Saturday, October 27, 2018

Ngeblog Dengan Ide Sehari-Hari? Memang Bisa?

ngeblog dengan tema sehari-hari


Dalam rangka memperingati Hari Blogger Nasional pada tanggal 27 Oktober 2018 ini, saya secara khusus menulis tentang ide ngeblog. Blog saya tidak ada tema blogging. Makin gado-gado atau makin bagaimana  ini? Semoga tidak membingungkan teman-teman yang membaca tulisan ini.


Sebagai blogger, pernahkah merasa kehabisan ide untuk menulis? Saya, pernah. Ketika saya tidak memiliki cerita traveling, saya jelas kesulitan untuk mengisi label traveling. Tapi... tunggu dulu. Hal seperti ini bisa disiasati dengan menulis tips-tips seputar traveling. Atau tema apapun yang dihubungkan dengan traveling.

Baca juga Pemanfaatan Media Kreatif bagi Generasi Milenial....

Berbeda dengan cerita parenting. Ini seperti saya sedang curhat saja. Tapi memang begitu adanya. Hampir semua cerita parenting isinya tenang curhat pengasuhan anak. Bisa jadi ketika saya sedang mengeluhkan suatu masalah, saya mendapatkan solusi dari komentar teman-teman. Saya pikir sepanjang itu baik, mengapa tidak ditulis saja.

Dua label dalam blog (parenting dan traveling) ini saya usahakan untuk terus update. Belajar untuk konsisten itu berat. Berat! Namun tak ada yang tak mungkin jika kita mau berusaha. Minimal dalam satu minggu saya menulis dua kali.

Nah, masalah yang saya angkat sebagian besar berawal dari cerita sehari-hari. Saya paham menulis yang masih diangan-angan itu terlalu sulit buat saya. Lebih baik menulis dari pengalaman sehari-hari. Lebih  mudah, lebih dekat dan lebih terasa feelingnya.

Contohnya ketika saya menulis tentang Tips Membiasakan Anak ke Masjid, sampai sekarang saya masih memiliki PR buat si bungsu. Dua kakaknya sudah berhasil. Tapi anak bungsu ini yang masih butuh dukungan dan bantuan. Kalau ada saudara atau ayahnya pasti lebih mudah. Kalau tidak? Saya yang harus mengajaknya ke masjid, mengantarkan dan menjemput. Kadang menitipkan ke tetangga. Kadang saya minta bareng temannya. Saya yakin kok, selalu ada jalan agar anak lelaki saya dekat dengan masjid.

Ide dari kehidupan sehari-hari ini sebenarnya melimpah. Bisa saja ketika sedang ngerumpi, eh ngobrol, tiba-tiba ada yang tanya ini itu. Kok sepertinya cocok untuk ditulis diblog. Keresahan bisa jadi bahan tulisan. Tapi keresahan saja bisa menimbulkan keserahan berikutnya kalau tidak ada solusinya.

Jadi, ide sehari-hari itu apa saja:

  1. Tips mengasuh anak
  2. Resep masakan favorit keluarga
  3. Jalan-jalan, melihat sekeliling
  4. Buku bacaan, film, musik, status teman-teman di dunia maya
  5. Obrolan bersama teman-teman (bukan gosip, ya)

Sebagai blogger yang suka curhat, saya tetap memegang prinsip apa saja yang boleh ditulis dan tidak. Apa yang sekiranya pantas dan tidak. Mungkin bagi sebagaian orang masih wajar tapi kalau bagi saya tidak, pastilah saya skip menulis. Masih ada banyak ide untuk menulis. Menulis sesuai degan passion itu lebih menyenangkan. Saya tidak merasa terbebani. Sebaliknya seperti sedang menikmati terapi jiwa.

Menurut penelitian  Pennebeker dan beal tahun 1986 di Amerika, kebiasaan menulis tentang pengalaman hidup yang berharga dapat menurunkan masalah kesehatan. Penelitian lainnya menyebutkan bahwa bahwa menulis dalam jangka panjang apat menurunkan stres, meningkatkan sistem imun, menurunkan tekanan darah, mempengaruhi mood, merasa lebih bahagia, bekerja lebih baik, dan mengurangi tanda-tanda depresi. (sumber: www.guesehat.com)

Masih bingung mau menulis apa? Coba deh keluar rumah, amati sekitar, adakah yang menarik.

Scene sore ini:

Anak saya sedang bermain bola sendirian di halaman. Sayang sekali tidak ada lawan mainnya. Sore ini harusnya dia bermain bola dengan anak tetangga.

Saya bisa membuat satu judul untuk tulisan parenting. Manfaat bermain bola bagi anak-anak. Atau manfaat olah raga untuk anak-anak. Dan judul-judul lainnya yang berhubungan dengan tema parenting.

Well, teman-teman boleh sharing dong, ide menulis kalian dari mana saja?

Selamat Hari Blogger Nasional, Tetap semangat dan produktif menulis konten positif demi kesehatan jiwa dan raga.

Happy blogging!

^_^
Comments
9 Comments

9 comments:

  1. Selamat hari blogger nasional juga mba.

    Aku sering kehabisan ide. Lama ga update, karena bingung mo nulis apaan. Ya..akhirnya nulis yang dialami aja mba..

    Kadang klo ngalami sendiri, malah nulisnya lebih gampang. Bahasanya bisa ngalir

    ReplyDelete
  2. Selamat hari blogger nasional, saya lupa jika tidak membaca blog ibu milineal yang satu ini...

    ReplyDelete
  3. maksih , memang kejadian sehari2 bisa jadi ide atau berita yang lagi hot ya

    ReplyDelete
  4. Ide menulis saya tuh dari kebiasaan saya mampir ke blog temen-temen, termasuk blog mba. Kadang juga saya menulis hal remeh-temeh seperti kegiatan sehari-hari dll. Selama itu positif walau remeh-temeh sekalipun, kenapa tidak :) selamat hari blogger juga mba.

    ReplyDelete
  5. Selamat hari blogger Nasional :)

    Wow, baru tau ternyata menulis bisa mendatangkan dampak positif untuk kesehatan. Pantas saja akhir-akhir ini sejak lebih konsisten nulis, aku merasa 'sedikit' lebih bugar ehehehe.

    Btw setuju sekali dengan apa yang disampaikan. Akupun tadinya ingin fokus sebagai Travel Blogger saja. Tapi akhirnya aku belok jadi personal blog saja. Masalah travel cukup dijadikan sebagai rubrik saja karena kerjaan sehari-hari membuatku ga bisa sering2 jalan-jalan. Sekarang lebih mudah mengalir saat menulis, hehehe

    ReplyDelete
  6. Intinya semua aktifitas yang kita lakukan bisa diceritakan, bisa dituliskan. Seperti awal aku menulis juga gitu, berawal dari kegiatan sehari-hari mulai dari bangun hingga tidur lagi.

    ReplyDelete
  7. Lebih ke pengalaman sehari-hari sih klo untuk ngeblog. Apapun itu. Hehe..

    Selain itu, yang ditulis di blog juga hobi. Semisal main game online. Hehe

    ReplyDelete
  8. Dari curhatan yang dihubungkan dengan niche pun bisa juga, apalagi kalau tema blognya lebih dari satu ya, mba. Ah sebenernya apa yang terlintas di pikiran dan rasanya asyik untuk disimpan di blog, apalagi untuk dibaca banyak orang, ya tulis aja. Ngeblog itu simple, asal nggak terpikir untuk saingan, hahah...

    ReplyDelete
  9. Klo aku ya mba, krn suka kehabisan ide jd nulis blog itu nggak punya niche khusus, ya lbh mending tak garapno lifestyle untuk nichenya drpd punya niche khusus tapi ga pernah di update.
    Dalam sebulan aku bisa nulis 20 tema ya tentunya macem2 misal klo habis makan tak review, nginep dimana tak review, trus acara apa tak review, liat produk apa tak review, drpd blog kosong ya kan nannti adsenseku ga jalan piye wkkw 😁😁

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES