5 Pertanyaan Bijak Saat Bertemu Teman Lama

teman lama
Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Assalamualaikum

Bertemu teman lama? Senang, dong! Lama tak jumpa kemudian tiba-tiba bertemu begitu saja. Saya pernah mengalami kejadian ini. Meski tak sering, tapi ada pengalaman haru bahkan lucu.

Ya kalau sampai puluhan tahun baru bertemu sekarang-sekarang ini tentu banyak perubahan baik fisik maupun cara berpikirnya. Tapi ingat, ada hal-hal yang tidak perlu dipertanyakan apalagi diperdebatkan. Saya sih berusaha untuk nyambung saja ketika bicara dengan teman.

Tidak mungkin ketika bertemu, saya langsung bertanya masalah pribadi. Aih, jadi malu. Seperti tidak ada bahan obrolan saja. Atau bertanya hal-hal yang sifatnya sensetif. Takut juga bakal menyinggung perasaan teman. Apalagi dianggap sombong. Wah, jangan sampai itu terjadi. Saya mesti mencari pertanyaan bijak ketika bertemu teman lama.

Inilah 5 pertanyaan bijak saat bertemu teman lama


Sebagai panduan, ada beberapa pertanyaan yang saya anggap aman. Iya, aman karena pertanyaan ini bersifat umum. Untuk jawabannya, ya sesuai dengan konteks. Simak pertanyaan berikut, ya!

teman lama
Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

1. Apa kabar?


Sering mendapatkan pertanyaan seperti ini? Atau kita yang sering melemparkan pertanyaan seperti ini? tenang! Ini adalah pertanyaan umum. Wajar, bukan ketika bertemu dengan teman atau keluarga kita bertanya kabar yang berarti menanyakan kesehatan, keadaah hidup kita, yang seperti itulah.

2. Alamat rumah?


Tiba-tiba saja bertemu dengan teman SD. Pasti sudah lama sekali, bahkan ada yang sejak lulus SD tidak pernah bertemu lagi. kemudian 20 tahun kemudian bertemu, antara lupa dan ingat dimana rumahnya. Kalau dulu sering main, biasanya masih ingat. Tapi kalau sekali main, duh bisa-bisa lupa. Tak ada salahnya menanyakan alamat rumah. Bisa jadi teman kita sudah pindah ke rumahnya sendiri. Sementara yang dulu adalah rumah orang tuanya. Siapa tahu kita ada waktu atau lagi tersesat dekat rumahnya, bisa sekalian mampir dan reunian.

3. Apa kesibukan saat ini?


Daripada bertanya tentang pekerjaan yang ada kemungkinan bikin kesenjangan sosial, lebih baik bertanya tentang kesibukan saja. kesibukan itu bisa berarti pekerjaan atau hobi yang sedang disukai saat ini. kita bisa tahu ada jenis hobi baru yang mungkin saja kita jadi tertarik setelah mendengarkan jawaban teman. Siapa tahu loh?

4. Pernahkah bertemu teman-teman sekelas lainnya?


Ini semacam keinginan untuk reuni tapi masih dalam tahap wacana. Dulu belum zamannya sosial media, belum terhubung dengan akun teman-teman yang upload foto maupun status apapun. begitu lulus sekolah seolah semua sibuk dengan dirinya sendiri. Kita kehilangan jejak teman-teman sekolah. Nah, begitu bertemu teman, coba saja kita bertanya teman-teman lain. Siapa tahu dia terhubung dengan sosial media mereka. jadi, jarak dan tempat bukan halangan untuk silaturahmi.

5. Nostalgia (kenangan) apa saat sekolah dulu?


Bertemu dengan teman lama itu identik dengan nostalgia. Tak bisa dipungkiri kalau kita bakal diajak kembali ke masa lalu, masa saat masih sekolah. Lalu semua kenangan yang tersimpan seperti benang kusut itu kembali hadir, perlahan. Oh, iya... kita jadi ingat lagi si A, B, C, dst yang unik dengan segala kisahnya. Karena nostalgia itu seperti hiburan.

Dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut, saya berusaha untuk netral saja. Pasti mengerikan jika tiba-tiba saja kita bertanya tentang status.  Kalau masih jomblo sementara saya sudah menikah, jadi tidak nyaman saja. Seolah ditanya kapan nikah? Woi, ini obrolan teman lama yang baru ketemu. Mau jomblo atau menikah, kita tetap berteman. Tidak perlu menyinggung urusan pribadi, pekerjaan, dsb.

Saya pernah ngobrol dengan teman SMA yang saya lupa namanya. Saya bahkan mengamati wajahnya lekat-lekat. Makin cantik dan terawat. Beda banget dengan zaman sekolah dulu. Pantas saya pangling! Untungnya, teman saya tidak tersinggung ketika saya lupa namanya. Bahkan setelah dia memberikan beberapa clues dan saya masih tidak tanggap. Ah, sesempit itulah otak saya menyimpan masa lalu.

Tidak terasa kami ngobrol apa saja. 5 bahkan 20 menitpun berlalu begitu saja. Rasanya baru sebentar. Bahkan ketika kami ngobrol sambil berdiri, tak terasa pegal. Aslinya pegal begitu sampai di rumah.

Kesan setelah memberikan 5 pertanyaan bijak saat bertemu teman lama?

5 pertanyaan bijak saat bertemu teman lama
Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels



Semakin bertambah usia, saya semakin merasa bukan waktunya lagi untuk berhahahihi seperti anak-anak abege. Namun bukan berarti tidak bisa menikmati waktu saat bersama teman lama. Cuma saya berpikir, kesan apa yang saya maupun teman saya dapat setelah bertemu ini.

Jangan sampai gara-gara salah melemparkan pertanyaan membuat teman kita meradang. Padahal maksudnya bukan begitu. Namun jika salah ngomong bisa bahaya juga. Seperti orang bijak berkata, “Pikir dulu sebelum ngomong!”

Benar bukan. Jangan asal njeplak. Meski menurut kita baik, belum tentu orang lain merasa seperti itu. Jadi kesan apa yang saya dapatkan dari pertemuan dengan teman lama?

1. Senang


Iya, pasti karena kita itu makhluk sosial, senang berteman. Termasuk dengan teman-teman lama. Kita senang bisa mendengar kabar baik teman-teman saat ini. Berharap seperti ini saja.

2. Bermanfaat


“Sebaik-baik orang adalah yang bermanfaat buat orang lain.” Namun jangan disalahartikan. Mentang-mentang teman kita baik, jadi seenaknya saja memanfaatkan. Contohnya ujug-ujug pinjam uang. Ada loh yang seperti ini. Ada juga yang tiba-tiba minta pekerjaan. Tipsnya adalah pandai membawa diri saja. Karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi selama kurun waktu tersebut. Apakah teman kita menjadi lebih baik atau sebaliknya. Apakah dia bisa hidup dengan layak, berlebih atau justru sebaliknya. Lebih baik mendoakan kebaikan teman-teman lama.

Yeah, bertemu teman lama itu menyenangkan. Kita bisa nostalgia zaman sekolah dulu. Namun ada baiknya kita tetap menjaga diri. Dengan 5 pertanyaan bijak saat bertemu teman lama, kita bisa mengarahkan pembicaraan pada topik yang umum namun tetap menarik.

^_^





Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

1 Komentar untuk "5 Pertanyaan Bijak Saat Bertemu Teman Lama"

  1. Betul banget mbak, kalau berjumpa kembali dengan teman lama secara tidak terduga, meskipun di hati banyak yang mau diungkap, tapi harus dipilah-pilah dengan bijak biar suasana jadi tidak canggung. Aku pernah nih salah mengajukan pertanyaan waktu ketemu sahabat lama dan aku langsung jadi yang 'Duh harusnya aku nggak nanyain itu, duh dia tersinggung enggak ya.'

    BalasHapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel