3 Tempat Jogging di Kota Tuban, Nomor 3 Paling Favorit

jogging di alun-alun kota tuban

Assalamualaikum

Sebelum pandemi saya berusaha mensugesti diri sendiri untuk rajin jalan kaki. Minimal di gang depan rumah, bolak-balik berkali-kali. Sambil menghirup udara segar, sambil menyapa tetangga dan sambil menikmati view pagi hari yang sering terlewatkan karena rutinitas.


Meski niat selalu tertanam dalam jiwa, rasa malas menjadi masalah yang tak terkendali. Untuk jalan kaki seorang diri membuat semangat saya naik turun. Banyak turunnya. Untuk memompa semangat, saya lebih suka jalan di tempat jogging karena disana banyak orang yang sama-sama istiqomah olah raga. Dengan begini saya merasa ada temannya.

Saat ini banyak orang memanfaatkan waktu dengan olah raga ringan di sepanjang jalan raya atau di ruang publik. Jogging menjadi salah satu alternatif olah raga murah dan mudah. tertarik untuk jogging di tempat yang aman di kota Tuban? berikut ini ada 3 tempat jogging yang patut dipertimbangkan.

3 Tempat Jogging di Kota Tuban yang Aman dan Nyaman

1. Alun-alun

Alun-alun bagi saya identik dengan berbagai macam upacara dan pasar rakyat. Namun makin hari, alun-alun yang merupakan ruang publik ini dimanfaatkan secara maksimal. Bahkan warga sangat menikmati taman dan tempat-tempat selfie disini. Beberapa event digelar di alun-alun dari yang versi kecil hingga besar yang mampu menyedot perhatian masyarakat.

Selain manfaat diatas, alun-alun merupakan tempat yang cocok untuk olah raga. Mulai dari pagi hari ada saja orang-orang yang jalan sehat, jogging ataupun bersepeda keliling alun-alun. Di hari-hari tertentu ada senam yang bisa diikuti oleh anggota maupun umum. Namun di musim pandemi ini, senam masih libur.

Di alun-alun ada jogging track yang aman dan nyaman. Aman karena letaknya di dalam alun-alun, bagian tepinya. Jadi kita tidak perlu risau seperti ketika jogging di jalan raya dan ada kendaraan yang lalu lalang. Sayang, di tempat ini sering masih banyak sampah yang berserakan. Juga aroma tak sedap.

Saya lebih suka masuk ke alun-alun dan berjalan mengelilinginya. Bukan di jogging tracknya. Disini saya bertemu dengan orang-orang yang olah raga atau sekedar mencari udara segar saja dan momong anak-anak. Setelah selesai olah raga, bisa istirahat sebentar, duduk di bangku yang menghadap jalan atau di tamannya.

2. Pantai Boom

jogging di pantai boom tuban

Pantai Boom bukan sekedar tempat wisata dan bermain. Kita bisa memanfaatkan jogging tracknya untuk olah raga. Senangnya, bisa jogging dengan pemandangan pantai. Terutama di pagi hari, cukup menarik untuk melihat perahu-perahu nelayan dan sunrise. Di akhir pekan atau musim liburan biasanya ramai, tapi tidak sampai berdesakan, sih. Tetap masih bisa jalan santai ataupun jogging. Lintasannya tidak luas ataupun panjang. Menyesuaikan saja dengan jalan yang ada.

Yang perlu diingat jika ingin jogging disini, kita harus membayar tiket masuk. Karena ini termasuk kawasan wisata, tidak peduli tujuan kita adalah olah raga. Sebagai bonus jogging disini, kita bisa puas menikmati view pantai sekaligus memotret. Juga melihat aktivitas para nelayan ketika menjaring ikan di laut. Jadi kalau kita kurang bersahabat dengan aroma laut, jogging track ini kurang cocok.

3. Gedung Olah Raga (GOR)

Jogging track ini berada disamping gedung olah raga. Orang-orang menyebutnya GOR meski jogging track ini lokasinya outdoor. Tempat jogging ini menjadi favorit warga Tuban karena nyaman, bersih dan rapi. Bila dibandingkan dengan dua tempat diatas, maka jogging track di GOR adalah juara. Tidak ada aroma aneh disini. Itu yang saya sukai.

Hanya saja jika kita datang lebih pagi, masih ada sampah yang berserakan. Namun relatif lebih bersih bila dibandingkan dengan alun-alun. Ya, petugas kebersihan belum datang. Tapi yang namanya kebersihan itu bukan tanggung jawab petugas saja loh. Namun tanggung jawab semua orang yang memakai fasilitas ini. biasanya sampah-sampah disini adalah sisa kemarin. Apalagi setelah akhir pekan, yang mana banyak orang menghabiskan waktu untuk nongkrong di ruang publik sambil makan dan minum.

Jogging track disini bisa jadi lebih rapi karena tempat ini difokuskan untuk olah raga saja. Tempat ini hanya berisi orang-orang yang jalan kaki atau jogging. Sementara di bagian tengahnya adalah lapangan sepak bola.

Di depan jogging track ini bisa disebut tempat umum karena ada tanaman dan bangku-bangku juga ada papan panjat tebing. Nah, di pagi hari itu sudah ada pedagang kaki lima menggelar dagangannya. Karena ada banyak bangku, orang-orang memanfaatkan untuk nongkrong dan berjualan. Seperti seorang pedagang minuman yang menjaga dagangan sambil duduk santai di bangku.

jogging  di GOR Tuban

Sebelum pandemi, di hari-hari tertentu diadakan senam. Kadang saya juga ikut senam gratis disini. Tapi lebih sering jalan kaki saja. Kemudian pulangnya tinggal pilih mau membeli nasi pecel dan macam-macam nasi bungkus di sekitar GOR.

Olah raga sangat penting untuk menjaga kesegaran dan kesehatan tubuh. Tempatnya bisa dimana saja, bahkan di rumah sekalipun. Namun jika ingin tempat yang aman dan nyaman, teman-teman bisa memilih 3 tempat jogging di kota Tuban tersebut.

^_^

 

Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

Belum ada Komentar untuk "3 Tempat Jogging di Kota Tuban, Nomor 3 Paling Favorit"

Posting Komentar

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel