Thursday, September 27, 2018

Awali Hidup Sehatmu Dengan Positive Thinking


workout


Bicara tentang hidup sehat memang gampang. Namun bagaimana menerapannya dalam kehidupan sehari-hari menjadi momok yang menakutkan bagi saya. Kebiasaan hidup sehat bukan dinilai dari sehari dua hari saja, namun berkelanjutan.

Banyak pertanyaan yang bersembunyi di kepala untuk menyadari realitas hidup sehat. Apakah ketika seseorang memutuskan untuk hidup sehat sudah benar-benar yakin untuk konsisten? Apakah gaya hidup yang dipilih sudah sesuai dengan kebutuhan tubuhnya? Apakah ada support system untuk hidup sehat?

Well, diantara kegamangan untuk konsisten dengan hidup sehat, ada baiknya kita tahu manfaatnya untuk masa depan. Ya masa depan tubuh kita.

Suatu hari saya pernahkan mendengar ungkapan berikut, “Apa yang kau makan hari ini menentukan masa depanmu”. Kok rasanya ngeri-ngeri sedap membayangkan betapa masa muda itu berperan banyak dalam menjaga kesehatan tubuh di masa mendatang. Jika di masa muda suka sembarangan makan boleh jadi di masa mendatang akan menumpuk penyakit. Sebaliknya, jika di masa muda sangat memperhatikan kesehatan, maka stamina tetap terjaga hingga usia tua. Minimal, terhindar dari penyakit degenatif.

Namun teori diatas tidak serta merta menjadi sebuah patokan yang mutlak. TIDAK! Kehidupan di masa mendatang bukan sebuah teori matematika, sebuah kepastian yang bisa diperhitungkan dengan deretan angka. Ada banyak faktor yang mempengaruhi sakit atau tidakya kita. Mulai dari kebiasaan buruk atau baik di masa dahulu hingga faktor psikis, lingkungan, dsb yang tak pernah terpikirkan sebelumnya.

fruit


Memulai kebiasaan sehat untuk hidup lebih baik haruslah dengan penuh kesadaran. Bahwa apa yang kita lakukan akan berdampak pada diri kita sendiri dan orang-orang disekitar. Spread the good life! Kalau kita sehat pastinya keluarga juga senang. Siapapun kita tentu berharap memiliki kesehatan sepanjang waktu sehingga mampu menjalankan peran di dalam keluarga dan masyarakat.

Kebiasaan hidup sehat itu tidak susah. Perlu semangat dan usaha yang terus menerus. Contohnya adalah dengan rutin berolah raga seperti yang diceritakan oleh Mak Wian dalam tulisannya yang berjudul Hidup Lebih Baik dengan Kebiasaan Sehat.

Olah raga yang mudah dilakukan antara lain jalan pagi, lari, dan senam. Olah raga semacam ini selain murah meriah alias gratis, juga menyehatkan. Tubuh bergerak dan berkeringat. Tidak perlu mencari tempat yang jauh. Di jalanan kompleks perumahan saja sudah bisa loh kita olah raga. Atau ikut senam gratis. Di daerah saya ada dua tempat yang secara rutin setiap pagi di hari-hari tertentu menyelenggarakan senam yaitu alun-alun dan GOR. Ada lagi dengan senam rutin bersama teman-teman seperjuangan untuk hidup sehat dengan ikut gym.

Positive thinking

Untuk memulai hidup sehat mulailah dengan berpikir positif atau disebut positive thinking. Siapapun kita pasti bisa melakukan. Karena berpikir positif membuat hidup kita lebih baik.

Berpikir positif dimulai dari keyakinan diri sendiri untuk menerapkan pikiran baik terhadap suatu masalah atau tantangan. Jika pikiran kita negatif maka kemungkinan pandangan hidup kita menjadi pesimis. Sebaliknya jika positif menjadi optimis menjalani kehidupan sehari-hari. dalam beberapa studi mengatakan bahwa kepribadian optimis maupun pesimis mempengaruhi kesehatan fisik dan mental kita.

Berpikir positif akan mendorong kita untuk lebih rilex dalam menjalahi alur kehidupan. Tidak tergesa-gesa memutuskan sebuah persoalan. Juga tidak larut dalam emosi ketika ada yang kurang sepemahaman. Bagaimana kita menyikapi sebuah permasalahan dalam hidup adalah hak kita, terserah kita. Namun perlu diingat, dengan positive thinking hidup menjadi lebih tenang. Lebih baik berbaik sangka daripada sebentar-sebentar curiga, was-was dan tidak bisa percaya kepada orang lain. Rasanya ruang hidup kita menjadi lebih sempit. Pasti keadaan seperti ini tidak menyenangkan, bukan?

Manfaat positive thinking:

Menghindari stress, lebih sehat, percaya diri, lebih fokus, memiliki banyak teman, hidup bahagia.

So, teman-teman sudah positive thinking untuk menghadapi hari ini, esok dan masa depan?

Tulisan ini merupakan respon untuk #KEBloggingCollab grup Khofifah.

Sumber bacaan: 

https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/manfaat-berpikir-positif-bagi-kesehatan/
https://lifestyle.kompas.com/read/2011/08/06/10050416/Inilah.10.Keuntungan.Positive.Thinking.

^_^
Comments
6 Comments

6 comments:

  1. Betul banget mbak, berusaha untuk positive thinking itu baik banget untuk kesehatan jiwa. Bisa mengurangi stres juga.

    ReplyDelete
  2. Tentang positive thinking, entah kenapa seringkali yang terjadi itu sesuai dengan apa yang saya pikirkan. Misal lagi nggak punya uang, tapi saya sebut terus2an saya akan beli 1 hal yang penting. Finally saya akhirnya bisa beli. Dan banyak hal lainnya. Jadi kalau buat saya, positive thinking ini ya harus, walau terkadang orang nganggepnya kepedean, haha...

    ReplyDelete
  3. Bener banget kita harus positif thinking..
    Menurutku banyak orang yang negatifan karna mereka gak nerapin ini. Makanya hidupnya dipenuhi dngan kegelisahan... iri, dengki, benci dll.

    Saatnya postitif thinking lah mulai dari sekarng...

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES