Pempek Enak di Tuban, Pempek 86 Asli Palembang

pempek 86



Assalamualaikum,


Sewaktu zaman kuliah dulu, kalau mbak-mbak kos beli pempek, saya pasti menolak. Saya katakan kalau tidak doyan. Tidak tertarik buat nyoba juga! Pokoknya say no, sama makanan yang tidak dikenal di kampung saya. Eh, beberapa tahun kemudian saya pun mulai suka dengan pempek.


Awalnya karena ada tetangga di Surabaya yang kasih pempek. Saya ragu, tapi penasaran. Maklum waktu itu sekitar tahun 2004, kuliner tidak seramai sekarang. Meski ikut suami tinggal di kota besar, bukan berarti saya doyan jajan. Bahkan saya juga kurang tahu makanan enak dimana. Yang ada dalam kepala saya, bagaimana caranya nabung buat masa depan. Eaa!


Beberapa tahun terakhir ini, makanan nusantara, makanan kekinian dan sebagainya makin marak di kota kabupaten seperti Tuban. Salah satunya pempek Palembang. Banyak yang jual pempek, jadi bikin bingung. Bahkan nyoba-nyoba beberapa pempek. Tapi kedai Pempek 86, berhasil membuat saya tertarik untuk datang lagi dan lagi. Penasaran kan seperti apa rasa pempeknya? Yuk, simak review saya!


Pempek 86 Asli Palembang

pempek 86


Namanya cukup panjang ya, Empek – Empek Palembang 86 Masuk Pak Eko, tapi kalau menyebut secara singkat bisa Pempek 86. Yang membuat saya tertarik karena disini pempeknya lengkap. Makin bikin pengen nyoba menunya. Memangnya pempek itu ada berapa macam ya? 


Ternyata pempek banyak juga macamnya. Saya baru mencicipi beberapa saja. Nah, saya coba pempek yang biasa saya kenal saja. Maklum referensi saya tentang pempek masih minim banget. Jadi saya pesan pempek kapal selam, lenjer dan campur. Pempek kapal selam ada telur didalamnya. Untuk ukurannya ada kecil, sedang dan jumbo. Harga bervariasi sesuai dengan ukuran.


Nah, saya pilih yang ukuran sedang. Kalau kecil kok ya kurang nendang, sedangkan yang besar takur tidak habis. Yang sedang ini pas untuk ukuran perut saya. Pempek terdiri dari mie kuning, irisan timun, pempek dan kuah cuko. Kalau pesan untuk dibawa pulang, pempek ditaruh di box cantik dengan kuah yang dibungkus terpisah. Tetap aman meski tidak langsung di makan saat itu juga.


Kalau makan di tempat, lebih enak loh. Karena pempeknya digoreng garing tapi lembut di dalam. Jadi kalau baru mateng gitu, bagian luarnya masih krispi. Seperti ada kulitnya. Tapi begitu kena guyuran cuko, jadi lembek. Memang sih, makan paling enak itu begitu dihidangkan, masih hangat gitu. Tekstur pempeknya kenyal dan ikannya terasa gurih. 

pempek lenjer


Sementara kuah cukonya dtaruh secara terpisah, di mangkuk kecil. Untuk kuahnya cuma ada satu macam. Ini tidak terlalu pedas, masih sedang saja. 


Menu Pempek 86


Pempek 86 memiliki banyak pilihan menu. Meski menjual pempek tapi bentuk maupun isiannya beda-beda. Kita bisa memesan berbagai pempek sesuai dengan menu yang tersedia. Menu Pempek 86 terdiri dari menu utama, menu special dan snack. Sedangkan minuman mulai teh, lemon, kopi, milo.


Menu utama

Untuk menu utama yaitu pempek kapal selam, lenjer, kulit, adaan, telur kecil, sosis. Atau kalau teman-teman pengen merasakan macam-macam pempek bisa pesan pempek campur, yang tersedia dua ukuran, campur mini dan campur besar. 

Menu Special

Menu special terdiri dari tekwan. Model, otak-otak panggang, rujak mie, lenggang goreng, lenggang panggang, geprek pempek dan pempek penyet.

Snack

Tersedia beberapa snack yaitu rujak cireng, kentang goreng, sosis goreng dan bakso goreng.


Dari menu tersebut saya baru tahu ada pempek geprek dan penyetan pempek. Duh, pempek sekarang makin bervariasi, mendobrak pakem yang ada. Bahkan kita bisa memesan pempek tart dan pempek tumpeng. Dua menu ini cocok untuk acara keluarga, teman, dll yang mendatangkan banyak orang.

pempek 86

Untuk pempek kapal selam sedang yang saya pesan itu harganya Rp 14.000, pempek campur mini Rp 12.000 dan pempek lenjer per bijinya Rp 3,000.  Harga cukup terjangkau, bukan?

Lokasi Pempek 86

Jl.Ronggolawe no.14 Tuban (depan Gedung Ronggolawe)


Sebagai patokan, lokasi Pempek 86 di depan Gedung Ronggolawe atau Toko Ratna. Dari situ, kita tinggal menyeberang saja, sampai deh.


Nah, teman-teman yang pengen mencicipi pempek bisa mampir di kedai Pempek 86. Atau kalau suka nyetok frozen food, banyak paket pempek manarik disini. 


^_^


Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

2 Komentar untuk "Pempek Enak di Tuban, Pempek 86 Asli Palembang"

  1. Akupun suka banget sama empek2 mbak, aku ada saudara yg asli palembang, tiap kali dateng selalu bawa empek2 bikinannya sendiri, puas banget makannya, dia biasa bawa yg kapal selam ama lenjer, bawa tekwan juga, tp aku kurang suka kalau tekwan,hahahhaa

    BalasHapus
  2. Harus diakui pempek ini telah jadi kuliner yang banyak ditemukan se Indonesia, menyebar dari tempat aslinya.

    Kalo saya agak pilih2 makannya. Klo terbuat dari tenggiri nah saya doyan

    BalasHapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel