Live Healthy be Happy: Tips Memasak Untuk Keluarga Nomaden

buah-buahan

Assalamualaikum,

Bagi teman-teman yang mengikuti status saya di media sosial, pasti sudah tak asing lagi dengan perjalanan dan cerita saya di Tuban – Gresik. Saya memang sering tinggal di Gresik. Tapi tidak untuk menetap. Dari sinilah saya merasa menjadi keluarga nomaden.


Di saat pandemi ini, banyak yang berubah. Kami tidak bisa dengan mudah dan leluasa bepergian. Demikian juga dengan suami tidak bisa seenaknya pulang kampung karena ada larangan dari kantor. Akhirnya saya memutuskan untuk tinggal di Gresik bersama anak-anak sekitar 2 bulanan. Selama itu saya sama sekali tidak pulang ke Tuban.

Dalam kondisi tak menentu itu saya berusaha untuk menjaga kesehatan keluarga. Penting banget untuk menerapkan gaya hidup sehat. Saya tidak tahu bagaimana jika sakit lalu pikiran terkuras dengan berbagai rumor seputar pandemi. Live healthy be happy bukan sekedar slogan, namun kenyataan.

Live Healthy be Happy, Kebiasaan-Kebiasaan Sehat Saat Pandemi

Kita tidak pernah tahu sampai kapan pandemi ini berakhir. Semua pasti berharap agar lekas usai dan hidup secara normal. Faktanya, saat ini kita harus beradaptasi dengan new normal. Bahwa hidup saat ini berbeda dengan sebelumnya. Kita harus mematuhi protokol kesehatan saat berkegiatan di luar rumah.

* Menjaga kebersihan

Banyak hal yang harus berubah. Seperti kebiasaan untuk mencuci tangan yang lebih sering dari biasanya. Dulu saya mencuci tangan kalau kotor, menjelang makan dan setelah makan yang menggunakan tangan.

Sejak ada pandemi, urusan bersih-bersih menjadi lebih sering. Bukan saja terhadap badan namun juga perabot rumah tangga. Bagi saya tidak perlu sampai mengkilat, yang penting bersih sudah cukup.

* Menjaga asupan nutrisi

Bersih-bersih saja tak cukup untuk menangkal berbagai virus yang dapat melemahkan daya tahan tubuh. Akan lebih baik jika ditunjang dengan asupan nutrisi. Imunitas baik, tubuhpun sehat.

Untuk menjaga asupan nutrisi, saya sehari-hari saya biasa memasak. menu-menu yang saya pilih lebih banyak menu masakan rumahan yang sederhana. Sesekali masih menyempatkan untuk memasak dengan bumbu yang lengkap. Sebagai variasi menu agar keluarga tidak bosan.

Live Healthy be Happy, Tips Memasak Makanan Sehat untuk Keluarga Nomaden

frozen food

Sehat itu dimulai dari diri sendiri dan dari rumah. Saya memilih untuk tetap memasak meski keadaan di Gresik tak sama dengan di rumah Tuban. Peralatan memasak maupun makan sangat sederhana bisa disiasati. Bagaimanapun, pandemi ini memaksa saya lebih kreatif menyediakan makanan sehat untuk keluarga.

Hidup nomaden seperti saya bukan pilihan yang baik. Setidaknya bagi pegawai-pegawai yang menjalani LDM (Long Distance Marriage), dan tidak memiliki pilihan lain. Banyak pegawai yang berasal dari luar kota, sementara keluarganya sesekali ikut. Itu sudah biasa terjadi di kompleks rumah dinas. Apapun situasinya, kita harus survive dan sehat.

Berikut ini tips untuk tetap bisa memasak makanan sehat saat nomaden:

1. Memasak secara sederhana

Memasak itu sesuai dengan kemampuan. Jangan memaksakan diri. Maka ketika tidak ada mbak ART (Asisten Rumah Tangga) saya pilih memasak sederhana seperti menumis, menggoreng dan merebus. Anak-anak ada ART ataupun tidak, saya libatkan pada urusan dapur.

2. Menyetok makanan

Saya termasuk suka menyetok makanan. Karena 3 anak saya doyan makan, kalau memasak terus menerus, saya yang capek. Kalau sering beli, pasti boros banget. Belum lagi jika mereka memilih makanan suka-suka hanya karena sedang ngetrend. Bagi saya lebih baik memasak dan menyetok di kulkas. Contohnya bakso, otak-otak, ayam ungkep, nugget, chicken katsu, kebab dan aneka bumbu siap masak. Dengan adanya simpanan makanan ini, memasak jadi lebih efisien. Anak-anak bisa diandalkan.

Dengan memasak sendiri saya belajar tentang kandungan gizi makanan, pengolahan makanan hingga kreasi masakan. Namun ketika badan sedang capek ya tidak perlu memaksakan diri. Pesan makanan sehat seperti salad, sayur, dan aneka lauk. Bukan junk food! Lalu istirahat.

3. Memiliki peralatan memasak multifungsi

Sebagai keluarga nomaden, masalah yang saya hadapi adalah minimnya alat masak. Namun itu bisa disiasati dengan memaksimalkan satu alat untuk beberapa pekerjaan. Contohnya adalah penggunaan blender. Dengan satu alat ini, ada pekerjaan untuk menghaluskan bumbu dapur, daging, ayam dan ikan yang lebih mudah dan efisien. Kalau menghaluskan dengan cobek dan ulekan, butuh waktu lebih lama dan tenaga yang bikin ngos-ngosan. Demikian juga menghaluskan buah-buahan. Akan lebih cepat dengan blender daripada harus melumatkan dengan sendok dan garpu. Kalau buahnya keras pasti susah.

Gaya hidup sehat dengan vacuum blender Modena VB 1530 V

vacuum blender Modena VB 1530 V

Dengan semakin majunya teknologi, pekerjaan-pekerjaan manusia menjadi lebih ringan. Menghaluskan buah-buahan menjadi lebih mudah tanpa mengurangi nutrisinya. Salah satu produk dari brand Modena ini sangat cocok bahkan untuk keluarga, termasuk nomaden sekalipun. Karena produk ini bisa dengan mudah dibawa bepergian.

Yuk, kenalan dengan vacuum blender Modena VB 1530 V yang berbeda dengan blender pada umumnya!

Blender merupakan peralatan serbaguna untuk membuat aneka jus buah, smoothies, sorbet, saus hingga makanan pendukung ASI. Vacum blender ini berkapasitas 1,5 liter dilengkapi dengan teknologi vakum, yang dengan cepat menghilangkan udara untuk mengurangi oksidasi.

Keunggulan vacuum blender VB 1530 V:

Sebagai produk yang mengutamakan gaya hidup sehat, Modena memahami keinginan kita. Desain produk ini menarik, terdiri dari 2 alat utama yaitu vacuum dan blender. Perpaduan warna hitam dan silver yang elegan VB 1530 V hadir dengan touch control panel dan LCD display screen yang memberikan kesan modern. Dilengkapi dengan adjustable time memudahkan mengatur waktu saat blender beroperasi dan fitur adjustable speed hingga 10 level untuk mengatur kecepatan pisau sesuai dengan yang kita inginkan.

Produk ini memang berbeda dengan blender pada umumnya karena memiliki vacuum. Jadi sebelum dilakukan proses blender buah, divacuum dulu. Fungsi vacuum ini untuk menghilangkan udara, mengurangi oksidasi. Jika biasanya minuman dari blender biasa akan menunjukkan hasil buah-buahan yang pecah dan warna yang berubah, namun tidak dengan vacuum blender VB 1530 V ini.


Blender ini membuat kandungan vitamin pada makanan tidak akan berkurang dan warnanya sama dengan buah aslinya. Kualitas dan kesegaran buah tetap terjaga lebih lama. Keunggulan lainnya adalah:

Super fine blending: menggunakan hexa blades yaitu enam mata pisau berkualitas yang menjamin hasil halus sempurna.

Triple safety system: jaminan keamanan dalam penggunaan dengan triple safety system, double safety lock, over heat safety serta auto shut-off.

Long last fresh storage: extra vacuum jar untuk mempertahankan kualitas dan kesegaran bahan makanan lebih lama.

Fitur spesial

One touch smart vacuum system: dengan satu sentuhan untuk pengoperasian yang lebih mudah serta dilengkapi 4 menu otomatis yaitu crush, clean, sauce, vacuum+juice.

Vacuum blender VB 1530 V bukan saja keren namun aman dan tentu saja mendukung gaya hidup sehat kita. Hidup sehat bukan sekedar impian, namun kenyataan. Kita bisa mewujudkannya dengan menyediakan makanan sehat dari rumah. Yuk, kita nikmati live healthy be happy bersama keluarga!


Tulisan ini diikutsertakan dalam Live Healthy Be Happy Blog Competition yang diselenggarakan oleh Modena dan Ibu-Ibu Doyan Nulis.


 

Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

7 Komentar untuk "Live Healthy be Happy: Tips Memasak Untuk Keluarga Nomaden"

  1. Salut sama mbak yang rajiiin banget nyiapin cemilan. Anak laki semua, nasi pun jadi fast food deh. Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anak itu makannya banyak mba. Nyetok jadi andalan.

      Hapus
  2. kebersihan tetap yang utama ya mbak
    dan aku pingin banget punya produk ini biar konsumsi buah tetap terjaga kandungan gizinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, nabung buat beli vacuum blender Modena ini.

      Hapus
  3. banayk suka dukanya ya yang suka pindah2

    BalasHapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel