kece bener dah ah. Do'akan aku bisa mengikuti jejakmu yak. Aamiin. Matur nuwuuuunnn.

    Ig: @indachakim & twitter: @indachakim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba. Good luck ya.

      Btw, semoga bisa lahiran buku ya mba Inda.

      Hapus
  8. Bagi saya nge blog itu sharing pengalaman sendiri sekaligus menjaga saya tetap waras hahaha iya lho karena kerjaan ibu rumah tangga yang itu2 aja bisa buat bosan dan nggak jarang meledak terus jadi aneh sendiri hihihi....

    Fb : Dita Arina Astrianda

    BalasHapus
  9. Saya ikutan ya Mba.

    Ngeblog buat saya bukan hanya untuk menyampaikan hal hal apa saja yang saya pikirkan, pengalaman yang saya dapat, tapi juga sarana bagi saya untuk belajar lebih jauh.

    Senang rasanya jika ada pembaca yang malah memberi informasi tambahan di kolom komentar blog saya setelah membaca apa yang saya tulis di sana.

    Kalau soal penghasilan dari blog, nggak saya pungkiri kalau senang juga bisa dapat tambahan dari segala usaha dan perjuangan untuk konsisten yang saya lakukan ini.

    Instagram : @akarui.cha

    BalasHapus
  10. Mbak, saya ikutan ya....

    Kenapa saya ngeblog? Karena saya suka jalan-jalan dan menulis, itu saja. Saya senang menuliskan cerita perjalanan, tentang tempat yang saya kunjungi, tentang apa dan siapa yang saya temui, tentang bagaimana mencapai tempat tersebut, dan tentang apa-apa yang berkesan dalam perjalanan saya. Menulis di blog tidak hanya untuk mengabadikan cerita perjalanan tapi juga untuk berbagi informasi pada mereka yang mungkin akan mengunjungi tempat yang pernah saya kunjungi. Begitupun sebaliknya, saya sering membaca cerita perjalanan para blogger salah satunya blog Mbak Nurrochma.

    Tapi saya belum bisa konsisten menulis, masih banyak cerita perjalanan perjalanan yang belum saya tuliskan. Seringnya menunda-nunda apalagi kalau mandeg, eh tau-tau udah lewat beberapa bulan, hiks.

    Saya penasaran dengan Antologi blogging “Ngeblog Seru Ala Ibu-Ibu” salah satunya karena ada tulisan Mbak Nurrochma tentang tips agar bisa konsisten menulis. Lagi butuh banget bacaan kayak gini supaya nulisnya lebih istiqomah.

    Titim Nuraini
    Instagram : @titim_nuraini
    Twitter : @titim_nuraini

    BalasHapus
  11. Nama: A'imatul Latifah
    Twitter: @Aim_La27
    Instagram: @Aim_La27

    Izin ikutan ya, Bu.
    Aktivitas ngeblog menurutku bukan hanya sekedar menulis saja. Lebih dari itu, ngeblog bisa menjadi alternatif menyalurkan apa yang aku pikirkan, dan salah satu cara untuk bisa membagi apa yang aku ketahui kepada orang lain.
    Selain itu, ngeblog juga sangat membantu mengembangkan kemampuan menulis. Mengingat pada dasarnya, proses belajar yang membuat penulis bisa berkembangan yaitu dengan "Terus menulis". Nah dengan ngeblog, proses belajar tersebut bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan.

    BalasHapus
  12. Wah keren ini, Mba. Pada sharing tentang kegiatan blogging-nya. Saya kagum lho dengan buibuk yang segambreng kegiatannya di rumah, apalagi ditambah mereka yang kerja di luar rumah juga, tapi masih sempat untuk berbagi di blognya ya.

    BalasHapus
  13. Ngeblog itu buatku, pada awalnya, tempat menumpahkan racauan di kepala. Dan ini terbukti dengan banyaknya puisi atau tulisan singkat yang dulu saya kumpulkan. Tapi, semenjak ingin belajar jadi blogger profesional. Daku jadi penasaran dan baru tahu kalau tidak semua hal bisa dituliskan di blog. Dari situ daku mulai bebenah tulisan dan menyortir mana yang baik dan mana yang harus disembunyikan. Kalau sekarang, blog jadi kebutuhan. Butuh tempat untuk mencatat biar suatu hari nanti saat lupa tinggal ubek-ubek blog.

    Ipeh Alena
    Twitter : @ipehalena
    Instagram : @ipeh.alena

    BalasHapus

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Info: F untuk komen dengan akun facebook dan B untuk komen dengan akun blogger. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!