Hamzah Batik, Tempat Belanja Batik Lengkap di Yogyakarta

 

hamzah batik


Assalamualaikum,

Yogyakarta memiliki banyak setra batik baik batik tulis maupun printing, cap. Sebut saja di toko-toko batik dekat keraton, Hamzah Batik, pasar Beringharjo, Kampung batik Ngasem, kampung batik Giriloyo, dan lainnya. Nah, dengan banyaknya pilihan tersebut, kita akan mudah untuk belanja.


Ketika tiba di Yogyakarta, saya memiliki rencana untuk segera belanja batik. Ada waktu buat belanja itu malam hari. Saya memilih area Malioboro. Sebagai orang awam, saya percaya di lokasi ini dan sekitarnya saya bisa membawa pulang beberapa potong kain batik.

Untuk keliling Malioboro, saya dan suami memilih naik becak. Mobil saya parkir di dekat masjid Kauman. Karena tadi sholat magrib disitu. Seperti yang kita tahu, pak becak pasti mengarahkan pada tempat-tempat langganannya seperti toko kaos dan bakpia. Entah itu sesuai dengan keinginan kita atau tidak, ya begitulah. Tapi saya ingin belanja batik di Raminten (Hamzah Batik). Gimana dong, Pak?

Pak becak ini agak maksa juga. Saya katakan ingin ke Hamzah Batik. Kita menolak pergi toko kaos dan bakpia. Sempat tarik ulur masalah ongkos. Untuk sekali jalan ke Raminten ditarik Rp 25.000. Lha, gimana kalau kami ingin mampir-mampir? Mau bawa mobil kok ya males macet-macetan dan susah parkir. Saya maklum karena ini malam minggu, pasti ramai banget.

Setelah diskusi dengan suami, kami sepakat ke tempat kaos dan batik langganan pak becak. Siapa tahu disana ada barang yang cocok. Lebih baik kami turuti saja keinginan pak becak agar lekas selesai.

Cuaca sedang tidak bersahabat. Baru satu tempat tujuan ternyata hujan deras mengguyur Yogyakarta. Kami mampir di toko kaos sebentar. Pak becak tetap mengajak kami untuk mampir di toko bakpia. Tapi kami benar-benar tidak ingin kesana meski becak berjalan kesana dan berhenti sebentar. Pak becak masih menanyakan apakah saya mau beli bakpia. Entahlah, saya sudah mengulang juga jawabab “tidak”. Ya Allah tolonglah hamba yang tidak ingin membeli bakpia.

Belanja Batik di Hamzah Batik, Banyak Koleksinya

hamzah batik


Saya memilih belanja batik di Hamzah Batik karena saya pikir dengan satu tempat saya bisa mendapatkan banyak barang. Di tempat yang lebih luas ini saya bisa mencari barang-barang yang saya inginkan. Lengkap loh! Bahkan banyak juga koleksi kaos. Andai tadi tidak tergiur permintaan pak becak, belanja di Hamzah batik saja  sudah cukup.

Di sini saya hanya belanja di lantai dasar. Ada banyak koleksi kain batik hingga baju siap pakai. Bahkan ada snack, minuman instan, aromaterapi hingga perlengkapan mandi. Godaan terberat buat saya untuk tidak melihat-lihat selain batik. Tapi ya, namanya juga wanita, saya jadi lemah di hadapan pernak-pernik cantik. Kalau cuma lihat, baca dan pegang tidak masalah ya. Isi dompet masih aman.

Karena saya ingin fokus pada batik, maka saya beranjak ke rak-rak batik. Beberapa kain dipajang dengan rapi sehingga tampak motif yang berkelas. Sementara yang banyak itu kain-kain disusun rapi di rak sesuai dengan kode dan harganya.

Pelanggan bisa dengan mudah mengambil kain yang dinginkan kemudian melihat motifnya, atau bisa bertanya kepada mbak-mbak karyawan disini. Kita bisa duduk lesehan sambil melihat-lihat motif kain. Oh ya, mbaknya berpakaian kebaya moderrn. Kesan toko batik memang terlihat jelas semenjak berada di depan pintu masuk.

Biasanya setelah ada pelanggan, kain-kain batik berserakan. Nah, karyawan disini sangat tanggap. Segera dirapikan dan dikembalikan sesuai tempatnya. Jadi begitu ada pelanggan lainnya, bisa dengan nyaman mencari kain yang diinginkan.

Deretan kain batik jenis batik cap hingga tulis tersedia aneka motif dan warna lengkap. Motif klasik Jawa hingga kontemporer ada disini. Untuk bahan kainnya, ada katun, dobby hingga sutera. Meskipun tidak membeli sutera, tapi kalau sekedar pegang sih masih oke. Saya sering juga melakukannya. Pengen tahu saja seperti apa sih rasanya kain batik yang bagus itu.

Di depan deretan kain ini ada banyak koleksi baju batik dengan berbagai model dan ukuran. Cantik-cantik koleksi baju wanita. Dari gamis, atasan kerja maupun kasual menarik untuk dibeli.

Belanja Batik di Hamzah Batik Sesuai Budget

hamzah batik


Kalau belanja itu wajib banget untuk tahu budget. Pastinya kita pengen mendapatkan barang bagus dengan harga cocok. Tidak kemahalan. Nah, untuk mendapatkan barang tersebut, rasanya kalau saya tidak bisa langsung sekali ambil cocok. Bahkan butuh beberapa kali uji coba, agar benar-benar barang tersebut sesuai selera, budget dan kebutuhan.

Barang-barang di Raminten ini menurut saya tidak mahal. Ya,harganya masih standarlah. Kalaupun ada barang yang mahal, lihat dulu kondisinya. Orang Jawa bilang, “Ono rupo ono rego” artinya ada kualitas ada harga.

Yang pasti sebelum membeli barang, teliti kualitas barang itu sekali lagi. Jangan sampai setelah kita pulang kampung, ada yang cacat. Termasuk kalau membeli baju, ya dicoba dulu, biar kita nyaman. Tapi untuk kaos tidak boleh dicoba, ya.

Nah, teman-teman kalau sedang di Malioboro dan sekitarnya bisa mampir di Hamzah Batik. Kalian bisa belanja batik dengan harga terjangkau.  Disini tempatnya nyaman dan pelayanannya bagus.

Happy shopping!

^_^

Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

Belum ada Komentar untuk "Hamzah Batik, Tempat Belanja Batik Lengkap di Yogyakarta"

Posting Komentar

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel