Review Kitchenware Cypruz Marble, Aman dan Sehat

kitchenware cypruz marble

Assalamualaikum

Sejak suka memasak, saya punya cita-cita untuk membeli peralatan memasak food grade, tapi yang lebih bagus lagi kualitasnya. Bukan yang paling bagus sih. Tapi rasanya kok susah, ya. Membayangkan dulu, sepertinya asyik. Mengingat harganya yang tidak merakyat. Entah kalau saya dapat hadiah. Aamiin ya Allah!


Sempat maju mundur mau ngomong masalah ini kepada suami. Akhirnya ngomong juga. Lha, ngapain beli peralatan memasak, sementara di rumah sudah ada. Tapi waktu itu, posisi saya di Gresik which is peralatan memasak sangat minim. Sedang PSBB pula. Sedangkan saya pengennya sehari-hari bisa masak. Kalau peralatannya terbatas, pastinya sebentar-sebentar cuci pakai, begitu terus sampai capek sendiri.

Saya googling sana sini dan pilih merk Cypruz. Alasan saya sederhana, pastinya soal harga yang mampu saya jangkau. Selain itu ya penting untuk memperhatikan kualitas juga. So, setelah memakai beberapa bulan ini, saya mau menuliskan review kitchenware Cypruz Marble.

Kitchenware cypruz marble lebih aman dan sehat

kitchenware cypruz marble

Kitchenware ini diklaim lebih sehat dibandingkan lapisan anti lengket pada umumnya. Lapisan marble aman tidak mengandung bahan PFOA yang biasa dipakai pada penggorengan lapisan anti lengket pada umumnya, yang jika terkelupas bisa memicu radikal bebas penyebab penyakit kanker.

Produk ini menggunakan lapisan marble dengan ketebalan 3 mm. Cukup tebal dan anti gores juga. Saya tidak perlu khawatir ketika anak-anak juga ikut memakai kitchenware ini. tidak perlu risau ketika mereka sembrono. Meskipun demikian, untuk memasak saya tetap menggunakan sutil yang aman seperti dari kayu, silicone dan plastik high grade.

Perawatan kitchenware cypruz marble mudah

wok pan cypruz

Untuk pemakaiannya sama seperti teflon. Hanya saja, dengan kitchenware cypruz marble ini kita bisa memasak tanpa menggunakan minyak goreng. Hemat ya! Contohnya ketika saya membuat orak arik telur. Telur bisa matang tanpa lengket. Cuma agak krispi aja. Kalaupun ada yang lengket, tunggu sebentar, nanti tetap bisa dikorek sama sutil. Jadi, kayak bisa mengelupas gitu.

Begitu juga ketika saya menumis tanpa minyak goreng. Cuma aromanya kurang saja. Kalau menumis pada umumnya dengan minyak goreng atau mentega kemudian bumbu-bumbu seperti bawang putih dan bawang merah ini pasti aromanya enak. Namun karena tidak pakai minyak, jadi hambar. Tapi itu tidak menjadi soal dalam hal rasa.

Bagaimana dengan grill?

Saya sempat khawatir ketika memakai grill untuk memanggang. Biasanya alat untuk memanggang cepat rusak karena bekas-bekas lelehan bahan makanan yang menempel dan susah dibersihkan. Kalau grill dari Cypruz ini tidak. Saya memanggang seperti biasa dengan mengoles mentega. Kemudian menaruh makanan yang akan dipanggang sampai matang.

grill cypruz

Permukaan grill setelah dipakai memanggang yang pasti ada bekas-bekasnya, hitam dan lengket. Nah, biasanya saya jengkel kalau sudah seperti ini. Susah banget menghilangkan bekasnya. Kalaupun hilang permukaannya ada yang mberet-mberet. Jadi kurang mulus lagi. Lebih baik bakar-bakar saja dengan arang. Sekalian kotor.

Dengan pengalaman seperti itu, saya berburu grill yang tidak hanya mudah dipakai namun juga mudah dibersihkan. Grill dari Cypruz ini seperti yang saya inginkan.

Grill ini sudah pernah saya pakai buat roti dan pisang bakar. Hasilnya  cantik ada garis-garisnya pada roti maupun pisang. Saya suka. Juga kebab, ikan bakar/panggang sama saja ya, hingga bikin sate daging. Noda paling banyak itu ketika dipakai untuk membuat sate. Kalau cuma kue, itu sih masih ringan.

Noda yang berat itu nanti bisa hilang tak berbekas loh. Asal kita tahu caranya.

Cara menghilangkan bekas-bekas makanan di grill (bukan di grill saja tapi di panci maupun penggorengan):

* Rendam dengan air. Tunggu sampai tidak panas lagi. Cuci dengan spon  dan sabun cuci piring sampai bersih.

Saya cukup puas dengan kitchenware Cypruz marble ini terutama karena penggunaan maupun perawatannya mudah. Dulu kalau membeli alat masak, seringnya langsung saja membeli tanpa berpikir bagaimana perawatannya. Juga apakah bisa awet atau tidak. Jadi kadang tergiur juga dengan promo dan harga murah tapi melupakan kualitas barang. Yang kemudian berakhir mengenaskan dan hanya bertahan beberapa waktu.


Kalau dipikir-pikir, peralatan masak itu mirip dengan investasi. Kita bisa memilih investasi seperti apa. Jangka pendek atau lama? Pilih barang bagus tapi harga mahal atau barang murah kualitas rendah? Pengennya sih barang bagus harga murah. Ayo, siapa yang setuju dengan saya? Tapi mana ada?

Untuk harga, teman-teman bisa melihat di marketplace (saya shopee dan tokopedia), harganya macam-macam. Dari satu olshop berbeda dengan olshop lainnya. Juga perlu diperhatikan kebutuhan kita. Misalnya untuk keluarga banyak sebaiknya membeli kitchenware besar. Produk ini memiliki beberapa ukuran.

Kalau saya mencari olshop yang menawarkan harga paling murah dan review bagus. Juga bebas ongkir meskipun waktu itu tidak seluruhnya bebas ongkir. Tapi lumayanlah mengurangi biayanya. Beli tidak langsung tiga, melainkan satu-satu. Maka di channel youtube saya, review kitchenware Cypruz Marble cuma ada dua produk. Saya masih pengen nambah lagi, panci belum punya. Semoga ada rezeki. Aamiin.

Happy cooking!

^_^

 

Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

Belum ada Komentar untuk "Review Kitchenware Cypruz Marble, Aman dan Sehat"

Posting Komentar

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel