Bosan dengan Tempat Wisata yang Begitu-Begitu Saja? Ajak Anak Mengenal Dunia Migas di Migas Cepu Edupark, Blora

by - Jumat, September 27, 2019

kendaraan migas


Assalamualaikum,

Ada yang suka galau ketika berkunjung ke sebuah kota kabupaten? Galaunya karena tidak seramai kota besar, tempat bermain tidak terkenal, bahkan tempat makan bisa dihitung dengan jari? Sebagai orang kampung saya paham. Kota kabupaten kadang terasa begitu sepi. Baru muter sebentar sudah balik lagi karena jalan tidak macet, tempat yang dituju dekat dan tidak banyak pilihan. Bagaimana dengan Blora?



Di kecamatan Cepu kabupaten Blora, hal tersebut berbanding terbalik. Untuk ukuran sebuah kecamatan, Cepu ini tergolong ramai. Banyak hotel bagus bertebaran disini. Tinggal booking via online atau datang langsung. Kalau tempat wisata? Ada juga. Meski tidak bisa dikatakan banyak, tapi cukuplah untuk menghibur anak-anak.

migas


Setahu saya, Migas Cepu Edupark ini paling favorit. Diresmikan pada bulan Maret 2019, Migas Cepu Edupark merupakan wisata milik Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Gas Bumi (PPSDM) Migas Cepu. Tempat ini dikembangkan menjadi sebuah tempat wisata edukasi, hiburan dan kuliner. Lengkap bukan? Sekali kesini bisa mengajak keluarga.

Menempati area sekitar 11 ha, tepat di tengah Cepu, Migas Cepu Edupark atau biasa disingkat MC Edupark didirikan dengan tujuan memberikan pemahaman tentang migas kepada masyarakat luas. Pemahaman ini sangat penting sebagai sarana pendidikan mengenai “energi saving” (penghematan energi). Minyak bumi dan gas merupakan salah satu energi yang tak bisa diperbaharui sehingga penggunaannya harus dengan prinsip penghematan. Semua hal tentang migas dari hulu sampai hilir seharusnya menjadi pengetahuan dasar bagi masyarakat. Dengan alasan tersebut, PPSDM menginisisasi pembuatan MC Edupark.

Wahana Edukasi Tentang Dunia Migas


kendaraan migas


Kepala PPSDM Migas Cepu Wakhid Hasyim mengatakan bahwa Migas Cepu Edupark ini diharapkan menjadi pusat pendidikan sehingga masyarakat luas bisa memperoleh pengetahuan yang tepat terkait kegiatan migas, mulai dari sejarah migas, peralatan dan proses kerja migas. (kumparan)

Tempat ini bisa dikatakan museum terbuka tentang migas. Dari pintu masuk kita langsung bisa melihat alat-alat berat maupun kendaraan (truk) yang digunakan oleh migas. Ada juga simulasinya dan spot selfie. Jadi bukan saja menawarkan sisi edukasi yang kadang terasa monoton.

simulasi migas


Hanya saja karena tempatnya terbuka, jangan heran kalau siang pasti panas. Apalagi di musim kemarau seperti ini. Belum siang sudah terasa teriknya sinar matahari. Nah, kalau mau ngadem bisa minggir, dan berteduh di tempat rindang.

Satu lagi tempat menyimpan sejarah tentang migas ada di gedung Wismo Suko. Di gedung ini, dipajang berbagai foto yang bercerita tentang sejarah Migas, 3D Art dan peralatan industri migas. Selain itu gedung Wismo Suko merupakan tempat kuliner (restoran).

spot selfie migas


Wahana Olah Raga

Tempat paling ramai pengunjung adalah kolam renang. Bagaimana tidak ramai? Anak-anak pasti suka berenang, berendam atau cuma bermain air di kolam yang bersih ini. Eits, kolam renangnya dilengkapi dengan waterboom dan sudah berstandar nasional, loh.


kolam renang


MC Edupark dilengkapi dengan lapangan golf, lapangan tenis, lapangan atletik sebagai sarana olah raga untuk semua kalangan masyarakat. Di lapangan golf besar tersebut disediakan lapangan golf mini untuk anak-anak.

Untuk wahananya ada wahana ATV, wahana bola gelinding manusia, wahana archery (panahan), wahana shooting target. Di setiap wahana ini kita harus membayar tiket lagi. Kalau ingin hemat bisa pesan tiket langsungan di tempat pembayaran tiket masuk.

migas cepu edupark


Kuliner

Baca juga Larisnya Lontong Tahu Bu Sabar....


Tidak lengkap rasanya sebuah tempat wisata apapun tanpa adanya tempat makan. Garing! Bisa jadi seperti ini. Kita yang sudah capek bermain, jalan kaki keliling lokasi, foto-foto kemudian mendadak haus dan lapar tapi ditahan. Tentu hal seperti ini tidak bisa dibiarkan.

Nah, di MC Edupark ini ada restauran yang menempati gedung kuno yang bernama Wismo Suko. Gedung ini menarik, karena bentunya bulat, unik sekilas mirip jamur. Diatas nama gedung ada tulisan Kulinernya Wong Tjepu, buka pukul 07.30 – 22.00.

Meskipun MC Edupark sudah tutup, namun untuk resto tetap buka sampai malam. Mungkin jadi semacam tempat nongkrong.

wismo suko migas cepu edupark


Selain di Wismo Suko, kita bisa membeli makanan dan minuman di dekat kolam renang dan area parkir sepeda motor. Kalau parkiran semuanya menu pedagang kaki lima. Tempatnya rindang karena banyak pohon besar.

Hari Minggu itu ketika saya dan keluarga berkunjung ke MC Edupark ada hiburan live music di depan Wismo Suko yang menghadap ke kolam renang. Saya kurang tahu apakah setiap hari ada live music atau tidak. Yang pasti cukup menarik juga, buat pengunjung yang hanya menunggu anak-anak berenang jadi ada hiburan biar tidak bete.

Lokasi live music sangat tepat karena disini paling banyak pengunjung. Tempat duduk full pengunjung yang cuma menunggu keluarganya berenang. Padahal tempat duduknya banyak, di sekeliling kolam.

Sambil menunggu asyik juga buat makan-makan. Saya mampir di Wismo Suko membeli makanan dan minuman. Cukup lama menunggu giliran dilayani. Saya menunggu di dalam gedungnya, dan cuma saya dan anak saya duduk disana. Kebanyakan orang pesan makanan dan duduk di luar. Iya sih, kalau di luar bisa lebih luas memandang kolam dan sekitarnya. Sementara di dalam gedung ini mata tertuju pada dinding-dinding yang diisi dengan foto-foto lawas.

food corner migas cepu edupark


Setelah pesanan saya tiba, langsung saja bergegas ke tempat duduk dekat kolam. Saya menunggu si bungsu yang masih asyik bermain di kolam renang. Tempat favoritnya anak saya itu suka seluncuran. Anak-anak silih berganti menaiki tangga dan seluncuran. Tidak perlu menunggu sampai dia puas karena kalau sudah di kolam bisa lupa waktu. Kemudian saya tawari makanan yang baru saja saya beli di restoran. Cukup ampuh juga untuk menghentikan main air di kolam.

Tersedia banyak kamar mandi untuk membersihkan badan setelah bermain air di kolam. Setelah itu kami bergegas pulang. Masih ada waktu untuk membereskan barang di kamar di hotel sebelum pulang kampun.

Oh ya, di kawasan MC Edupark ini tersedia penginapan juga. Menurut saya kawasan ini memang didesain lengkap. Tempat wisata, olah raga, kuliner, menginap.

Tiket masuk:

Rp 15.000 (harga sewaktu-waktu berubah)

Bahan bacaan:
www.mcedupark.com

Happy traveling!

^_^



You May Also Like

8 Comments

  1. Wahh keren tempatnya mbak. Sebuah tempat yang didesain untuk mengedukasi si kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak semata-mata hiburan,namun ada sisi edukasinya.

      Hapus
  2. keren ini wisaat edukasinya bisa nambah wawasan anak2

    BalasHapus
  3. Menarik banget mba. Harusnya wisata seperti Migas Cepu Edupark ini, lebih digiatkan di beberapa wilayah lain di Indonesia. Kebanyakan wisata plus edukasi gini, menurut saya lebih mudah diingat kali ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai dengan ikon Cepu, kota minyak. Jadi wisatanya untuk memperkenalkan dunia migas.

      Hapus
  4. Edukasi Migas, ini aku baru denger, mbak. Malah baru tahu kalau Cepu ini ada tempat wisata. Soalnya jarang ke sini, cuma numpang lewat terus. Kayanya harus mulai eksplorasi daerah-daerah yang saya lewatin, ya.

    BalasHapus
  5. Bagusnya tempatnya.. wisata edukasi yang keren ya. Andai aja di bali ada juga, hihi..

    BalasHapus

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Info: F untuk komen dengan akun facebook dan B untuk komen dengan akun blogger. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!