Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting Untuk Bisnis


cloud hosting untuk bisnis


Dalam membangun suatu bisnis, jika dilakukan dengan penuh konsisten pasti website yang kita miliki akan berkembang  pesat. Sehingga mendatangkan banyak pengunjung, memiliki engagement tinggi serta angka konversi dan transaksi yang tinggi. Pada titik inilah, kita harus melakukan upgrade pada layanan web hosting kita untuk memastikan website bisa tetap diakses dengan cepat. Selain shared hosting yang harganya cukup terjangkau, ada opsi lain yaitu VPS dan cloud hosting


Nah, di artikel ini kami akan lebih fokus pada pembahasan tentang cloud hosting karena layanan hosting jenis ini memiliki banyak keuntungan untuk bisnis, lebih mudah dan tidak terlalu ribet dengan teknis dibandingkan dengan VPS. Selanjutnya kami akan fokus membahas beberapa keuntungan menggunakan cloud hosting untuk bisnis. Namun sebelumnya, mari kita pelajari lebih dahulu definisi hosting dan cloud hosting secara sederhana dan jelas.

Apa itu Hosting?


Web Hosting atau sewa hosting, seringkali lebih akrab disebut dengan hosting adalah sebuah tempat yang disewa untuk menampung berbagai jenis data yang diperlukan untuk sebuah website dan agar bisa diakses lewat internet. Data disini bisa berbagai macam mulai dari file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database. Pengertian hosting ini bisa diibaratkan dengan ilustrasi sebagai berikut; yaitu sebuah website diibaratkan sama dengan kios atau ruangan di Mall. Manajemen Mall menyewakan ruangan, infrastruktur, listrik, telepon dan fasilitas lainnya agar orang dapat membuka usaha. Setiap kios pengelolanya bisa berbeda, desain dekorasi yang berbeda dan beroperasi masing-masing dengan caranya sendiri. Dalam hal ini kios maupun ruangan yang disewa tentu mempunyai batasannya (misalnya, 9m x 5m) dan maksimum adalah sebesar gedung Mall tersebut.


cloud hosting untuk bisnis


Kini semakin banyak jenis layanan hosting terbaik yang dapat kita gunakan untuk menyimpan data website. Kita bisa mendapatkan harga murah di Idwebhost. Sebelum memutuskan menggunakan layanannya, sebaiknya kita memahami website seperti apa yang dibutuhkan. Mulai dari kebutuhan bisnis, dana dan fitur yang disediakan oleh layanan hosting. Salah satu hosting yang populer  saat ini adalah shared hosting yang mudah ditemukan di hampir semua layanan hosting. Shared hosting dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam satu server. Harga paket shared hosting seperti ini cukup murah. Namun karena digunakan oleh banyak pengguna maka terdapat batasan resource mencakup besarnya jumlah penyimpanan, bandwidth yang disediakan dan lainnya.

Untuk cloud hosting yang akan kita bahas selanjutnya merupakan versi lebih lengkap dari shared hosting. Cloud hosting menggunakan beberapa server sekaligus yang akan menyeimbangkan load website dan mampu memaksimalkan uptime server. Cara kerjanya yang bagus inilah membuat cloud hosting mampu menjaga website kita tetap online dan tidak akan down.

Berikut ini keuntungan cloud hosting untuk membangun dan memajukan bisnis.

Keuntungan cloud hosting untuk bisnis

1. Status website akan selalu online dan mudah diakses

Cloud hosting memiliki kemampuan yang hampir sama dengan VPS karena bisa menggunakan beberapa server sekaligus untuk menampilkan website. Sehingga website tidak mudah down meskipun diakses oleh banyak pengguna.

cloud hosting untuk bisnis


Dengan sistem yang sama, web hosting dalam bentuk cloud pada umumnya juga lebih cepat dibandingkan dengan layanan lainnya. Hal ini terjadi karena data hanya akan ditransfer dari server yang paling responsif. Jika ada satu atau beberapa gangguan yang berasal dari salah satu jaringan server, maka saat itu juga data akan ditransfer via server lainnya. Sebagai contoh atau analogi, cloud hosting ini memiliki cara kerja yang mirip seperti mobil pribadi di jalan tol. Kita bisa dengan bebas menuju jalan manapun dengan lengang dan lewat jalur apa pun. Sedangkan shared hosting diumpamakan sebagai mobil atau kendaraan umum. Kita harus menunggu kendaraan diisi oleh penumpang sampai penuh alias ngetem. Seperti kebiasaan kendaraan umum, pasti akan sering berhenti untuk menurunkan penumpang di tengah jalan.  Apalagi jika ada risiko kendaraan tersebut mogok jalan. Perjalanan kita bakal memakan waktu lebih lama lagi. Jadi singkatnya, layanan cloud hosting bisa dikatakan sebagai layanan yang eksklusif.

2. Kelola website dengan lebih mudah

Keuntungan cloud hosting yang kedua untuk bisnis adalah karena mudah dikelola. Ada berbagai opsi pengaturan serta pengelolaan website yang mirip dengan yang ditawarkan layanan shared hosting. Pemilik website yang mau upgrade ke cloud hosting tidak perlu khawatir lagi untuk mengelola websitenya. Selain itu, layanan cloud hosting juga tetap memiliki cPnael atau kontrol panel yang bisa mengatur segala hal teknis pada website kita. Ada lagi fitur wordpress management yang bisa digunakan untuk konfigurasi auto update serta melakukan preview web sebelum diposting. Menyenangkan bukan? Eits, masih ada tambahan lagi nih. Layanan cloud juga cocok dengan web packages dan laravel. Dengan dua software ini, kita bisa mengembangkan aplikasi berbasis web dengan PHP.

3. Sangat aman dari malware dan hacker

Suka khawatir dengan marlaware dan hacker? Tenang, ya! Cloud hosting sudah tidak perlu diragukan keamanannya lagi. Layanan hosting ini siap mengatasi berbagai celah keamanan yang ada di website. Layanan cloud dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang bisa menghalau malware dan hacker. Saat ini ada lima fitur keamanan yang langsung tersedia di dalam cloud hosting Idwebhost. Pertama CloudLinux OS. Dengan fitur ini bisa menjaga website kita dari kebocoran data pribadi. Selain itu, CloudLinux OS juga melakukan update PHP dengan teratur untuk menjaga web dari celah keamanan yang tidak diinginkan.

cloud hosting untuk bisnis


Lalu, ada proteksi malware dan DDoS (Distributed Denial of Service). Proteksi malware ini diberikan dengan melakukan scan secara berkala supaya bisa memastikan tidak ada malware lagi pada website. Sedangkan untuk perlindungan DDoS, bertujuan menjaga website dari serangan hacker.

4. Memiliki Layanan Bantuan

Keuntungan lain dari cloud hosting yaitu memiliki layanan bantuan. Bagi kita yang melakukan upgrade ke cloud hosting, tidak perlu lagi mengkhawatirkan konfigurasi web. Karena biasanya pihak support akan membantu kita untuk melakukan migrasi website. Jadi tidak perlu memulai semuanya dari awal. Selain dapat membantu masalah migrasi website, kita juga akan mendapat bantuan dari customer service selama 24/7. Setiap hari, loh! Jadi semakin mudah bukan? Segala masalah yang berhubungan dengan web hosting dan website yang kita miliki bisa diselesaikan dengan cepat dan tidak ribet.

^_^

Belum ada Komentar untuk "Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting Untuk Bisnis"

Posting Komentar

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel