Wednesday, October 24, 2018

Pretzel Cookies





Akhir-akhir ini saya tidak lagi mengisi label resep masakan karena seringnya bermain di instagram. Jadi kalau mampir di instagram saya, ada resep-resep makanan. Ketik saya #resepnurrochma, nanti muncul resep-resep hasil recook dari berbagai sumber.

Saya pikir lebih mudah sharing resep di instagram karena saya tidak perlu memikirkan untuk meresize ukuran gambar. Juga tidak perlu memikirkan harus berapa banyak kata. Saya sendiri lebih mudah menemukan resep saya ketika membutuhkan.

Bagi saya menulis resep itu memiliki peran penting karena saya sering lupa. Kadang memakai resep yang ada di buku memasak, sementara bukunya entah dimana. Habis dibaca lupa dikembalikan di rak buku. Lalu googling resep lagi.

Kali ini saya bikin kue kering. Saya itu suka yang gampang, termasuk bahannya dan cara membuatnya. Memang ketika membuat pretzel ini  bentuknya tidak sama persis dengan Henimaria. Karena membentuk kue kering itu butuh waktu yang tidak sebentar. Pegel! Dianggap sudah mirip saja ya.

Untuk tekstur kue kering ini renyah. Rasanya gurih dan manis. Gurih karena adonannya minim gula, namun banyak mentega. Manis karena ada topping gula pasir diatasnya.

Untuk membentuk adonan kue kering dibutuhkan kesabaran saja. Ketika adonan sudah siap, maka ambil secukupnya, bentuk bulat, lama-lama memanjang dan lonjong. Setelah berbentuk seperti tali baru kita lipat-lipat seperti bentuk pretzel. Ujung adonan itu harus menempel satu sama lain. Kalau tidak, kemungkinan akan pecah saat diangkat ketika matang.

Awalnya saya ragu membuat bentuk pretzel. Takut pecah. Tapi setelah sukses membuatnya, saya rasa kunci agar tidak pecah adalah membuat bentuk pretzel dengan baik.



Pretzel

Bahan:

260 gr terigu
200 gr mentega
50 gr gula halus
½ sdt garam
10 ml susu cair
1 butir kuning telur

Topping:

Gula pasir secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur terigu, mentega dan gula dan garam jadi satu. Lalu tuang susu cair sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dipulung.
  2. Ambil adonan, pulung, bentuk panjang, bentuk seperti pretzel.
  3. Olesi dengan kuning telur, taburi dengan gula pasir. Taruh di loyang yang sudah diolesi dengan mentega. Panggang hingga matang.

Setelah kue dingin, masukkan ke dalam wadah kedap udara. Bisa digunakan untuk camilan anak-anak, suguhan tamu atau bingkisan buat kerabat, teman, dsb. Kalau saya, kue kering tidak harus di hari raya. Kue kering untuk stok di rumah. Mirip dengan biskuit. Kalau kue kering seperti ini tanpa bahan tambahan kue, tetap bisa bertahan untuk jangka waktu tertentu. Sebelum satu bulan, biasanya kue-kue saya sudah habis.

Happy cooking!

^_^
Comments
5 Comments

5 comments:

  1. wahh enak ya mba kue kering selalu ada stoknya dirumah. Kalau dirumah saya cuma ada pas hari raya aja, ya walaupun sekalinya ada tuh beragam macemnya sih. Tapi emang dasarnya orang dirumah saya ngga terlalu suka ngemil kue kering sih hehehe.

    ReplyDelete
  2. simple ya mbak, mudah lagii,,, nanti coba tunjukin ke ibu deh biar dibikinin, so bisa nyombain enaknya cookies ini

    ReplyDelete
  3. Bisa dicoba, lagi suka belajar masak buat dimakan sendiri

    ReplyDelete
  4. wow...weunaak...makan bareng kopi...hehehe
    thank you for sharing

    ReplyDelete
  5. Kagum dengan bentuk Pretzel cookies yang kak Rohma bikin,bentuknya bisa rapi seperti hasil produksi pastry store.

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES