Yuk, Jogging di Alun-Alun Gresik!


jogging trcak alun-alun gresik



Assalamualaikum,

Sejak alun-alun Gresik direnovasi, saya penasaran akan seperti apa jadinya. Hingga suatu hari suami saya bercerita bahwa alun-alun Gresik sudah bagus, ada jogging track yang nyaman. Tapi kok dari jauh terlihat masih semrawut. Eits, sepertinya saya mesti cek lokasi, demi membuktikan kebenaran cerita suami.


Ketika ada kesempatan, saya mampir ke alun-alun Gresik. Pertama kalinya cuma keliling saja. Begitu ada waktu longgar, saya bisa santai di bangku alun-alun. Duduk santai sambil ngemil. Belum ada hidayah untuk jalan di jogging tracknya. Kesini sudah agak siang, jadi malas saja jalan.

Lalu, ketika sudah ada hidayah untuk sekedar olah raga, saya bangun pagi dan memutuskan untuk mampir di alun-alun Gresik. Jogging track itu ada dibawah dan diatas. Tapi yang disini bukan saja orang jalan melainkan orang yang bersepeda. Karena memang disediakan jalan. Cuma kalau sepeda biasanya cuma muter sebentar. Kurang luas saja. Masih lebih cocok untuk orang yang niat jalan kaki atau lari.

Jogging Track Alun-Alun Gresik

jogging track alun-alun gresik


Alun-alun ini pada dasarnya sama saja, berbentuk lingkaran. Yang membedakan adalah fasilitasnya. Ada alun-alun yang memang cuma lapangan. Tapi akhir-akhir ini saya lihat kota-kota di kabupaten memanfaatkan beberapa lahan di dalam alun-alun untuk taman, tempat bermain dan tempat olah raga bagi warganya.

Alun-alun tidak sekedar lapangan yang biasa digunakan sebagai tempat upacara maupun tempat bermain bola. Alun-alun merupakan lapangan yang multifungsi. Di beberapa kota, menggunakan alun-alun sebagai tempat pagelaran musik, lomba hingga kopdar berbagai komunitas. Semakin ramai saja pemanfaatan alun-alun, semakin banyak warga yang bisa menikmati keberadaannya.

Nah, yang menarik dari alun-alun Gresik adalah jogging track di lantai atas. Saya katakan menarik karena di tempat ini bebas hambatan, bebas orang jualan. Bukan untuk bermain. Sebagian besar orang suka jalan kaki keliling alun-alun. Kalau yang suka foto-foto banyak kok. Termasuk saya ketika ingin membuat konten ini.

alun-alun gresik


Mulai dari orang tua hingga anak-anak memanfaatkan tempat ini. Baik yang memang sungguh-sungguh niat untuk olah raga atau sekedar ingin jalan-jalan.  Yang momong anak juga ada.

Jogging tracknya rapi dan nyaman. Beberapa kali saya kesini tidak begitu ramai. Entah kalau musim liburan atau di waktu tertentu. Namun tetap saja tempatnya nyaman karena banyak pohon besar di sekeliling alun-alun. Jadi suasana adem meskipun suara bising kendaraan tetap saja menjadi selingan.

Meski yang dibawah ramai, asal di jogging track terpantau tenang dan tidak dicampuri dengan orang-orang yang berjualan. Mungkin ya untuk jogging atau sekedar jalan sehat tetap perlu usaha. Minimal butuh kekuataan fisik untuk naik, jalan dan bergerak. Sementara jika ingin bersantai, bisa pilih bangku-bangku yang ada di bawah. Sabtu pagi itu semua bangku penuh.

jogging track alun-alun gresik


Nah, dengan jogging track di lantai atas, kita lebih bisa konsentrasi. Perhatian kita tetap bisa fokus meski dari bawah saya masih bisa mendengar deru kendaraan dan suara pengajian dari masjid Jami’ dan masjid lainnya. Berbeda dengan hari Minggu pagi, banyak yang berjualan di sekitar alun-alun. 

Alun-alun ini merupakan tempat strategis karena berada di pusat kota. Selain itu dikepung bangunan-bangun perkantoran, masjid, tempat kuliner. Tempat kuliner dan pertokoan ada, namun tidak banyak. Kalau kita fokus jogging, yang terlihat hanya daun-daun yang dengan seenaknya masuk ke area jogging.

Lantai jogging tidak licin. Mau pakai sepatu atau sandal tetap aman. Hanya saja di musim hujan seperti ini, beberapa bagian ada genangan air. Cukup mengganggu juga. Apalagi ada yang benar-benar membujur dari kiri ke kanan. Air tersebut entah mengapa tidak masuk ke lubang yang disediakan di tepi-tepi jalan.

jogging track alun-alun gresik


Untuk menjaga kebersihan setiap hari ada petugas kebersihan yang menyapu hingga di lantai atas. Selain itu di beberapa tempat tetap disediakan tempat sampah. Kemungkinan banyak orang yang menikmati makanan dari lantai atas ini. So far, disini tampak bersih. Saya berharap kebersihan ini merupakan kesadaran dan tanggung jawab bersama. Dengan membuang sampah pada tempatnya sudah termasuk membantu menjaga kebersihan. Bukan dengan mengandalkan para petugas kebersihan saja, loh!

Nah, buat teman-teman yang ingin jogging, lebih baik di lantai atas saja. Naik ke lantai atas gampang, bisa melalui tangga yang letaknya di tengah atau naik tangga yang landai, tidak berbentuk tangga. Ini lebih saya sukai karena enteng juga naiknya.

Selama di alun-alun ini saya lebih suka jalan kaki. Dalam satu putaran saya menghabiskan waktu sekitar 7 menit dengan jalan santai. Lumayanlah untuk membakar lemak. Satu jam keliling alun-alun sudah cukup bagi saya. Badan sudah berkeringat. Buat yang rutin olah raga tak masalah. Namun bagi saya, ini butuh perjuangan.

^_^



Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

16 Komentar untuk "Yuk, Jogging di Alun-Alun Gresik!"

  1. Kalau aku disitu, kayaknya udah tak pakai buat nyari spot jalan2 sore plus foto2 mbak. Cocok banget untuk olahraga lari sore karena areanya bagus :)

    BalasHapus
  2. Alun alunnya adem mbak Nur, kalo ditempatku alun"nya lumayan puanas, soalnya awalnya tempat kegiatan olahraga yg difungsikan sebagai alun" sekarang, mau berlama" ga betah.. Sumuk 😓

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi aja jalannya, biar nggak panas dan sumuk.

      Hapus
  3. Ternyata keren sekali alu-alun di gresik ya, kenapa aku tidak kesana kemarin ya, ntar mau pigi ni, adem ni sambil ngopi ya kak

    BalasHapus
  4. olahraga yang murah meriah namun menyehatkan badan dan mata karena alun2nya yang keren

    BalasHapus
  5. Wah seru ya mbak nur, alun2nya adem ada jogging tracknya juga.. Bisa digunakan citybike juga tuh.. Pengen gowes santai

    BalasHapus
  6. Menarik juga nih alun2 Kota Gresik. Sejuk dan nyaman terlebih nuansa hijaunya pun masih banyak. Sehingga udara bersihpun kerap tercipta dialun2 tersebut.😊😊

    BalasHapus
  7. wah, alun2 nya bagus juga , bersih pula

    BalasHapus
  8. Wah alun-alun gresik bagus juga ya, nanti kalau ada waktu saya main ah ke kota ini.

    BalasHapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel