Mudahnya Berobat Hingga Membuat Janji dengan Rumah Sakit Hanya dari Rumah


karantina mandiri di rumah


Assalamualaikum,

Suatu hari suami saya ditelpon adik ipar. Pasti ada sesuatu, pikir suami. Benar saya, bapak mertua sakit dan minta segera dibawa ke dokter. Orang tua kalau sudah memiliki keinginan harus segera dilaksanakan, tanpa bisa ditangguhkan.

Suami saya jadi ragu. Di situasi sedang tidak kondusif seperti ini, pergi ke klinik atau rumah sakit menjadi horor. Ada kekhawatiran bahwa virus Corona bisa saja mampir jika kami tak pandai menjaga diri. Selain itu kami ragu apakah dokter langganan kami masih buka praktik.


Sebelum menjemput bapak mertua, suami mampir di tempat praktik dokter langganan. Ternyata tutup. Akhirnya suami meminta adik ipar mencari dokter lain. Biar cepat dapat dokter sih, semuanya dikerahkan. Setelah itu, adik ipar yang datang ke tempat praktik dokter. Jadi konsultasi dengan dokter tanpa membawa pasien yaitu bapak mertua. Saat itu bapak mertua sakit batuk hingga berdarah dan tidak nafsu makan. Tidak ada riwayat penyakit lain apalagi berhubungan dengan penderita Covid-19. Sehingga diputuskan untuk konsultasi tanpa pasien. Beruntung, dokter memaklumi dan memberikan resep obat.

Meski agak ribet ketika harus mencari-cari dokter, alhamdulillah bapak mertua setuju saja dan mau mengkonsumsi obat dokter. Keadaan bapak mertua kemudian mulai membaik. Termasuk nafsu makannya sudah  normal.

Dari kasus bapak mertua ini, kami lebih berhati-hati menjaga kesehatan. Semoga selalu diberikan kesehatan buat saya, keluarga juga teman-teman semua. Karena ketika sakit, perasaan kami jadi was-was ketika ingin berobat.

Sakit Saat Pandemi, Apa yang Harus Kita Lakukan?

berobat dengan aplikasi halodoc


Manusia hanya bisa berusaha, namun penyakit tetap datang juga. Contohnya anak-anak yang sedang sariawan. Dari yang satu titik hingga bertitik-titik. Dari yang ukurannya kecil jadi melebar. Kelihatannya memang sepele. Sariawan! Bukan penyakit serius semisal jantung, kanker, dsb. Tapi sungguh gara-gara sariawan ini, bibir mereka kering hingga mengelupas. Mereka jadi tidak nafsu makan. Juga tidak mau gosok gigi. Diajak ngobrol jadi emosi karena buat membuka mulut saja nyeri. Apalagi ini bulan Ramadan, biasa tadarus lebih banyak. Bagaimana, dong?

Saya tahu pasti ini mengganggu sekali. Tidak tahan dengan keluhan mereka, saya memberi vitamin C. Namun yang namanya sariawan ini patah satu tumbuh seribu. Satu sembuh, muncul lainnya. Begitu terus.

Coba kalau dekat dengan klinik, saya akan membawa mereka ke klinik saja. Sayangnya tidak. Saya juga malas jika harus keliling mencari dokter seperti kasus bapak mertua. Tapi kalau dibiarkan, kasus sariawan itu akan berulang terus.

Sakit saat pandemi virus Corona ini sangat membingungkan. Saya maupun suami sepakat jika tidak penting ataupun mendesak, kita tunda periksa ke dokter. Kami tetap harus waspada saat berada di luar rumah. Jadi yang saya atau keluarga lakukan saat sakit adalah:


  • Sedia obat di rumah.
  • Istirahat yang cukup.
  • Memperbaiki pola makan yang baik.

Halodoc, Mudahnya Berobat dari Rumah Saja

aplikasi kesehatan halodoc


Nah, untuk kasus yang ringan, insyaallah dengan obat-obatan di rumah dan berdoa dimudahkan sembuh. Namun karena sariawan anak-anak sering kumat, saya makin galau. Di saat situasi yang tidak menentu ini, saya memutuskan untuk segera mencari solusi.

Sayapun sadar ketika keluar rumah menjadi terbatas, saya harus mencari solusi secara online. Saat ini semakin mudah orang mengakses situs kesehatan hanya dari rumah sambil rebahan pula. Sayapun demikian. Saya berkonsultasi dengan dokter tentang permasalahan anak-anak. Sariawan yang sering kumat itu mengganggu sekali.

Saya memasang aplikasi kesehatan yang terpercaya, Halodoc. Setelah menimbang-nimbang dengan seksama, saya memilih chat dengan dr. Adila Taufik Syamlan. Responnya cepat. Saya langsung menceritakan masalah saya dan ditanggapi. Ada banyak pertanyaan yang diajukan sebelum memberikan resep. Pastinya menulis resep harus berdasarkan riwayat pasien. Misalnya penyebab sariawan, apakah pernah kegigit? Apakah alergi obat? Letak sariawan dimana, dsb. Jadi menurut saya, meski ini chat instan tapi terperinci.

Untuk chat dengan dokter durasinya 30 menit. Selama itu saya harus memanfaatkan dengan baik. Begitu dokter bertanya, segera saja saya jawab. Seperti sedang konsultasi sungguhan dengan dokter. Cuma ini secara online.

Dari konsultasi dengan dr. Adila saya memiliki beberapa catatan penting tentang sariawan. Semoga bermanfaat juga buat teman-teman yang memiliki keluhan sama.
  • Sariawan itu butuh waktu untuk sembuh (wajar lama)
  • Hindari gorengan dan makanan pedas. Sebaiknya makan sayur yang direbus. Oseng sayur masih diperbolehkan asal tidak terlalu berminyak.
  • Makan buah dan sayur yang mengandung vit C tinggi. Buah contohnya lemon dan pepaya.
  • Banyak minum air putih.
  • Minum vitamin C
  • Jika sariawan menyebabkan nyeri dan deman, minum obat seperti yang direkomendasikan dokter.

Untuk resepnya bisa diklik “beli obat”. Kita bisa melihat harga obat dan nantinya obat bisa diantar sampai ke rumah. Jadi mudah ya, konsultasi di masa pandemi ini. Dokter mulai dari dokter umum hingga spesialis siap selama 24 jam, 7 hari. Jangan lupa mencari promo agar biaya konsultasi kita murah bahkan gratis.



Masalahnya, jika penyakit tergolong serius, kita tetap bisa menggunakan aplikasi halodoc untuk membuat janji dengan rumah sakit terdekat tanpa antre. Tiba di rumah sakit, kita tidak perlu menunggu lama. Dokter akan memeriksa kondisi pasien dan segera dilakukan perawatan medis.  Dengan begitu, pasien akan ditangani dengan lebih baik.

Jadi, dari rumah saja kita bisa berobat, baik untuk konsultasi, buat janji dengan rumah sakit atau membeli obat. Jika tidak ada keperluan mendesak, di rumah adalah tempat terbaik saat ini. Di rumah saja kita tetap bisa beraktivitas dan menjaga kesehatan keluarga.

Stay safe, stay healthy!

^_^



Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

3 Komentar untuk "Mudahnya Berobat Hingga Membuat Janji dengan Rumah Sakit Hanya dari Rumah"

  1. HaloDoc memang solusi berobat lebih praktis dan cepat yaa. Untuk mengetahui obat dari penyakit yang datang juga bisa bertanya ke Halodoc ya? Solusi jitu bermutu deh Halodoc

    BalasHapus
  2. aplikasi yang banyak membantu ya

    BalasHapus
  3. enak sekali ya!!! dengan perkembangan teknologi jadi bisa berobat dari rumah, konsultasi kesehatan juga makin mudah. Sungguh kemajuan teknologi yang amat bermanfaat

    BalasHapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel