Hidup Sehat dengan Sayur Organik



sayur organik malang


Ingin hidup sehat? Siapapun pasti memiliki keinginan untuk hidup sehat. Hidup sehati bisa dilakukan dengan berbagai cara antara lain dengan rutin berolah raga, menjaga asupan gizi makanan dan berpikiran positif.  

Ada motivasi/pepatah yang bunyinya kira-kira seperti ini, “Apa yang engkau makan menentukan masa depanmu”. Rasanya sedikit menyeramkan. Tanpa kita sadari makanan bisa berefek jangka panjang. Bahkan seumur hidup.

Jadi lebih baik kita memilih makanan sesuai dengan kesadaran masing-masing. Tak ada paksaan untuk memulai hidup sehat dengan memilih makan dan minum sesuai dengan kebutuhan tubuh. Karena yang berlebih-lebihan hasilnya tidak bagus untuk tubuh.

Tentunya kita ingin mengkonsumsi makanan sehat. Nah, makanan sehati ini bisa diperoleh dari sayur organik. Apa sih sayur organik itu? Mengapa sayur organik dipandang lebih menyehatkan daripada lainnya?

Sayur Organik

Sayur organik ditanam dan dibudidayakan tanpa bahan kimia sintetis baik pupuk, pestisida, insektisida, hormon, dll. Penggunaan pupuk kandang tidak bisa sembarangan. Karena tidak semua kotoran hewan bisa digunakan untuk bertanam sayur organik. Contohnya, kotoran ayam potong atau petelur yang menggunakan hormon pertumbuhan dan vaksin, atau kotoran ayam yang disiram desinfektan sintesist tidak bisa digunakan. Lebih baik menggunakan pupuk kompos dari daun dan pupuk kandang dari kotoran sapi, kambing dan kelinci.

Jadi, sayur yang dihasilkan benar-benar dari bahan yang alami. Kalau tidak alami namanya bukan sayur organik, dong!

sayur organik malang


Manfaat mengkonsumsi sayur organik

1. Melindungi tubuh dari zat kimia
Karena bahan-bahan yang digunakan alami, maka sayur organik bermanfaat untuk melindungi tubuh dari zat kimia.

2. Ramah lingkungan.
Pupuk maupun pestisida merupakan zat berbahaya dan bisa berakibat buruk terhadap tanah. Jika digunakan berlebihan akan menyebabkan polusi dan menurunkan kesuburan tanah. Menanam secara organik akan mengurangi perusakan tanah dan lingkungan sekitar.

3. Banyak nutrisi
Sayur yang ditanam secara alami memiliki lebih banyak vitamin dan antioksidan. Sehingga sayur organik lebih sehat.

4. Tidak mengandung pengawet
Sayuran maupun buah dengan pupuk kimia dan pestisida kadang mengalami iradiasi yang membuatnya lebih awet. Namun tidak baik terhadap tubuh.

Sayur organik saat ini sudah menjadi gaya hidup kaum menengah hingga atas. Dengan latar belakang pendidikan, mereka ini sudah melek kesehatan dan berupaya menjaganya. Terutama karena kesadaran untuk hidup sehat. Bukan masalah hidup mahal atau murah. Namun hidup sehat sudah menjadi pilihan.

Di beberapa daerah sayur organik bisa jadi belum populer. Namun jangan khawatir kita masih bisa memilih sayuran yang bagus di pasar tradisional dan bakul sayur langganan, dengan ciri sebagai berikut:

Pilih sayuran yang bolong-bolong atau berlubang. Bukan yang mulus, ya. Karena sayur yang berlubang ini kemungkinan tidak menggunakan pestisida sehingga hama masih bisa hidup dan menikmati sayur-sayur segar.


sayur organik malang


Di Malang, sayur organik dibudayakan oleh mas Jasmito sejak tahun 2015. Perjalanan bisnis sayur organik dimulai dengan sistem bagi hasil yang sifatnya kerja sambilan. Jatuh bangun budidaya sayur organik membuat bapak 2 anak ini semakin yakin untuk terus belajar dan berusaha. Perjuangan untuk bertahan di bisnis sayur organik akhirnya terbayar dengan semakin banyaknya pelanggan tetap dari rumah tangga. Pesanan meliputi wilayah Malang Raya hingga ke luar kota.

Pemasaran sayur organik dilakukan secara online dengan memanfaatkan semua media sosial, dan bisa pesan secara langsung. Cara belanja seperti ini cukup mudah. Tinggal pesan produk dengan menyebut jenis sayur. Produk akan dikirm oleh kurir dan dijamin fresh. Karena sistem pertanian dilakukan dari hulu ke hilir sehingga rantai jual tidak panjang, harga terjangkau dan stabil.  

Bagaimana teman-teman?  Hidup sehat dengan mengkonsumsi sayur organik bukan sekedar angan-angan lagi. Hidup sehat adalah dambaan semua orang.

^_^

Sumber:

http://catatanjasmito.blogspot.com/2018/05/sebuah-kisah-bersama-sayur-organik.html
www.happyfresh.id


6 Komentar untuk "Hidup Sehat dengan Sayur Organik"

  1. Sayur organik memang sehat sih. Tapi harganya lumayan juga. Memang kesehatan ada harganya ya.

    BalasHapus
  2. CitaCita aku banget bisa konsumsi sayur organik sstiap hari mba hehheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bagus mba. Karena kesehatan harus diupayakan ya mba.

      Hapus
  3. Lagi pengen makan sayur organik, masih cari-cari ketersediaannya di sekitar rumah. Wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  4. Dream goal banget, makan makanan sehat setiap hari. Tapi banyak ujiannya, konsistensi, rasa bosen makan dedaunan dan sayur, isi dompet juga 😄😄😄

    BalasHapus

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel