Review Lobi Hotel Safwat Albayt Mekah, Hotel Jamaah Haji Indonesia 2022

 

hotel safwat albayt


Assalamulaikum,

Selama musim haji tahun 2022 ini saya menginap di Hotel Safwat Albayt. Hotelnya sudah bagus, dan kami mendapatkan penyambutan yang luar biasa. Begitu turun dari bus, para jamaah haji disambut dengan shalawatan dari pihak hotel. Kemudian kami diberi welcome drink, buah, snack dan tasbih. Terasa tamu istimewa!


Hotel Safwat Albayt, Mekah mampu menampung jamah haji kloter 1-8, semuanya dari Jawa Timur. Di sini para kami menemukan keluarga besar dengan satu tujuan sama yaitu untuk beribadah. Hotel bintang lima ini berada di daerah Mahbas Jin.

Ada Apa di Lobi Hotel Safwat Albayt, Mekah?

Ruang Tunggu

Lobi hotel memiliki banyak sofa dan meja. Ruangan ini sangat luas dengan view depan hotel dan dalam hotel itu. Jadi ruangan ini terbuka sehingga siapapun bisa melihat orang yang lalu lalang.

Suasana disini bisa dikatakan nyaman. Untuk ukuran hotel dengan kapasitas ribuan jamaah haji tentu saja membutuhkan ruangan luas. Nah, biasanya jamaah haji menggunakan lobi ini untuk berkumpul bersama rombongan re atau kloter. Dalam skala kecil rombongan yang hendak berangkat sholat di masjidil Haram. Selain itu, sebagai tempat istirahat juga. Misalnya setelah pulang dari masjid, duduk dulu disini bisa sambil makan atau ngobrol sebelum naik ke kamar.

Toko

toko di hotel safwat albayt


Lobi hotel dilengkapi dengan toko-toko yang menjual barang-barang kebutuhan jamaah haji. Mulai dari keperluan sehari-hari seperti peralatan mandi, snack, minuman, sayuran, bumbu dapur hingga menu makan seperti nasi goreng, dan lainnya.

Ada juga toko yang menjual oleh-oleh haji. Sepertinya semua jamaah haju membeli beberapa barang untuk oleh-oleh kerabat, tetangga dan teman di rumah. Nah, disini ada beberapa toko yang menjual barang-barang seperti sajadah, tas, tasbih, baju koko, kerudung, minyak wangi dan mainan anak-anak.

Jangan khawatir dengan harga. Disini, kita bisa menawar. Kalau cocok pasti dikasihkan, kalau tidak ya dicoba lagi saja. kalau menurut saya sih, harga disini tidak jauh berbeda dengan toko-toko di luar. Bahkan ada kalanya lebih murah.

Di lobi ini ada hand sanitizer dan masker yang disediakan pemerintah Indonesia. Jadi kalau ada jamaah yang lupa tidak menggunakan masker, bisa langsung mengambil disini. Masker tersedia di meja tengah lobi dan di dekat pintu masuk. Oh, ya kadang di dekat pintu masuk itu ada petugasnya.

Toilet

Meskipun lokasinya agak tersembunyi, tapi tetap ya fasilitas umum satu ini sangat penting. Misal sudah kebelet disini, mau naik ke lantai 6 kok ya masih lama. Belum lagi kalau antre di lift. Gawat, kan!

Toilet lobi hotel Safwat Albayt ini letaknya disamping toko oleh-oleh. Ada tulisan toilet di depan pintunya. Toilet dilengkapi dengan wastafel di depan pintu-pintu kamar mandi. Toliet disini bersih.

Lift

Lift terletak di bagian kanan dan kiri lobi hotel. Masing-masing ada 6 lift. Total ada 12. Meskipun lift sudah sebanyak ini, tapi tetap saja masih kurang. Terutama ketika tiba waktu sholat, menjelang dan sesudah bubar sholat. Ini adalah saat orang-orang berebut masuk lift. Tak peduli kawan, saling dorong, sikut dan emosi. Aduh, kalau ingat suasana di lift itu, lucu juga, ya. Tapi kalau sudah ramai sekali gitu ada petugas dari hotel yang mengatur lift.

Kalau ingin bisa masuk lift, setelah selesai sholat di masjid kotak (saya kurang tahu nama masjidnya. Orang-orang suka menyebut masjid di depan hotel itu dengan sebutan masjid kotak) atau musholla hotel langsung lari ke lift. Setelah selesai sholat itu artinya setelah jamaah mengucap salam, ya. Lalu, berdoanya nanti di kamar.

Kursi pijat

kursi pijat


Ada dua kursi pijat di lobi hotel Safwat Albayt. Kursi besar dengan beberapa tombol ini bisa berfungsi jika kita memasukkan uang 10 riyal. Jadi ketika kita duduk di kursi ini seolah sedang pijat.

Dari hotel Safwat Albayt ini, saya merasa pemerintah sudah memberikan pelayanan terbaik. Hotelnya yang nyaman karena kami bisa menggunakan fasilitas yang ada dengan bebas. Alhamdulillah.

Oh ya, untuk lebih jelasnya suasana di lobi hotel Safwat Albayt, teman-teman bisa menonton video berikut. 





^_^

Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

1 Komentar untuk "Review Lobi Hotel Safwat Albayt Mekah, Hotel Jamaah Haji Indonesia 2022"

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel