Belajar Puasa dari Buku Anak Rajin Puasa

by - Selasa, Mei 07, 2019

 
anak rajin puasa


Apa kabar bulan Ramadan? Masih semangat menjalankan ibadah di builan suci ini? Masih menikmati lapar dan dahaga di siang hari? Atau sudah sibuk memikirkan baju lebaran?

Buat anak-anak, puasa itu berat. Duh, beraat sekali, sampai telinga saya seperti diteror satu kata keramat, “lapar”. Dari pagi kata itu sudah terdengar nyaring di telinga saya.

Tapi sabar ya, Nak. Bulan puasa memang banyak godaannya. Sebesar diskon di toko-toko online dan distro baju muslim. Ya Allah, masih juga memikirkan baju lebaran!

Ajarkan puasa kepada anak-anak

Anak-anak puasa? Capek, kasihan! Ah, jangan dulu!

Tidak dong. Mengajarkan puasa pada anak memiliki manfaat agar terbiasa. Agar ketika waktunya tiba, si anak sudah terbiasa, sudah siap melaksanakan dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab.

Tidak ada aturan baku sejak usia berapa anak harus belajar puasa. Ada anak yang sudah biasa puasa sejak duduk di bangku TK. Namun ada juga yang sudah duduk di bangku SD (kelas 1 dan 2) namun masih berat untuk belajar berpuasa.

Review Buku: Anak Rajin Puasa

Judul: Anak Rajin Puasa
Penulis: Hamidah Jauhary
Penerbit: Kanak
Tahun: 2019
Jumlah halaman: 168

anak rajin puasa


Buku ini terdiri dari 26 bab (judul). Jangan khawatir dengan jumlahnya yang lumayan banyak karena ada ilustrasi yang menarik di hampir tiap halaman. Di beberapa kalimat penting ditulis dengan warna berbeda dan huruf yang lebih besar. Tulisan dari Al Qur’an, hadits dan doa ada di kotak warna ungu, hijau dan kuning. Warna-warna yang kalem ini membuat nyaman membaca.

Buku Panduan Puasa di bulan Ramadan

Buku Anak Rajin Puasa ini lengkap, ada kumpulan cerita dan ilmu tentang puasa. Kalau cerita saja, rasanya ada yang kurang. Memang anak bisa belajar dari hikmah cerita. Tapi kalau ada ilmunya, anak makin mudah mempelajari tentang kewajiban puasa.

Buku ini berisi tentang kisah orang-orang yang berpuasa, pelajaran dari puasa, hukum, rukun puasa, syarat sah puasa, dsb. Orang tua bisa mengenalkan tentang ibadah di bulan Ramadan kepada anak-anak. Mulai dari mengenalkan puasa itu seperti apa dan bagaimana cara menjalankannya.

anak rajin puasa


Tidak ada yang perlu dirisaukan lagi ketika orang tua kehabisan ide atau cara untuk sosialisasi tentang puasa. Ada banyak tema menarik yang diangkat dalam buku ini. Kita bisa mengajarkan anak melalui gambar dan cerita yang menarik.

Ketika anak bertanya mengapa kita harus berpuasa sebulan penuh, pasti ada rahasia yang hendak Allah sampaikan. Di halaman 28, Dr Yusuf Al-Qaradhawi mengatakan bahwa puasa memiliki beberapa rahasia, yaitu:

  1. Puasa mampu menguatkan jiwa.
  2. Puasa mampu mendidik keinginan agar bisa menahan hawa nafsu.
  3. Puasa mampu menyehatkan badan.
  4. Puasa mengenalkan kita kepada kenikmatan.
  5. Puasa membuka hati kita untuk bisa berempati terhadap penderitaan orang lain.

Dari poin-poin diatas dilengkapi dengan ilustrasi menarik. Jadi anak tidak saja membaca namun juga mengamati gambar-gambar yang ada di samping atau di tengah. Beberapa ilustrasi dilengkapi dengan percakapan singkat.

Pernah suatu hari anak saya mengeluhkan ada orang yang tidak puasa. Terutama ketika saya sedang berhalangan. Ya memang tidak boleh berpuasa. begitu saja jawaban kita. Pasti si anak protes. Butuh penjelasan lebih lanjut.

Nah, jawaban tersebut bisa ditemukan secara sederhana namun lengkap di bab 15 Golongan Orang Dalam Puasa Ramadan. Ada orang yang sudah balig artinya wajib menjalankan ibadah puasa. Ada pula anak kecil yang tidak wajib berpuasa, namun alangkah baiknya untuk belajar berpuasa. Juga ada golongan yang haram untuk berpuasa yaitu wanita yang sedang haid.

anak rajin puasa


Selain membahas puasa di bulan Ramadan, buku ini juga menyinggung puasa sunah, puasa makruh dan puasa haram. Puasa seperti ini baik sebagai pengetahuan. Jadi kalau ada himbauan untuk puasa, anak jadi tahu. Oh..ini loh ada puasa Syawal yaitu puasa selama 6 hari di bulan Syawal yang dilakukan secara berurutan atau acak.

Secara keseluruhan, buku ini layak menjadi bacaan anak maupun orang tua. Bisa dibaca di sela-sela waktu menunggu berbuka puasa yang masih lama, atau untuk mengisi waktu liburan sekolah. Hanya saja, ada satu hal yang agak mengganggu saya. Dalam bab kisah orang yang tidak bisa mengendalikan hawa nafsu, saya jumpai kisah orang dewasa. Meskipun kisah ini aman untuk dibaca semua umur, namun saya masih kesulitan menjelaskan kepada anak kecil.

Well, bagi orang tua yang bingung menyampaikan kepada anak tentang puasa Ramadan, buku ini sangat tepat menjadi pegangan.

^_^




You May Also Like

4 Comments

  1. Wahhh bukunya penuh dengan animasi yang beragam yaa, jadi bagi anak anak yang baca terhibut dan tidak mudah bosan whehehe

    BalasHapus
  2. wah bagus buat anak2 ya biar mengerti,

    BalasHapus
  3. bagus sekali mbak konten bukunya selaim memberikan inspirari dan semangat anak untuk berpuasa juga dilengkapi amalan doa selama 30 hari dalam puasa.

    BalasHapus
  4. Bukunya membantu banget sebagai media yang asik untuk anak-anak belajar mengenal puasa ya, mba

    BalasHapus

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Info: F untuk komen dengan akun facebook dan B untuk komen dengan akun blogger. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!