Tanya Jawab Dokter Kandungan untuk Menjaga Kondisi Tubuh agar Tetap Sehat


masa kehamilan


Assalamualaikum,

Kehamilan bisa menjadi moment yang istimewa. Bukan saja buat ibu hamil loh, namun juga buat pasangan dan keluarga besar. Banyak diantara ibu hamil mengalami berbagai cerita seru, baik keluhan maupun bahagia selama masa menanti buah hati tercinta. Untuk melewati masa kehamilan tentu butuh perjuangan dan kesabaran. Serta tidak mudah terpapar mitos seputar kehamilan. Sebaiknya, ibu hamil berupaya mencari tahu tentang kondisi kesehatan dan kehamilannya melalui sumber yang tepat dan dapat dipercaya.

Ibu hamil harus bisa menjaga kesehatan dengan baik. Banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan menjaga kondisi tubuh ibu hamil yang akan lebih mudah capek. Beristirahat saja? Tidak juga! Ibu hamil tidak boleh berbaring saja di tempat tidur namun harus tetap bergerak. Ibu hamil tetap bisa melakukan kegiatan sehari-hari. Namun tetap dengan menjaga kandungannya dengan baik dengan cara mendengarkan nasihat dokter. Ibu hamil bisa untuk tanya jawab dokter kandungan dengan mudah melalui aplikasi Halodoc terutama untuk hal yang sifatnya mendesak dan penting. Sehingga bisa mendapatkan jawaban dengan cepat. Selain itu, ibu hamil bisa melakukan beberapa cara berikut ini sebagai upaya menjaga kondisi tubuh:

1. Mengurangi intensitas dalam beraktivitas

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga kandungan adalah  mengurangi intensitas aktivitas sehari-hari. Karena ibu hamil tidak boleh sampai terlalu capek maka bisa mengurangi kegiatan yang dilakukannya. Wanita yang sedang hamil berada dalam posisi yang sangat rapuh baik secara fisik maupun emosional sehingga harus dijaga dengan baik. Ibu hamil bisa mengurangi kegiatan yang dilakukan sehari-hari, tidak perlu memaksakan diri beraktivitas. Sebaiknya istirahat yang cukup, dan juga hindari stress agar dapat menjaga kandungan tetap sehat. 
   
2.Melakukan general check up pada kehamilan. 
Selanjutnya Anda bisa melakukan general check up sejak diketahui hamil. Ini penting karena ketika hamil, wanita akan mengalami kondisi kesehatan yang berbeda dibandingkan sebelumnya. Sehingga perlu melakukan pengecekan kesehatan secara rutin. Medical check up tersebut dapat sebagai pemeriksaan dini dan mengantisipasi penyakit-penyakit lainnya. Selain itu juga bisa berpengaruh dan bermanfaat untuk kondisi bayi agar tetap sehat hingga saatnya melahirkan.
 
3. Memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan. 
Ibu hamil juga dapat melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter kandungan secara rutin. Hal itu bermanfaat untuk mengetahui kondisi perkembangan janin yang ada dalam tubuh dan menjaganya tetap sehat. Oleh karena itu lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin baik di bidan atau dokter kandungan. Pilihlan dokter kandungan yang bisa membuat nyaman dan juga mempunyai pengalaman terbaik. Pastinya ibu hamil ingin melewati masa kehamilan hingga melahirkan nanti dengan bahagia tanpa cemas. Dokter atau bidan yang baik akan memberikan motivasi, semangat dan nasihat yang menenangkan. 
 
4. Menghindari bepergian jauh.  
Hal selanjutnya yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah dengan menghindari bepergian jauh. Terlebih ketika harus bepergian dengan naik pesawat. Sebaiknya sangat dihindari karena berbahaya untuk janin di beberapa usia kehamilan tertentu. Jika perjalanan tersebut sangat penting dan mendesak sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter kandungan. Apakah aman atau justru sebaliknya, ibu hamil harus tetap menjaga kesehatan.


konsultasi kehamilan


Empat cara diatas adalah hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kandungan bagi ibu hamil. Selain itu, penting pula untuk memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan. Contohnya dengan mengkonsumsi susu hamil yang tepat, makanan bergizi yang dibutuhkan selama masa kehamilan, porsi makan dsb.

Banyak kasus ibu hamil yang mendadak menolak untuk makanan tertentu. Padahal itu baik untuk perkembangan janin. Ada yang langsung mual ketika baru mencium aroma masakan, atau bahkan hanya melihat penampakannya saja sudah tidak nafsu. Ini menjadi tantangan sendiri buat ibu hamil yang berupaya untuk menjaga nutrisi. Masa-masa seperti ini membutuhkan kesabaran. Nah, jika Anda ingin mengetahui banyak hal tentang kehamilan saat ini sangat mudah. Anda bisa melakukan tanya jawab dokter kandungan di aplikasi Halodoc. Aplikasi ini cukup populer dan  mampu memberikan solusi lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Dengan aplikasi ini kita bisa bertanya kepada dokter dengan cepat, mudah dan juga murah. 

^_^



Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

3 Komentar untuk "Tanya Jawab Dokter Kandungan untuk Menjaga Kondisi Tubuh agar Tetap Sehat"

  1. Masa kehamilan itu memang masa yang harus diperhatikan benar, biar ibu dan anak sehat. Sekarang udah ada web yang terpercaya yang bsa diakses kapan dan di mana saja ya mbak, mudah2an calon ibu bisa memanfaatkannya.

    Lama ga BW saya mbak, postingan saya juga seadanya, ntar dicoba aktif lagi. Makasih mbak.

    BalasHapus
  2. Waalaikumsalam mbak.

    Memang betul semua tips diatas, harus mengurangi bekerja karena bisa berbahaya bagi kandungan.

    Rutin melakukan check up ke dokter kandungan juga perlu, biar kalo ada apa-apa jadi tahu.

    Menghindari pergi jauh juga iya, makanya kalo lagi hamil ngga boleh sering jalan-jalan.

    BalasHapus
  3. jaman sekarang banyak aplikasi yang membantu kita

    BalasHapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel