5 Minuman Berbuka Puasa yang Segar, Mudah dan Murah. Kamu Suka yang Mana?

by - 16.50.00

es blewah


Berbukalah dengan yang manis. Eits kalau minuman segar, saya tidak menolak kok. Justru rasanya lega setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Rasanya segar, pengen lagi dan lagi...


Baca juga Menu Buka Puasa dengan Aneka Tumis Sayuran...

Masalah pengen minum terus-menerus ini tidak hanya menimpa saya, anak-anak juga demikian. Bahkan merekalah yang paling sering menghabiskan minuman. Padahal kadang ada yang belum kebagian. Atau baru nyicip.

Bagaimanapun, minuman segar tetap menjadi favorit di keluarga kami. Saya pilih minuman dengan bahan-bahan yang mudah dan murah saja. Biaya hidup sudah mahal, jangan dihabiskan untuk membuat minuman saja. Eaa...
Berikut ini minuman pelepas dahaga yang cocok untuk berbuka puasa:

1. Es blewah

Di bulan puasa seringkali saya jumpai banyak blewah di pasar. Bahkan bakul sayur langganan juga biasa membawanya. Harganya cukup bersahabat. Pastikan membeli blewah yang sudah matang ya. Karena yang rasanya manis. Tapi ingat jangan sampai yang terlalu matang. Karena teksturnya cukup lembek sehingga sulit dikerok. Rasanya juga semakin manis yang menurut saya jadi eneg.

Cara membuat es blewah cukup mudah. Kita hanya perlu mmebuat sirup gula yaitu sirup yang terbuat dari air yang dimasak bersama gula pasir. Bisa ditambahkan satu ikat daun pandan agar aroma sirup gula makin sedap. Setelah matang dan dingin, masukkan blewah yang sudah dikerok.

2. Es lemon tea

es lemon tea



Lemon tea ini favorit banget di keluarga saya. Hampir tiap hari saya bikin lemon tea. Kalaupun saya malas bikin, anak saya bikin sendiri. Selama bisa membuat teh, mudah saja membuat lemon tea. Tinggal dimasukkan saja irisan lemon ke dalam teh. Lemonnya diperas dulu agar lebih terasa.

3. Es cincau hitam

Di daerah saya adanya cincau hitam. Tidak familiar dengan cincau hijau. Tapi kalau sudah jadi minuman banyak yang yang jual.

es cincau


Cincau hitam biasa dijumpai di pasar-pasar tradisional maupun di bakul sayur keliling. Harganya sangat murah. Satu bungkus kecil bisa dibeli dengan harga Rp 1.500. Tapi kalau mau membeli dalam jumlah banyak sebaiknya membeli langsung di penjual yang khusus berjualan cincau. Membeli di sini bisa sesuai dengan kebutuhan kita.

Cara membuat es cincau cukup mudah. sebelumnya kita harus membuat sirup gula jawa dengan merebus air, gula jawa dan daun pandan. Setelah dingin, kita bisa mencampurkan cincau hitam ke dalam sirup gula jawa.

4. Es timun selasih

es timun selasih


Sirup bisa dibuat sendiri atau dengan menggunakan sirup-sirup yang dijual di pasaran. Contohnya sirup marjan. Kali ini saya pakai sirup marjan rasa melon dengan tambahan air. Kemudian kita kerok timun dan masukkan ke dalam sirup. Tambahkan selasih. Mudah sekali bukan.

5. Es buah

Makan buah saat berbuka puasa? Siapa takut! Mengkonsumsi buah sangat baik untuk memperlancar pencernaan. Tentu saja harus diimbangi dengan makanan lain yang bergizi.

Biasanya di bakul sayur langganan saya menjual buah seperti nanas dan pepaya. Dua buah ini saja sudah bisa dimanfaatkan untuk es buah. Saya pakai sirup gula bikinan sendiri. Kemudian, buah-buahan yang ada tinggal dimasukkan ke dalam wadahnya. Masukkan ke dalam kulkas, tunggu dingin. Siap dinikmati sebagai hidangan berbuka.

es buah


Untuk es buah seperti ini, nanas itu wajib bagi saya. Karena aroma nanas itu sangat kuat sehingga air sirupnya berubah menjadi aroma nanas. Kalau tidak ada nanas saya merasa terlalu flat ya sirup buahnya. Anyway, buah yang saya pakai bisa ganti-ganti, tapi nanas tetap ada. Penggemar nanas garis keras!

Kalau ada puding, bisa sekalian saja dicampurkan ke dalam es buah. Atau bisa juga menambahkan jeli instant. Es buah kita jadi lebih berwana dan menyenangkan.

Sudah siap menghidangkan minuman untuk berbuka? Kalau teman-teman suka minuman apa? Cerita dong, di kolom komentar! Atau ingin mencoba salah satu minuman segar tersebut!

^_^

You May Also Like

10 komentar

  1. Biasanya sih dirumah ibu bikinnya sirup marjan yang merah di campur dengan timun suri, tapi ngga tau deh kalau hari ini ibu saya bikinnya apa hehehe. Tapi kayanya saya hanya bisa minum teh hangat doang, lagi flu sama batuk-batuk soalnya -_-. Kalau saya sih soal es begitu sangat tertarik dengan es apapun itu yang ada selasih di dalamnya :D.

    BalasHapus
  2. Agghhhhh ngiler gini batal gak yaaa, tahan tahan tahann, bentar lagi bukaaa :(

    BalasHapus
  3. Maknyus segernya.. Boleh dicoba nih untuk hidangan buka puasa

    BalasHapus
  4. Esnya praktis dan ekonomis serta mudah dibuat dan disukai karena kesegarannya ketika berbuka puasa

    BalasHapus
  5. Khas Ramadhan memang es es ini. Apalagi Es Blewah. Kalau Es Buah sepanjang tahun banyak juga yang jual. Tapi memang lebih enak dan banyak porsinya kalo bikin sendiri ya Mba. Hemat pula.

    BalasHapus
  6. Es timun selasih yang menurutku paling segeeeer ...

    Terasa maknyeeees saat disantap ::

    BalasHapus
  7. kalau di rumah biasa tinggal beli mbak, haha, kadang kadang cendol atau kolding, semuanya sih enak dan seger, tp kalau lg males beli, bikin sendiri seperti es teh manis atau es kuku bima + kental manis, haha

    BalasHapus
  8. Favorit saya 1,2 dan 5 mba. Entah kenapa saya kurang suka cincau hehehe

    BalasHapus
  9. paling suka es buah mba kalau ada sih es cendol duh endess banget hahahah :p

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum, bunda. Favorit ku itu Es Buah. Segerrrr😋😋

    BalasHapus

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Info: F untuk komen dengan akun facebook dan B untuk komen dengan akun blogger. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!