Oleh-Oleh Ngawi: Keripik Tempe Ika

by - Jumat, Agustus 23, 2019


 kios keripik tempe ika

Assalamualaikum,

Keripik tempe merupakan makanan berbahan dasar tempe yang diolah dengan rempah-rempah dan tepung sehingga terasa gurih dan sedap. Tempe yang digunakan merupakan tempe kualitas bagus sehingga mudah dipotong dan tidak hancur ketika digoreng. Hasilnya keripik tempe tetap renyah dalam kurun waktu tertentu.




Ketika saya melewati Ngawi, banyak kios yang menjual keripik tempe. Mulai dari perbatasan Ngawi dengan Bojonegoro hingga di kotanya mudah untuk menemukan kios oleh-oleh Ngawi ini. Biasanya tiap kios memiliki nama (merk) keripik tempe masing-masing. Ada yang memang buatan sendiri ada juga yang merupakan titipan orang.

Yang istimewa adalah besek yang dipakai sebagai wadah keripik tempe. Saya mengenal besek sejak kecil. Orang-orang di daerah saya biasa menggunakan besek sebagai wadah makanan misalnya ketika syukuran (nasi berkat). Zaman berubah, besek tergantikan dengan macam-macam wadah dari kertas, plastik, mika, dsb. Namun di Ngawi masih mempertahankan besek yang terbuat dari anyaman bambu sebagai wadah keripik tempe.

keripik tempe ika


Keripik tempe Ika

Saya berhenti di sebuah kios oleh-oleh Ngawi. Kiosnya kecil, selain menjual oleh-oleh juga menjual berbagai macam barang kebutuhan rumah tangga lainnya. Jadi kios tampak ramai barang dagangan. Tapi oleh-oleh Ngawi dipasang di depan kios. Tumpukan besek di kiri dan kanan kios. Ada juga yang besek yang digantung.

Dari jalan, saya langsung terpikat dengan tumpukan besek tersebut. Si ibu penjual mempersilakan saya untuk melihat kemasan keripik tempe. Satu kemasan berisi 10 buah keripik. Dalam satu besek terdapat 10 kemasan keripik tempe. Kelihatannya banyak, ya.

Berhubung baru pertama kalinya mampir disini, saya tidak paham seperti apa isi kemasan di dalam besek. Si ibu dengan suka rela membuka satu besek yang sudah diikat tali rapia. Kemudian mengambil satu kemasan keripik tempe sebagai tester. Saya dipersilakan mengambil beberapa buah untuk dicicipi. Saya bagi juga dengan suami.

Keripik tempe merk Ika ini tipis. Saya kadang terpana dengan bentuknya ini. Kok bisa, mengiris setipis ini dan tidak patah. Serat-serat tempe terlihat jelas. Keripik tempe berwarna kecoklatan ini rasanya enak dan gurih.


keripik tempe Ika


Meski kemasannya jadul dan sederhana, keripik tempe Ika tetap mencantumkan tanggal kadaluarsa. Besek yang dipakai ini sebenarnya cukup kokoh untuk menjaga keripik tempe. Bagaimana keripik-keripik ini dibawa bepergian jauh dan aman sampai di tempat tujuan. Tanpa beradu yang mengakibatkan kehancuran. Terbayang jika bentuk keripik tempe tetap utuh, pasti menarik dan pengen segera menghabiskannya.

Namun jika kita tidak menyukai besek, bisa pilih keripik tempe Ika yang dikemas dalam tas kertas. Wadah dibuat dua macam untuk memberikan pilihan buat pembeli.

Keripik tempe Ika ini bukan buatan si ibu penjual, melainkan buatan kakaknya. Si ibu berani menjamin bahwa barang selalu baru (tidak sampai ada yang kadaluarsa). Karena tahu sendiri proses pembuatannya.

keripik tempe ika


Untuk keripik tempe Ika, satu besek isi 10 bungkus seharga Rp 28.000. Cukup terjangkau, bukan? Sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah, saya rasa sudah pantas membawa keripik tempe ini.

Oh ya, selain merk Ika ada merk-merk lainnya seperti Indra dan Rico. Indra ini dengan kemasan kertas dan mudah ditenteng karena ada pegangannya. Karena yang ini tidak ada tester, saya tidak bisa menceritakan seperti apa rasanya. Sedangkan merk Rico ini sudah mengantongi sertifikat halal MUI. Satu pack seharga Rp 10.000 an (maafkan saya lupa harga pastinya). Isinya tidak banyak. Tapi menggunakan kemasan kekinian. Seperti makanan kemasan zaman now, ilustrasi Rico memang menarik. Saya yang tak dapat tester karena tidak mungkin si ibu membuka kemasannya. Ya sudah, saya beli juga.

Keripik tempe Rico berbeda dengan dua merk lainnya. Keripik tempe ini menggunakan tempe mbus (tempe gembus) yang merupakan hasil fermentasi tahu. Tidak ada tekstur kedelai yang bulat-bulat dalam irisannya, namun lebih menyatu dan lembut. Warnanya lebih pucat. Rasa keripik tempe Rico sama enaknya. Kalau keripik tempe Ika, rasa tempenya kuat. Sedangkan Rico lebih kepada percampuran dengan semua bahan. Menurut saya lebih renyah keripik tempe Rico. Namun dari segi harga tentu lebih mahal Rico.

keripik tempe rico


Tiba di rumah, keripik tempe Rico langsung tandas. Ya, iyalah, dalam sekali duduk saja, anak saya bisa menghabiskan satu kemasan. Makan keripik tempe ini tidak terasa habis banyak karena tidak bikin kenyang. Jadi ketika ngemil itu rasanya tidak mau berhenti saja.

Nah, teman-teman yang sedang di Ngawi, coba deh mampir di kios oleh-oleh ini. Mintalah tester kepada penjualnya buat meyakinkan bahwa oleh-oleh Ngawi memang enak. 

Alamat:
Jl. Cepu KM 03 no. 66 Ngawi, Jawa Timur

Happy shopping!

^_^


You May Also Like

8 Comments

  1. mantap mbak, bagi dong oleh-oleh keripik tempenya pasti renyah bareng minum teh ditemani bacaan blog emak milineal yang satu ini. hehe

    BalasHapus
  2. beneeeeer, kalo beli keripik tempe itu, nth napa suka ga berasa tau2 abis banyak :p. padahal sebenernya aku ga begitu doyan tempe yg biasa mba. tp dijadiin keripik gini suka :D. apalagi yg tipis... akupun heran gmn cara motongnya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama deh. Begitu ditaruh, gak sampai lama udah habis keripik tempenya.

      Hapus
  3. Aku seneng banget kalo dapet oleh-oleh kripik tempe.Termasuk camilan yang bikin lupa diri. Apalagi kalau yang ada versi rasa-rasa itu. Seneng banget kalau dapet yang rasa barbeque. Ini yang bikin kepo, gimana itu ya bisa presisi motongnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya gimana tuh bisa motong rapi dan tipis begitu.

      Hapus
  4. Wahhh iya dari keliatannya aja enak tuh yang rico. Setuju saja, keripik tempe saking enaknya kadang kalo dibawa nonton tv atau ngobrol itu tangan nyosor aja ga ada berhentinya, tau tau abis aja hehehe.

    BalasHapus

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Info: F untuk komen dengan akun facebook dan B untuk komen dengan akun blogger. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!